Jurusan yang berfokus pada ekonomi atau keuangan nampaknya masih menarik perhatian banyak pelajar. Bidang studi yang cukup luas membuat jurusan ini dianggap mampu membekali para pelajar dengan keterampilan penuh untuk berhasil dalam dunia bisnis yang kompetitif.

Business and Management adalah istilah umum yang mencakup berbagai bidang bisnis, termasuk Pemasaran, Akuntansi, Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Hukum. Bekal ini bisa kamu gunakan untuk memilih spesialisasi di bidang manapun yang sesuai dengan minat dan kemampuan.

Mengenal jurusan Business and Management

Jurusan Business and Management adalah jurusan yang mempelajari bagaimana cara mengimplementasikan ilmu manajemen dalam sebuah bisnis. Secara sederhana, jurusan ini mempersiapkan kamu untuk mengelola sebuah bisnis, baik dalam skala kecil maupun skala bersar seperti sebuah perusahaan.

Untuk kamu yang memiliki keinginan untuk berwirausaha atau mengembangkan bisnis, jurusan ini adalah yang paling tepat. Meski demikian, jurusan ini juga cocok untuk kamu yang tertarik dengan bisnsi di level perusahaan yang lebih besar.

Apa saja yang dipelajari?

Sesuai namanya, kamu akan mempelajari hal-hal mengenai bisnis dan manajemen secara umum. Bidang ilmu lainnya yang terkait juga akan kamu pelajari, seperti keuangan, ekonomi, akuntansi, statistika, komunikasi bisnis, hingga analisa pasar modal.

Meski di tahun pertama, kamu akan diharuskan untuk menghafal banyak teori, secara garis besar, kamu akan mempelajari beberapa hal seperti misalnya menganalisa data, menyusun rencana yang efisien, mengimplementasikan rencana dan mengevaluasi.

Mengapa Business and Management?

Jurusan ini mampu meningkatkan kemampuan berorganisasi para siswa. Dalam bidang manajement, keahlian untuk berorganisasi sangat diperlukan guna menunjang peran mereka di dunia kerja.

Business and Management juga membantu kamu untuk memiliki relasi yang baik dengan para professional bisnis, professor dan rekan yang berpikiran sama. Hal ini dapat membuka kemungkinan baru untuk kemitraan dan pendampingan.

Perlu diingat bahwa selama masih ada bisnis, akan ada kebutuhan akan manajer. Peran manajemen hadir di setiap sektor perdagangan di dunia, dari bisnis kecil hingga bisnis internasional.

Menjadi lulusan dari Business and Management akan membuat kamu memiliki dasar-dasar ilmu yang bisnis dan manajemen yang dibutuhkan, di manapun minat bisnis yang kamu inginkan di masa depan.

Perkuliahan

Walau kadang terdengar sederhana, manajemen dalam dunia bisnis cukup kompleks dan tentu saja perlu dipelajari dari teori hingga praktik. Kurikulum di jurusan ini juga mementingkan keahlian praktikal, sehingga kamu memiliki kesempatan untuk menjalani magang dan penempatan kerja.

Dengan begitu, kamu memiliki kesempatan untuk mempraktikan ilmu yang kamu miliki di tempat kerja. Setelah lulus, kamu memiliki gambaran seperti apa dunia kerja di bidang yang kamu pilih. Untuk kamu yang berencana mendirikan sebuah bisnis, kamu telah memiliki dasar-dasar ilmu manajemen yang sangat berguna dan mampu menghasilkan ide yang inovatif.

Prospek Kerja dan Karir

Lulus dari Business and Management, maka kamu memiliki prospek kerja yang cukup luas dan dapat berkarir di berbagai bidang industri. Beberapa prospek karir yang bisa kamu jalani nantinya adalah

  • Analis bisnis
  • Business Development
  • Marketing and Sales Executive
  • Entrepreneur
  • Pengajar Bisnis
  • Akuntan
  • Bisnis Internasional
  • Manajemen Bisnis Pariwisata
  • Business Creation
  • Green Economy

Kesimpulan

Bukan hanya berkarir dalam bisnis dan manajemen, menjadi lulusan Business and Management akan membuat kamu siap dalam menghadapi tantangan global dalam bidang bisnis. Kamu juga lebih mampu untuk mengelola bisnis yang kamu buat sendiri.

Kemampuan dasar yang kamu miliki juga lebih aplikatif dan membuat kamu bisa menyesuaikan diri dalam bidang pekerjaan apapun. Tak hanya itu, setelah masuk ke dunia kerja, nantinya lulusan manajemen bisa meningkatkan prospek karirnya ke jenjang yang lebih tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *