Business Management adalah bidang studi yang mempersiapkan kamu untuk mengatur jalannya sebuah bisnis, baik bisnis yang baru saja dirintis atau bisnis yang sudah berjalan. Kamu pasti tahu kalau jurusan ini menjadi salah satu jurusan paling populer di negara ini.

Di jurusan ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan mengenai praktik dan keahlian di bidang produksi, manajemen mutu dan manajemen proyek. Selain itu, kemampuan bisnis kamu akan diasah terkait dengan kelayakan bisnis, kemampuan komunikasi dan berbagai kemampuan lainnya.

Mengenal Jurusan Business management

Jurusan yang satu ini memiliki tujuan untuk mempersiapkan para pemimpin, terutama dalam dunia industri maupun dunia wirausaha yang inovatif, dengan praktik dan teori bisnis yang sesuai dengan perkembangan jaman. Di samping itu, jurusan ini juga mencakup cara pengelolaan organisasi, administrasi bisnis, strategi bisnis dan sebagainya.

Jika kamu tertarik ingin mendalami seluk beluk dunia bisnis dan kewirausahaan, serta bagaimana cara mengelolanya, program studi ini bisa menjadi pilihan kamu. Selain itu, pada jurusan ini kamu tidak hanya mempelajari bisnis dari segi teori tapi juga akan diajak untuk melakukan analisis dan praktik dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di dunia bisnis.

Apa Saja yang Dipelajari?

Dengan memilih jurusan Business Management, kamu akan mempelajari banyak hal terkait dunia ekonomi dan bisnis. Secara garis besar, kamu akan belajar bagaimana cara perusahaan baik dalam aspek finansial, operasional, promosi serta mengatur struktur organisasi perusahaan.

Umumnya, beberapa mata kuliah yang akan ditemui adalah Pengantar Bisnis, Pengantar Teori Ekonomi, Matematika, Statistika, Akuntansi Manajemen, dan beberapa mata kuliah yang lebih spesifik seperti Manajemen Kinerja dan sebagainya.

Mengapa Business and Management?

Ilmu Business and Management merupakan ilmu yang mudah diaplikasikan ke semua lini pekerjaan. Di mana, karir kamu tidak akan terbatas pada satu bidang, namun bisa merambah ke berbagai macam sektor ritel, logistik dan distribusi, trading, jasa, property hingga industri e-commerce.

Untuk kamu yang ingin menjadi entrepreneur, jurusan ini akan sangat membantu kamu dengan pengetahuan yang dipelajari di jurusan Business Management. Perlu diketahui bahwa, jurusan ini tidak hanya diminati oleh para professional, namun juga mereka yang sedang merintis bisnis.

Saat lulus dari jurusan ini, para lulusannya juga dianggap memiliki jenjang karir yang cukup bagus, sebab ada banyak perusahaan yang menawarkan posisi karir yang cukup cemerlang untuk bidang Business and Management.

Perkuliahan

Sebagai salah satu jurusan paling populer di Indonesia, jurusan ini bisa ditemui di hampir semua kampus. Jika mengacu pada data dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, ada sekitar 2,500 jurusan Business Management dengan variasi konsentrasi dan jenjang yang bisa dipilih.

Untuk kamu yang ingin melanjutkan gelar pascasarjana, jurusan ini cukup banyak diminati para mahasiswa. Tak hanya di dalam negeri, kamu bisa melanjutkan pendidikan dalam bidang ini di banyak kampus di luar negeri.

Prospek Kerja dan Karir

Berbagai bidang pekerjaan menawarkan posisi dalam Business Management yang bisa kamu pilih. Beberapa deretan prospek pekerjaan dari jurusan ini yang bisa kamu pilih adalah

  • Teknoprenuer (praktisi bisnis berbasis teknologi)
  • Sociopreneur (Praktisi berbasis sosial)
  • Manager di bidang Pemasaran, SDM, Keuangan, Operasional
  • Perbankan
  • Asuransi
  • Konsultan Bisnis
  • Perpajakan
  • Marketing
  • Human Resource Management
  • Operations and Supply Chain Management
  • Accounting dan Finance.

Kesimpulan

Jurusan Business Management memiliki tujuan untuk mempersiapkan para pemimpin dalam dunia industri. Berbagai aspek yang ada dalam jurusan ini adalah cara pengelolaan organisasi, administrasi bisnis, strategi bisnis dan sebagainya.

Bukan hanya dapat berkarir dalam perusahaan, para lulusan dari Business Management juga memiliki kemampuan yanFg memadai untuk membuka bisnis mereka sendiri. Dengan begitu, karir mereka tak hanya sebagai karyawan di sebuah perusahaan.

Ilmu-ilmu dalam bisnis manajemen akan diberikan secara lengkap dalam jurusan ini, lewat berbagai mata kuliah yang diberikan oleh universitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *