Bagaimana cara kuliah di luar negeri dengan beasiswa di kampus terbaik? Jumlah beasiswa sangat terbatas, sedangkan peminat kuliah di luar negeri begitu besar per tahunnya. Tidak sedikit mahasiswa berprestasi yang harus mencoba berulang kali untuk akhirnya memperoleh beasiswa tersebut.

Untuk kamu yang ingin memiliki pengalmaan kuliah di negeri orang, ada beberapa tips sukses agar berhasil mendapatkan peluang tersebut.

Cari Informasi Kuliah di Luar Negeri

Internet, mahasiswa yang sudah berpengalaman, pihak kampus, penasihat akademik, dosen, atau profesor sangat membantu untuk mencari informasi tentang beasiswa kuliah di luar negeri. Kampus atau sekolah tempat kamu belajar saat ini mungkin menyediakan bagian khusus untuk studi ke luar negeri. Sehingga, kamu bisa langsung bertanya dan mendapatkan informasi berharga.

Buat Daftar Beasiswa Sesuai Minat

Mengapa sangat penting untuk menyiapkan daftar beasiswa yang ingin kamu ambil? Dengan mengetahui apa jenis beasiswa, kualifikasi, program studi yang disediakan dari beasiswa tersebut, hingga deadline beasiswa akan membantu supaya kamu tidak salah pilih bantuan tersebut.

Cara tepat adalah dengan membuat spreadsheet yang akan memudahkan kamu untuk mencari beasiswa. Dengan membuat klasifikasi dari daftar beasiswa yang sedang tersedia, kamu bisa menambahkan poin seperti  nama universitas, bahasa, serta program studi.

Semakin banyak daftar beasiswa yang kamu kumpulkan, maka semakin bagus. Lanjut dengan melamar beasiswa tersebut, lakukan terus sampai memperolehnya.

Visi Misi Organisasi Penyedia Beasiswa

Ketika hendak melamar beasiswa, kamu harus mencari tahu seperti apa organisasi yang menyediakan beasiswa tersebut. Alangkah baiknya untuk mempelajari seperti apa visi dan misi, juga apa saja yang menjadi perhatian besar organisasi tersebut.

Melakukan identifikasi informsai tentang organisasi dan membuat lamaran sesuai kebutuhan mereka akan membuat lamaran kamu lebih menarik. Kamu juga harus tahu seperti apa organisasi tersebut meninjau para pelamar beasiswa.

Cari Beasiswa di Negara Dengan Pelamar Sedikit

Untuk kamu yang ingin tahu seperti apa cara kuliah di luar negeri dengan beasiswa, maka trik berikutnya adalah menghindari negara dengan peminat yang melonjak. Misalnya, beasiswa kuliah di Inggris jika diminati oleh 500 pelamar, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa tersebut adalah 1:500. Itulah mengapa, kamu harus membuat daftar berbagai negara yang menyediakan beasiswa namun dengan peminat lebih sedikit.

Salah satu cara adalah dengan seperti apa beasiswa yang disediakan oleh negara tersebut.

Motivation Letter Harus Unik

Ketika melamar beasiswa, maka kamu pasti membutuhkan motivation letter sebagai syarat beasiswa. Alasan ingin memperoleh pengalaman atau budaya baru sudah biasa. Namun, buatlah informasi yang lebih menarik.

Misal, kamu ingin mengambil beasiswa tersebut karena kamu sangat menyukai bagaimana negara tersebut memiliki kualitas film yang baik. Atau, kamu ingin mencari teman dari negara tersebut yang pernah ke Indonesia karena pertukaran pelajar. Sehingga, terdapat alasan kuat mengapa kamu ingin pergi ke negara tersebut untuk kuliah.

Buatlah sebuah essai yang memang essai tersebut tidak ada duanya, hanya milik kamu.

Lamar Beasiswa Luar Negeri Lebih Awal

Kebiasaan buruk ketika melamar beasiswa adalah ketika mengumpulkan lamaran tersebut pada waktu terakhir.

Kebiasaan tersebut wajib kamu hindari, dan ubahlah dengan melamar di awal. Walaupun tidak menjamin, namun para juri dalam beasiswa tersebut akan lebih jeli ketika meninjau pada awal pembukaan beasiswa.

Sebaliknya, ketika deadline sudah sangat dekat, mayoritas juri hanya melihat lamaran tersebut sekilas. Ada celah besar bagi mereka untuk tidak melihat poin-poin plus dari lamaran kamu. Itulah mengapa, sebaiknya kamu kumpulkan secepatnya ketika hendak melamar beasiswa.

Demikian informasi tentang cara kuliah di luar negeri dengan beasiswa. Jangan patah semangat, dan teruslah mencoba! Semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *