Kamu mungkin bingung bagaimana cara memilih jurusan kuliah yang tepat. Ada banyak jurusan kuliah yang ditawarkan oleh sejumlah universitas dan seringnya justru membuat kamu bingung. Padahal, pemilihan jurusan ini sangat penting mengingat kamu akan menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mempelajarinya.

Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara memilih jurusan kuliah yang tepat, kamu perlu tahu dulu informasi di bawah ini.

Pilih Universitas Tujuan

Langkah pertama agar kamu bisa memilih jurusan kuliah yang tepat adalah memilih universitas. Jika kamu sudah menentukan universitas mana yang tepat, kamu bisa memilih jurusan lebih mudah.

Cek jurusan apa saja yang ada di universitas tersebut dan tentukan jurusan mana saja yang sekiranya cocok dengan dirimu. Lihat berbagai kualifikasi dan pembelajaran apa yang akan diterapkan.

Dalam pemilihan universitas, kamu perlu mempertimbangkan reputasi universitas tersebut. Reputasi yang cukup baik bisa menggambarkan kualitas yang dimiliki sebuah universitas.

Durasi Kuliah

Kamu perlu tahu bahwa setiap program memiliki durasi yang berbeda. Seperti misalnya, program master bisa ditempuh dalam kurun waktu dua tahun. Bahkan, beberapa universitas di Australia menawarkan program Sarjana dengan durasi satu hingga dua tahun saja.

Kamu bisa menyesuaikan berapa lama kamu ingin menempuh masa kuliah di sebuah universitas. Pilih durasi kuliah yang sesuai dengan berapa lama masa belajar yang kamu inginkan.

Ketahui Nilai Kemampuan di Sekolah

Sebelum menentukan jurusan yang tepat, kamu perlu memeriksa kembali nilai yang kamu dapatkan di sekolah. Kamu perlu melihat nilai pelajaran manakah yang paling baik dan selalu meningkat.

Cara ini sangat berguna untuk menentukan jurusan kuliah yang berkaitan dengan nilai tersebut. Seperti misalnya, nilaimu yang paling baik adalah bahasa Indonesia, maka kamu bisa memilih jurusan Sastra Indonesia atau juga Ilmu Komunikasi.

Ketahui Keuntungan dan Kekurangannya

Kamu perlu mengetahui secara jelas apa saja keuntungan dan kekurangan jurusan tersebut. Contohnya, kamu mengambil jurusan Kedokteran Hewan di mana kamu akan sering memiliki kontak langsung dengan berbagai binatang.

Hal ini sangat penting karena dengan mengetahui konsekuensi kamu akan lebih siap dalam menerima apapun pembelajaran yang akan diberikan nantinya.

Saat kamu mengetahui keuntungan di jurusan tersebut, kamu bisa memiliki motivasi yang sangat baik untuk melanjutkan perkuliahan.

Pertimbangkan Biaya Kuliah

Biaya kuliah adalah hal penting yang harus dipertimbangkan. Jika kamu akan belajar di luar kota, kamu perlu mempertimbangkan biaya hidup dan akomodasi. Kamu juga perlu menghitung biaya buku dan praktikum yang diperlukan.

Seputar biaya, kamu bisa mencari beasiswa kuliah yang rutin dibuka oleh banyak instansi pemerintah dan yayasan swasta. Atau kamu juga bisa mencari pekerjaan part time atau menjadi freelancer.

Konsultasikan dengan Orang Terdekat

Jika masih bingung dengan cara memilih jurusan kuliah, kamu bisa berkonsultasi dengan orang terdekatmu. Ceritakan apa saja kebimbangan yang kamu miliki ke orang tua, teman atau bahkan guru yang kamu percaya.

Simak baik-baik masukan yang mereka berikan, namun tetap jangan mengikuti paksaan atau kehendak mereka. Kamu memiliki kesempatan untuk memilih jurusanmu sendiri tanpa paksaan dari pihak manapun.

Meski proses pemilihan jurusan terkadang menyulitkan, namun kamu tetap harus memilih jurusan yang tepat dan sesuai minatmu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *