Para calon mahasiswa baru atau maba biasanya merasa bingung dengan dunia perkuliahan yang sedikit berbeda dengan masa sekolah yang mereka jalani. Daripada bingung ketika masuk kuliah nanti, para calon maba wajib mengenal dunia perkuliahan yang akan mereka masuki kelak.

Selain mengenal lingkungan kampus, kamu juga perlu tahu istilah-istilah apa yang sering ada di dunia perkuliahan. Beberapa istilah mungkin terdengar baru untukmu, maka kamu perlu mengenal istilah tersebut sejak awal. Apa saja istilah dalam dunia perkuliahan yang harus kamu ketahui?

Fakultas dan Program Studi (Prodi)

Di sebuah universitas, kamu akan menemukan istilah fakultas. Di dalamnya terdapat sekumpulan program studi yang memiliki disiplin ilmu yang sama. Misalnya, di dalam fakultas Ilmu Komunikasi, umumnya akan terdapat prodi atau jurusan kuliah Jurnalistik, Public Relations dan Hubungan Internasional.

Perlu dicatat bahwa setiap universitas memiliki prodi yang berbeda. Kamu perlu mengetahui dan memahami setiap prodi yang ada di setiap fakultas tersebut.

Prodi sendiri memiliki struktur tersendiri dan dipimpin oleh seorang ketua prodi. Di bawahnya, biasanya terdapat wakil, sekretasi, bendahara dan jabatan lainnya.

KKN atau Magang

Hampir semua universitas atau perguruan tinggi mengintegrasikan mata kuliah yang bertujuan unuk mewujudkan pengabdian kampus kepada masyarakat. Kegiatan ini biasanya disebut sebagai KKN atau Kuliah Kerja Nyata. Dalam kegiatan ini, mahasiswa diharapkan untuk menyatu dan berbaur dengan masyarakat.

Selain KKN, kamu juga akan dihadapkan pada kegiatan magang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah keterampilan mahasiswa pada praktik nyata di dunia kerja. Metode teknis untuk kegiatan ini biasanya tergantung dari masing-masing fakultas.

Magang sendiri umumnya masuk ke dalam program mata kuliah, sehingga bersifat wajib untuk semua mahasiswa. Di sini, kamu perlu pintar memilih perusahaan yang tepat agar kegiatan magang bisa berjalan dengan lancar.

Beasiswa

Biaya kuliah tentu berbeda dengan biaya sekolah dan biasanya sedikit lebih mahal. Untuk hal ini, kamu tak perlu khawatir sebab ada banyak beasiswa yang bisa membantu kamu masuk ke universitas tujuan.

Beberapa beasiswa yang tersedia di Indonesia sendiri umumnya dikeluarkan oleh instansi pemerintah atau juga perusahaan besar. Bahkan, beberapa Yayasan juga memiliki beasiswa untuk para siswa yang berprestasi.

Untuk kamu yang berencana kuliah ke luar negeri, banyak universitas yang juga membuka beasiswa setiap tahunnya. Kamu bisa mengambil kesempatan ini untuk melanjutkan pendidikan di universitas tujuan.

Sistem Penilaian

Sistem penilaian yang dilakukan di universitas dan sekolah tentu berbeda. Ada banyak elemen yang dinilai di perguruan tinggi. Biasanya, nilai kamu akan tergantung dari Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), nilai tugas, keakfifan di kelas, kehadiran selama masa perkuliahan dan penilaian umum lainnya.

Biasanya, penilaian dilakukan dari skala 0-4 dan menggunakan kode nilai A hingga E. Namun, ada beberapa universitas yang menggunakan kode A, A+, A- dan begitu seterusnya.

Kalender Akademik

Kalender akademik yang berlaku biasanya merupakan kebijakan masing-masing universitas. Namun, secara umum universitas akan memebrlakukan dua semester. Setiap semesternya terdapat 15-18 kali pertemuan perkuliahan.

Nah, kamu perlu memperhatikan syarat kehadiran minimum dalam setiap mata kuliah yang biasanya berjumlah 75%. Kurang dari angka tersebut, kebanyakan mahasiswa tidak diijinkan untuk mengikuti ujian akhir.

Beberapa istilah di atas biasanya sering kamu temui dalam dunia perkuliahan. Penting untuk mengenal dunia perkuliahan sebelum masuk ke universitas yang kamu tuju.

Sistem belajar di perguruan tinggi juga lebih mandiri dan kamu diharapkan mampu bertanggung jawab dengan setiap tindakan yang kamu lakukan.

Selain itu, kamu juga akan bertemu dengan banyak orang dan beberapa tenaga pengajar yang sifatnya berbeda. Jadi, persiapkan dirimu mulai sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *