Memiliki impian kuliah di luar negeri tentu tidak mudah, karena biaya kuliah menjadi hal utama yang harus kamu pertimbangkan. Walaupun biaya kuliah di luar negeri tidak murah, bukan berarti ini akhir segalanya. Dengan cara dapat beasiswa kuliah di luar negeri adalah solusi tepat untuk meringankan beban finansial.

Bagaimana Cara Memperoleh Beasiswa Kuliah Luar Negeri?

Untuk mendapatkan beasiswa, tentu terdapat syaratan dan ketentuan yang wajib dipenuhi. Bahkan, kamu juga harus tahu strategi tepat untuk memperoleh beasiswa. Berikut berbagai cara agar sukses dapat beasiswa kuliah di luar negeri:

1. Pilih dan Daftar

Ada banyak jenis beasiswa baik untuk mahasiswa kurang mampu, beasiswa prestasi, atau beasiswa S3. Terdapat 5 jenis beasiswa tersebar bagi para mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri yaitu beasiswa pemerintah, beasiswa swasta, beasiswa dari donor internasional, beasiswa komunitas, organisasi, yayasan, sampai beasiswa internal.

Mencari beasiswa kuliah di luar negeri sebaiknya tidak hanya fokus dengan nominal, tapi perhatikan juga aspek lain seperti: kriteria, lokasi, syarat, ketentuan, dan periode.

Kamu juga harus memastikan bahwa jenis beasiswa tersebut sesuai kebutuhan. Sehingga, kuliah akan lebih mudah karena adanya bantuan finansial.

2. Melengkapi Persyaratan Beasiswa

Jika sudah menemukan jenis beasiswa sesuai kebutuhan, pelajari apa saja syaratnya dan lengkapi semua poin. Beberapa jenis beasiswa justru meminta nilai standar skor. Artinya, kamu harus memenuhi standar skor  agar masuk kualifikasi.

Selain itu, seluruh dokumen yang diminta juga harus disiapkan agar proses pendaftaran lebih lancar. Salah satu cara dapat beasiswa kuliah di luar negeri juga biasanya membutuhkan CV atau motivation letter. Susun secara keratif dan yakinkan pada pihak sponsor bahwa kamu adalah kandidat terbaik.

3. Bahasa Internasional

Ketika ingin kuliah di luar negeri, maka salah satu syarat utama adalah mahir menggunakan Bahasa Inggris. Itulah mengapa, kamu harus menguasai Bahasa Inggris agar memperoleh beasiswa dan berkomunikasi dengan baik selama menjadi mahasiswa internasional.

Banyak universitas internasional menyediakan beasiswa dengan sertifikat TOEFL, IELTS, PTE, atau lainnya. Jadi, pastikan syarat skor tes Bahasa Inggris kamu sudah sesuai standar.

Jika kamu ragu dengan kemampuan berbahasa Inggris, kamu bisa mencari lembaga penyedia kursus Bahasa Inggris online kalau memang susah meluangkan waktu.

4. Ikut Ujian

Beberapa beasiswa meminta para kandidat mengikuti tes sebagai syarat pendaftaran. Jika kamu memilih jenis beasiswa ini, pastikan kamu melakukan persiapan matang, seperti persipan mental juga ilmu pengetahuan.

Agar terpilih dan mendapat beasiswa kuliah, kamu bisa belajar mengasah kemampuan berkomunikasi serta menjawab pertanyaan. Kiatnya dengan membekali diri, sering mengikuti informasi tentang jurusan yang kamu inginkan.

5. Temui Perwakilan Universitas

Cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri juga dapat kamu lakukan dengan menemui perwakilan universitas. Cara ini tergolong praktis, karena kamu akan memperoleh informasi kredibel.

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja cara – cara untuk dapat beasiswa kuliah di luar negeri. Sebelum itu, pertimbangkan pilihan universitas dan jurusan yang ingin kamu ambil. Jika kurang tepat memilih jurusan, maka kamu akan menghadapi masalah di masa depan.

Terakhir, selalu yakin dan berkomitmen untuk tekun dalam dunia pendidikan. Sehingga, kamu punya motivasi kuat untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *