Apakah kamu sudah tahu cara melihat kode akses siswa bidikmisi? Beasiswa bidimisi tentunya sudah tidak asing bagi kamu, bukan? Karena melalui beasiswa tersebut, kamu bisa mendapatkan bantuan pendidikan jika prestasi akademikmu bagus. Seorang siswa yang mendapatkan beasiswa bidikmisi biasanya akan mendapat KAP dan PIN.

Biasanya, kedua kode tersebut didapatkan setelah kamu menyelesaikan tahapan pendaftaran. Jadi, kamu harus mengingatnya karena akan digunakan dalam pendaftaran seleksi perguruan tinggi. Dengan kata lain, KAP dan PIN menjadi penentu masa depan kamu. Itulah kenapa kamu harus mengingatnya dengan baik.

Cara Melihat Kode Akses Siswa Bidikmisi

Tidak semua orang bisa mudah dalam mengingat. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, kamu bisa mencatat hal yang penting di sebuah buku. Hal ini juga berlaku untuk KAP dan PIN. Lalu bagaimana jika kamu sama sekali tidak ingat atau lupa mencatat KAP dan PIN? Berikut beberapa cara untuk melihat akses saat kamu lupa kedua hal tersebut.

1. Bertanya ke Sekolah

Salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan bertanya ke sekolah. Kamu bisa bertanya kepada pihak sekolah yang mengurus administrasi sekolah bagian bidikmisi. Cara ini terbukti ampuh untuk melihat kode akses meski kamu lupa KAP dan PIN. Bahkan, kamu bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan bantuan pihak sekolah.

Selain bertanya ke pihak sekolah, kamu bisa bertanya pada bagian TU atau Kepala Sekolah. Karena biasanya program bidikmisi diurus oleh pihak TU. Selain itu, biasanya data bidikmisi siswa yang terdaftar akan disimpan oleh bagian TU. Jadi, meski kamu lupa KAP atau PIN, kamu bisa mendapatkannya kembali melalui bagian Tata Usaha.

2. Mengunjungi Situs Resmi Bidikmisi

Salah satu cara untuk login bidikmisi bisa kamu lakukan dengan mengunjungi situs resminya. Dengan mengunjungi halaman resmi penyelenggara bidikmisi, kamu bisa mendapatkan kode akses siswa dalam bidikmisi. Setelah kamu membuka halaman peryama, biasanya akan muncul beberapa kolom.

Mulai dari nomor pendaftaran, nama lengkap, nama sekolah, dan alamat email. Jika kamu mengisinya dengan benar, maka kamu bisa mendapatkan KAP dan PIN melalui email. Cara ini tergolong mudah, bukan, bagi kamu yang sempat lupa kedua aspek penting itu.

3. Bertanya Kepada Panitia

Cara mengetahui kode akses siswa bidikmisi bisa kamu lakukan dengan bertanya kepada panitia. Kamu bisa menanyakan soal KAP dan PIN kamu melalui panitia penyelenggara bidikmisi. Nantinya, pertanyaan kamu akan langsung diproses oleh panitia. Setelah itu, kamu bisa mendapatkan kembali KAP dan PIN milikmu.

4. Bertanya ke Teller Bank

Kenapa kamu harus bertanya ke teller bank? Apa hubungannya teller bank dengan beasiswa bidikmisi yang kamu terima? Nyatanya, kedua instansi ini mempunyai hubungan kerja sama yang memberikan bantuan dalam melihat kode akses bidikmisi. Jadi, jika kamu lupa kode akses dan no. pendaftaran KIP kuliah, kamu bisa mencoba bertanya ke teller bank.

Sayangnya, cara ini membutuhkan beberapa persyaratan, mengingat bank adalah instansi yang rentan terhadap data. Kamu harus mengajukan kartu identitas atau tanggal saat kamu melalukan pendaftaran agar bisa mendapatkan kode akses.

Mendapatkan Kode Akses dengan Lolos Beasiswa Bidikmisi

Bagi kamu yang ingin tahu cara melihat kode akses siswa bidikmisi maka kamu harus mendapatkan kode terlebih dahulu. Caranya dengan lolos pendaftaran beasiswa. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat beasiswa Bidikmisi.

Rajin Mencari Informasi

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar lolos beasiswa bidikmisi adalah dengan rajin mencari informasi. Hal ini bertujuan agar kamu tidak ketinggalan informasi apa pun. Saat ini informasi bisa kamu dapatkan melalui situs di internet. Atau kamu juga bisa mencari informasi melalui kakak kelas atau alumni beasiswa bidikmisi.

Melengkapi Persyaratan

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para mahasiswa adalah kurang melengkapi persyaratan. Padahal persyaratan menjadi nilai plus poin penting agar kamu bisa diterima dalam beasiswa tersebut. Meski syarat pendaftaran yang dibutuhkan agak sulit, tapi bayangkan jika kamu berhasil mendapat beasiswa.

Tentunya usaha kamu akan sebanding dengan hal tersebut. Jadi, jangan terlalu menganggap remeh persyaratan, ya. Karena waktu kamu akan habis dalam menyiapkan berbagai persyaratannya.

Selain melengkapi persyaratan, kamu juga bisa mengisi formulir dengan lengkap dan jelas. Karena formulir juga menjadi poin penilai apakah kamu lolos atau tidaknya dalam beasiswa bidikmisi. Jadi, pastikan kamu mengisinya dengan benar, ya.

Meningkatkan Kualitas Diri

Cara agar kamu bisa lolos seleksi beasiswa bidikmisi, kamu harus meningkatkan kualitas diri sendiri. Hal ini karena seorang penerima beasiswa tidak hanya berasal dari keluarga kurang mampu, tapi mempunyai potensi dalam akademik. Oleh karena itu, kamu bisa meningkatkan kualitas diri dengan belajar yang rajin.

Keempat cara di atas bisa kamu lakukan dengan mudah. Kamu bisa memilih salah satu cara untuk melihat kode akses siswa bidikmisi jika lupa KAP dan PIN. Mana cara yang menurutmu cepat dan mudah dalam menemukannya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *