Berawal dari lembaga pendidikan komputer short course tanggal 21 Oktober 1974 yang terkenal dengan Modern Computer Course, muncullah Binus University karena visi dan landasan kuat, dan terus ada, sampai sekarang berinovasi memberikan beasiswa Parsial Binus.

Menyadari pentingnya masing-masing individu untuk memperoleh pendidikan berkualitas, BINUS University tidak hanya menawarkan beasiswa penuh, tapi juga menyediakan beasiswa parsial bagi para calon mahasiswa berprestasi, entah akademik atau non-akademik, tingkat nasional maupun internasional.

Partial Scholarship

Beasiswa ini menyediakan penawaran seperti potongan biaya DP3 atau biaya sumbangan mencapai 50%. Beasiswa tersebut diberikan pada calon mahasiswa yang daftar pada jadwal pendaftaran tertentu.

Syarat beasiswa parsial BINUS adalah kamu wajib mengikuti tes Potensi Keberhasilan Studi, dan lulus.

Widia Scholarship

Kamu juga berkesempatan memperoleh beasiswa The Widia Scholarship for Outstanding Achievers, sebuah program beasiswa penuh atau parsial bagi para pelajar unggul, secara akademik atau non-akademik tingkat nasional maupun internasional.

Program Widia Scholarship adalah program unggulan dari BINUS University untuk memberikan peluang kuliah S1 tanpa terkena biaya sampai studi akhir. Program beasiswa lain juga tersedia sesuai prestasi atau hasil TPKS.

Untuk mendaftar beasiswa the Widia Scholarship, maka kamu harus memiliki prestasi dalam kejuaraan internasional atau nasional. Kamu juga harus menjadi wakil Indonesia pada tingkat internasional. Syarat terakhir yaitu agar dapat lulus TPKS, sebuah tes untuk keberhasilan studi di BINUS University.

Selain syarat, BINUS University juga meminta adanya dokumen tambahan. Pertama, kamu harus melampirkan fotokopi piagam atau sertifikat kejuaraan tiga tahun terakhir. Kedua, yaitu fotokopi rapor SMA sederajat tapi harus sudah dilegalisir kepala sekolah sebagai bukti sah.

Persyaratan lainnya bagi penerima beasiswa justru memberikan pengalaman tersendiri. Misalnya, kamu dapat memperoleh beasiswa, dari semester 3 sampai semester 8 setelah melewati review prestasi dari Student Creativity Development Centre (SCDC).

Prestasi dalam hal ini adalah nilai IPS wajib diatas 3.50 per semester. Kemudian,kamu juga harus ikut pelatihan, seperti contoh latihan keterampilan manajemen, latihan dasar kepemimpinan atau lainnya dari BINUS University.

Beasiswa parsial BINUS memang memberikan keuntungan tersendiri, namun the Widia Scholarship justru memberikan keuntungan lebih. Misalnya, kamu bisa meningkatkan pengalaman bersosial, yaitu dengan menjadi Promotion team, lab assistant, atau freshmen leader.

Tentang TPKS

Ketika kamu ingin mengejar peluang beasiswa parsial binus atau the Widia Scholarship, TPKS adalah syarat utama untuk bisa masuk ke universitas.

TPKS merupakan tes Potensi Keberhasilan Studi dengan tujuan untuk mengukur calon mahasiswa, apakah calon mampu menyelesaikan perkuliahan tepat waktu atau tidak di lembaga perguruan tinggi terbaik ini.

TPKS dibagi dalam dua sesi. Kamu akan menghadapi psikotes dalam sesi pertama, sedangkan tes TOEFL adalah tes kedua.

Ketika kamu mengikuti TPKS, psikotes sangat berpengaruh untuk kelulusan kamu jadi Binusian. Sedangkan tes TOEFL menentukan dimana kelas Bahasa Inggris kamu nanti ketika kuliah.

Binus University membagi dua kelas Inggris, yaitu pada TOEFL di bawah 457 dan di atas 457. Jika nilai TOEFL diatas 550, kamu bisa ikut Global Class, asal jurusan yang kamu pilih memberikan penawaran Global Class.

Dengan informasi tentang beasiswa parsial Binus ini, maka kamu sudah tahu banyak hal dan bisa langsung mengambil peluang ketika program beasiswa dibuka oleh lembaga pendidikan tersebut.

Agar kamu bisa memperoleh kesempatan ini, sering kunjungi situs Binus University dan persiapkan tes secara matang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *