Untuk kamu yang ingin mengetahui cara melihat pengumuman SNMPTN, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyampaikan langsung pada laman utama serta pada laman mirror PTN tertentu.

Pada pelaksanaan tahun 2021, Mohammad Nasih selaku ketua LTMPT mengumumkan seluruh peserta lulus seleksi SNMPTN pada pukul 15:00 tanggal 22 Maret 2021. Jika kamu ikut SNMPTN, maka harus akses laman utama atau laman mirror dengan cara login terlebih dahulu.

Gunakan nomor pendaftaran serta tanggal lahir untuk login dan lihat hasil SNMPTN. Nomor pendaftaran merupakan nomor rahasia, tidak boleh ada yang tahu kecuali kamu sendiri. Hal ini karena hasil SNMPTN sifatnya merupakan pribadi.

Cara Melihat Pengumuman SNMPTN – Lolos

Jika kamu diterima dan lolos, maka akan muncul notifikasi, menyatakan bahwa kamu sudah lulus seleksi SNMPTN sesuai tahun pelaksanaan. Namun, jangan senang dulu karena kamu juga harus mengikuti proses berikutnya, sesuai kebijakan perguruan tinggi negeri.

Pada proses tersebut, ada kemungkinan jika peserta tergeser, karena memang tidak sesuai kualifikasi. Misalnya saja, melakukan kecurangan ketika seleksi SNMPTN. Artinya, jika kamu lolos, maka pada halaman pengumuman terdapat peraturan penerimaan mahasiswa baru pada PTN pilihan.

Peraturan tersebut merupakan informasi penting, supaya kamu dapat menyimak seperti apa ketentuan dan mekanisme PTN. Pada proses akhir, kamu akan memperoleh status sebagai mahasiswa sah jika memang PTN telah melakukan verifikasi data akademik, baik portofolio atau rapor.

Karena kamu sudah lolos verifikasi data, maka kamu sudah diperbolehkan untuk daftar ulang. Peserta lolos SNMPTN sudah tidak bisa daftar SBMPTN, yaitu seleksi masuk perguruan tinggi nasional dengan pendaftaran berbayar. Kamu harus membayar biaya untuk ikut tes UTBK.

Pengumuman SNMPTN – Tidak Lolos

Peserta yang tidak lolos, maka cara melihat pengumuman SNMPTN masih sama, dengan buka laman utama atau laman mirror dan memperoleh notifikasi berbeda.

Notifikasi tersebut mengumumkan bahwa peserta dinyatakan tidak lulus seleksi SNMPTN. Jika ini terjadi, kamu masih memperoleh kesempatan ikut seleksi SBMPTN atau jalur mandiri.

Seleksi SBMPTN menggunakan UTBK, serta kriteria lainnya sesuai kebijakan PTN. Pelaksanaan UTBK juga dapat diikuti oleh alumni SMA sederajat pada tahun sebelumnya atau lulusan paket C dengan batas usia maksimal 25 tahun.

SBMPTN juga bertujuan melakukan seleksi calon mahasiswa ke perguruan tinggi. Peserta dinyatakan lulus diprediksi dapat menyelesaikan perkuliahan secara tepat waktu.

Keuntungan Lulusan SNMPTN dan SBMPTN

Sekarang, kamu sudah tahu banyak hal tentang bagaimana cara melihat pengumuman SNMPTN dan SBMPTN. Kedua jalur masuk ke perguruan tinggi negeri tersebut memberikan keuntungan tersendiri.

Jadi, kalau kamu tidak lolos pada tes SNMPTN, atau tidak lulus lalu mengambil SBMPTN dan bisa lolos, maka biaya pendidikan akan lebih hemat. Jika sudah menjadi mahasiswa sah PTN pilihan, biaya pendidikannya jauh lebih murah, karena sudah memperoleh subsidi pemerintah.

Pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN lebih awal, sebelum Jalur Mandiri tersedia. Jadi, kamu sudah lega kalau tahu bagaimana cara melihat pengumuman SNMPTN dan sudah lolos ke PTN. Sisa waktu sebelum perkuliahan biasanya cukup lama.

Sehingga, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk berlibur, bermain, atau melakukan hal positif lainnya yang belum sempat terlaksana. Dengan mengetahui hasil pengumuman SNMPTN dan lolos, tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Sehingga memotivasi untuk mencoba banyak hal baru yang positif.

Hal yang paling penting adalah waktu lebih banyak. Kamu dapat menggunakan waktu tersebut untuk memenuhi syarat registrasi ulang pada PTN, menyiapkan perkuliahan sebaik mungkin. Jika jauh dari rumah, bisa menikmati waktu bareng keluarga sebelum cari kost dekat kampus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *