Jika kamu ingin sekolah pada perguruan tinggi kedinasan, maka kamu dapat mencoba mencari cara dapat beasiswa di STAN.

Politeknik Keuangan Negara STAN membuka peluang bagi seluruh calon mahasiswa negara Indonesia agar dapat mengikuti pendidikan pada perguruan tinggi tersebut. STAN berada pada bawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, tepatnya dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Jika kamu berhasil masuk dan telah menjadi mahasiswa pada perguruan tinggi ini, maka kamu tidak perlu membayar biaya perkuliahan.

Walaupun program pendidikan studi diploma adalah yang kamu pelajari, para alumni spesialisasi D1 serta D3 di STAN berpeluang menjadi CPNS pada lingkungan  atau luar lingkungan kementerian keuangan, baik pada lingkungan Pusat atau daerah sesuai ketersediaan pekerjaan.

Kriteria Peserta

Cara mendapatkan beasiswa di STAN tentu dengan memenuhi kriteria peserta terlebih dahulu. Lembaga pendidikan ini menyediakan program reguler yaitu dengan menerima mahasiswa dari seluruh wilayah Indonesia untuk mengisi bagian pegawai Kementerian Keuangan atau non Kementerian Keuangan.

Sedangkan program afirmasi yaitu untuk mahasiswa baru putra-putri provinsi Papua Barat, Papua, Maluku, Maluku Utara, dan juga NTT agar dapat mengisi formasi pada pegawai Kementerian Keuangan terutama unit kerja pada wilayah masing-masing.

Persyaratan Pendaftaran

Selanjutnya, cara memperoleh beasiswa di STAN yaitu dengan memenuhi persyaratan pendaftaran. Jika kamu adalah lulusan atau calon lulusan SMA sederajat, maka harus memiliki persyaratan nilai sesuai peraturan.

Pada tahun 2018, persyaratan beasiswa STAN bagi lulusan tahun tersebut harus memiliki nilai ujian rata-rata minimal 70 skala 100. Sedangkan lulusan tahun 2019, harus mempunyai nilai rapor rata-rata pengetahuan pada 5 semester.

Nilai yaitu dari kelas 10 dan 11 semester gasal dan genap, dan kelas 12 pada semester gasal paling rendah 70 skala 100, atau paling rendah 2,8 skala 4,0 sesuai ketentuan saat mendaftar ulang, kamu telah dinyatakan lulus dengan rata-rata tertulis pada ijazah yaitu 70 skala 100.

Beasiswa ini juga mempertimbangkan faktor usia dengan usia minimal yaitu 17 tahun pada program spesialisasi D1. Serta, usia minimal 15 tahun pada program spesialisasi D3.

Persyaratan Fisik

Persyaratan fisik juga menjadi hal prioritas bagi kamu yang ingin sekolah di STAN. Selain harus memiliki kesehatan jasmani, kamu harus memiliki kondisi fisik bebas dari obat-obatan terlarang. Sedangkan kemampuan lainnya yaitu mampu menggunakan seluruh indera dengan baik serta mampu bergerak tanpa adanya alat bantu.

Agar kamu dapat menjadi mahasiswa STAN, kamu juga harus mengetahui cara memperoleh beasiswa di STAN, dengan memiliki kemampuan beberapa skill. Contohnya, mengetik, menganalisa, berdiskusi, kemampuan menyampaikan pemikiran.

Selain itu para mahasiswa yang ingin sekolah di perguruan tinggi ini adalah para pelajar yang belum menikah atau tidak boleh menikah selama sekolah.

Seluruh mahasiswa harus mengikuti biaya seleksi kemampuan dasar dan belum pernah memiliki pengalaman seperti lulus pada kelulusan SPMB PKN STAN dalam kegiatan sebelumnya.

Proses Seleksi STAN

Pada tahap seleksi, terdapat tiga ujian penting yang tidak boleh kamu lewatkan. Pertama yaitu dengan mengikuti ujian tertulis.

Ujian ini pasti sudah ditentukan tanggalnya sehingga pastikan kamu sudah mempersiapkan diri secara matang. Ujian tertulis yaitu seleksi kompetensi dasar, tes bahasa Inggris, tes potensi akademik.

Sedangkan pada tahap kedua yaitu terdapat ujian psikotes. Ujian ini hanya boleh diikuti oleh para mahasiswa yang sudah lolos pada ujian tulis.

Pada tahap terakhir yaitu ujian kesehatan dan kebugaran. Mahasiswa yang sudah lulus ujian tertulis wajib mengikuti ujian kesehatan dan kebugaran.

Ujian kesehatan yaitu adanya pemeriksaan termasuk pengukuran tinggi serta berat badan, visus mata, tekanan darah, serta lainnya.

Sedangkan untuk ujian kebugaran yaitu ujian dengan cara lari keliling lintasan serta aturan.

Itulah informasi lengkap tentang bagaimana cara dapat beasiswa di STAN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *