Cara mendapatkan beasiswa di Binus ternyata cukup mudah. Melihat nama universitasnya banyak yang menyangka bahwa mendapatkan beasiswa di sini tidak akan mudah. Padahal sama halnya dengan universitas yang lainnya, persyaratan untuk mengajukan beasiswa cukup mudah. Banyak pula jenis beasiswa yang akan ditawarkan pada mahasiswa.

Dengan adanya beasiswa ini, diharapkan nantinya tidak hanya akan berhasil melanjutkan kuliah hingga lulus S1, tapi juga dapat menempuh pendidikan ke jenjang S3. Beasiswa yang disediakan bukan cuma untuk jenis prestasi. Terdapat pula beasiswa kurang mampu untuk para mahasiswa yang berasal dari kalangan tidak mampu.

Mudah, Begini Cara Dapatkan Beasiswa di Binus

Setiap universitas biasanya akan menyediakan fasilitas beasiswa untuk para mahasiswanya. Beasiswa ini adalah bentuk bantuan dari universitas agar mahasiswa yang mengalami kesulitan biaya kuliah, tapi ingin tetap belajar tidak merasa minder. Hingga nantinya bisa berhasil lulus dengan beasiswa tersebut. Berikut adalah cara yang harus dilakukan untuk mendapatkan beasiswa di Binus:

1. Mencari Informasi

Cara dapat beasiswa di Binus yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan mencari informasi sebanyak mungkin. Di Binus umumnya disediakan banyak beasiswa yang dapat dijadikan pilihan. Bisa dimanfaatkan saat pertama kali masuk sebagai mahasiswa atau ketika telah menjadi mahasiswa. Informasi terkait tentang beasiswa bisa langsung didapatkan dari website universitas.

2. Menyiapkan Persyaratan yang Dibutuhkan

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa di Binus. Salah satunya persyaratan administrasi, yang harus lengkap dan tidak kurang satu apapun. Adapun persyaratan untuk mendapatkan beasiswa di Binus adalah nilai raport atau nilai akademik selama di SMA. Minimal nilai untuk mendapatkan beasiswa adalah 70. Selain menggunakan nilai, prestasi olahraga atau seni pun bisa dimanfaatkan.

3. Melakukan Pendaftaran

Cara mudah untuk mendapatkan beasiswa di Binus selanjutnya adalah dengan melakukan pendaftaran. Langkah ini ditempuh apabila persyaratan yang diajukan telah lengkap sesuai dengan ketentuan administrasi. Biasanya pendaftaran beasiswa ini akan dilakukan secara online. Semua persyaratan yang dibutuhkan juga harus dalam bentuk soft copy untuk memudahkan.

Jenis Beasiswa yang Dapat Diambil

Di Universitas Binus terdapat 2 macam beasiswa yang dapat dimanfaatkan dengan baik. Jenis beasiswa tersebut adalah Gelombang Beasiswa dan The Widia Scholarship. Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa ini hampir sama dan tidak muluk-muluk.  Untuk gelombang beasiswa cukup mengandalkan nilai raport SMA atau prestasi di bidang kesenian dan olahraga minimal tingkat nasional.

Sedangkan The Widia Scholarship adalah jenis beasiswa yang diperuntukkan untuk memiliki prestasi kompetisi tingkat internasional. Misalnya saja kompetisi olimpiade/ kejuaraan internasional. Cara jitu dapat  beasiswa  di Binus yang satu ini, jangan lupa untuk menyertakan lampiran fotokopi sertifikat atau piagam yang diperoleh. Jika administrasi lolos, maka dapat lanjut ke tahap Tes Potensi Keberhasilan Study.

Bebas Biaya Kuliah Hingga 100% Untuk Gelombang Beasiswa

Karena jenis program beasiswa yang ditawarkan berbeda, maka keuntungan yang diberikan pun berbeda. Untuk jenis gelombang beasiswa apabila lolos seleksi, maka berhak untuk beasiswa berupa subsidi biaya sumbangan hingga 100%. Selanjutnya untuk semester tiga hingga delapan, akan disesuaikan dengan IPK yang dimiliki serta melalui pertimbangan student advisory center.

Banyak Pembebasan Biaya Untuk The Widia Scholarship

Beasiswa di Binus untuk kategori program The Widia Scholarship lebih banyak diburu. Hal ini dikarenakan keuntungannya adalah bebas biaya sumbangan atau DP3. Selain itu juga bebas biaya BP3 dan SKS untuk semester di tahun pertama. Bebas biaya daftar ulang, bebas biaya seragam dan bebas biaya laboratorium.

Tidak jauh berbeda dengan jenis Gelombang Beasiswa, jika lolos di tahun pertama dapat mengajukan lagi. Pengajuan ini dilakukan pada saat semester 3 hingga 8. Untuk mendapatkan beasiswa ini kembali IPK minimal adalah 3,50 bagi yang menggunakan prestasi akademik. Sedangkan untuk penerima beasiswa non-akademik minimal IPK adalah 3,00.

Keuntungan Non Akademik yang Diperoleh

Nilai plusnya tidak hanya mendapatkan keringanan atau bebas biaya. Disamping itu para penerima beasiswa akan mendapatkan program pelatihan soft skill. Pelatihan ini diadakan untuk menghasilkan lulusan berkualitas yang kelak dapat menjadi pemimpin hebat.

Pelatihan ini berupa latihan dasar kepemimpinan, latihan manajemen mahasiswa, pengembangan karakter dan pengenalan potensi diri. Kemampuan bahasa hingga pelatihan enterpreuner. Selain itu akan memberi kesempatan pada mahasiswa untuk menjadi mentor di Binus learning community.

 Hingga target pentingnya adalah dapat menjadi wakil untuk berbagai macam ajang perlombaan dari tingkat nasional hingga internasional. Dengan begitu potensi mahasiswa dapat berkembang signifikan. Mahasiswa tidak hanya pandai secara akademik, tapi juga bidang yang lainnya.

Nah, itulah beberapa cara dapat beasiswa di Binus yang dapat dimanfaatkan. Saat ini tidak lagi terdapat istilah yang mengatakan tidak bisa melanjutkan kuliah hingga jadi doctor. Sebab meskipun terhalang biaya, terdapat banyak cara untuk bisa kuliah. Salah satunya dengan memanfaatkan beasiswa. Jadi, tunggu apalagi segera lengkapi persyaratan dan bersiaplah untuk menjadi mahasiswa berprestasi di Binus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *