Bandung meski terkenal sebagai kota Kembang pelajar di kota ini tak kalah banyak dengan kota lain. Pendidikan di Bandung punya kualitas tersendiri. Terbukti bahwa banyak sekali program beasiswa S1 di Bandung yang ditawarkan oleh beberapa universitas untuk diikuti para calon mahasiswa.

Apabila kamu menyukai daerah yang sejuk dan pemandangan yang indah, kota Bandung sangat cocok menjadi pilihan kamu untuk melanjutkan studi kuliah S1.

Tentu kamu ingin sekali mempersiapkan diri supaya bisa masuk universitas di Bandung melalui beasiswa. Persiapan yang matang akan membuat calon mahasiswa lebih optimis. Bagaimana caranya? Coba kamu lakukan 7 hal berikut!

1. Kantongi Semua Informasi Tentang Beasiswa yang ada di Bandung

Informasi merupakan pintu utama sebelum kamu melangkah untuk berbuat sesuatu. Oleh karena itu kamu harus mengumpulkan semua informasi tentang Beasiswa S1 yang ada di Bandung. Kamu bisa mencarinya lewat media social, website, atau dari pamphlet yang tertempel di papan informasi.

Semakin banyak kamu mendapatkan informasi, maka semakin besar peluang yang akan kamu dapatkan. Selain itu kamu juga bisa bertanya ke teman, saudara, atau beberapa mahasiswa kenalan kamu untuk mencari informasi tambahan.

Setelah terkumpul informasi yang cukup, kamu bisa menyimpannya dengan cara di print atau disimpan dalam bentuk soft file. Hal ini akan memudahkan kamu membuka kembali informasi yang telah kamu dapatkan.

2. Perbanyak Prestasi dan Aktif Berorganisasi

Beasiswa mudah diraih oleh orang yang memiliki kecerdasan dan berprestasi. Oleh karena itu gunakan kesempatan sebaik mungkin untuk mengukir prestasi sebelum daftar beasiswa. Ini  akan menjadi poin penting untuk kamu cantumkan di dalam CV sebagai salah satu persyaratan beasiswa.

Menariknya, banyak sekali beasiswa S1 di Bandung yang lebih mengutamakan para calon mahasiswa yang telah memiliki banyak prestasi. Bahkan ada kategori Beasiswa Prestasi yang dikhususkan untuk mereka yang sebelumya mendapat peringkat. Baik dalam pertandingan maupun peringkat kelas.

Selaras dengan hal itu, kamu juga bisa mendapat peluang beasiswa dengan aktif mengikuti berbagai organisasi. Sebab dengan aktif berorganisasi kamu akan mendapat jaringan informasi yang luas.

3. Tentukan Universitas dan Jurusan yang Kamu Minati

Banyak diantara mahasiswa yang selalu bilang bahwa mereka salah mengambil jurusan kuliah. Hal itu akan membuat jalan sesat bagi diri sendiri, pesimis, serta malas saat belajar. Maka mereka akan selalu berkata sulit untuk setiap  hal yang dilaluinya.

Tentu hal ini karena mereka tidak mempersiapkan diri dan asal pilih saat mendaftar. Maka dari itu penting buat kamu menentukan terlebih dahulu universitas dan jurusan.

Kemudian kamu juga harus menentukan arah universitas mana yang akan dipilih. Bila nanti kamu ingin bekerja di instansi pemerintahan, maka kamu bisa mengambil beasiswa Kampus Ikatan Dinas. Seperti IPDN.

4. Teliti Dokumen Persyaratan secara Lengkap

Baca secara seksama untuk semua dokumen-dokumen persyaratan beasiswa. Teliti secara berulang-ulang untuk memastikan tidak ada kekurangan dokumen.

Cara mempersiapkannya harus jauh hari sebelum deadline pengumpulan berkas. Karena kebiasaan dari beberapa orang adalah melalaikan waktu pengumpulan. Jadi sering terjadi buru-buru penyerahan dokumen sampai tidak teliti.

5. Siap Mental untuk Menghadapi Seleksi

Beberapa seleksi mungkin akan kamu jalani dengan berbagai rintangan. Belajarlah yang rajin supaya bisa meningkatkan rasa percaya diri saat menjalani seleksi beasiswa.

Selain itu, kesehatan mental akan terbangun dengan tubuh yang sehat. Jagalah kesehatan tubuh dengan berolahraga. Supaya kinerja otak saat melalui beberapa tahap seleksi akan berjalan dengan baik.

6. Utamakan Memiliki Kualitas Bahasa Asing

Meskipun bukan menjadi syarat utama untuk masuk Universitas, namun penguasaan bahasa menjadi penting untuk meraih beasiswa S1 di Bandung supaya mendapat nilai plus saat melakukan tes wawancara. Selain itu bahasa asing sangat diperlukan saat sudah menjadi mahasiswa nantinya.

Dalam penguasaan bahasa asing, berfokuslah pada Toefl untuk Bahasa Inggris dan Toefl untuk Bahasa Arab. Apabila kamu ingin mengambil universitas Negeri maka cukup Toefl saja. Namun bila kamu memilih universitas Islam, maka Toefl menjadi penting.

7. Restu Orangtua dan Terus berdoa

Setelah kamu persiapkan secara matang semua dokumen, belajar dengan sangat matang, fisik, serta optimisme yang tinggi untuk meraih beasiswa, hal lain yang harus kamu perhatikan adalah restu dari orang tua. Sebab mereka yang akan mendoakan keberhasilanmu meraih beasiswa tersebut.

Tak lupa juga Kamu harus berdoa sendiri supaya keyakinanmu bertambah kuat. Berdoa juga bisa menambah optimisme diri.

Trik dan tips ini bisa Kamu coba supaya beasiswa S1 di Bandung bisa diraih dengan mudah. Terus berusaha dan persiapkan secara maksimal. Sebab keberhasilan atau kegagalan itu berada ditangan Kamu. Sebagai orang yang berjuang untuk mendapatkan beasiswa, berusahalah dengan maksimal. Semua butuh proses. Namun usaha tak akan menghianati di setiap prosesnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *