Menentukan jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan mengingat kamu akan menghabiskan masa kuliah di jurusan ini. Belum lagi, karir yang akan dijalani di masa mendatang akan bergantung dari jurusan kuliah yang kamu pilih hari ini.

Banyak orang yang memilih jurusan kuliah sesuai kepribadian mereka. Nah, kamu sudah tahu belum bagaimana cara memilih dan menentukan jurusan kuliah sesuai kepribadian? Dari banyaknya jurusan kuliah yang ditawarkan sebuah universitas, kamu perlu tahu jurusan mana yang paling tepat untukmu. Caranya? Simak dulu di sini.

Cari Banyak Informasi

Menentukan jurusan kuliah sesuai kepribadian tidak bisa dilakukan tanpa mencari banyak informasi. Semakin banyak informasi yang kamu ketahui, maka semakin besar kamu mengetahui kecocokan minat dan bakatmu.

Kamu bisa mencari informasi di banyak sumber, mulai dari internet hingga orang-orang terdekat kamu. Hal yang harus kamu perhatikan adalah jangan mudah terpengaruh dengan oang lain yang sebenarnya tidak begitu paham tentang informasi tersebut.

Jika kamu mencari informasi di internet, pastikan kamu memilih sumber yang tepat untuk informasi yang sedang kamu butuhkan.

Kenali Minat dan Bakat

Hal ini penting untuk dilakukan. Kamu perlu mengenal diri kamu sendiri terlebih dahulu. Kamu bisa menelusuri diri kamu lebih lanjut. Kenali hal-hal yang berhubungan dengan dirimu, seperti kegiatan yang kamu sukai dan pahami, mata pelajaran apa yang kamu sukai dan bisa kamu kerjakan dengan mudah.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui tentang hobi, cita-cita dan prestasi apa yang kamu miliki. Jika masih bingung, kamu bisa mendiskusikannya dengan orang tua atau guru Bimbingan Konseling yang ada di sekolahmu.

Jangan sungkan untuk bertanya dan berdiskusi untuk kebaikan dirimu sendiri dan masa kuliah yang akan kamu jalani.

Seberapa Besar Peluang akan Diterima

Melihat seberapa besar peluang kamu untuk diterima bisa menjadi salah satu cara memilih dan menentukan jurusan kuliah sesuai kepribadian. Semakin besar daya tamping yang ditawarkan, maka akan semakin besar pula peluang kamu untuk diterima.

Jangan pernah membebani diri dengan target kuliah di tempat tertentu atau jurusan favorit, hal ini hanya akan membuatmu stress dan tidak maksimal dalam mengerjakan ujian yang akan menentukan kelulusanmu.

Kamu bisa mempelajari soal-soal seleksi dan try out sebagai percobaan mengukur kemampuan yang kamu miliki.

Prospek Karir

Jurusan yang kamu pilih akan sangat berpengaruh terhadap karir kamu kelak. Maka, kamu harus berhati-hati dalam memilih jurusan mengingat saat ini ada banyak lulusan dari jurusan tertentu yang memiliki kesempatan kerja sedikit.

Kamu perlu mempertimbangkan prospek karir di masa depan. Untuk hal ini, kamu bisa berkonsultasi dengan orang tua atau orang terdekat. Namun, pastikan bahwa kamulah yang akan memilih jurusan tersebut.

Lokasi dan Biaya

Lokasi dan biaya adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan dalam proses pemilihan jurusan. Jika kamu memiliki dana yang terbatas, kamu tidak perlu memaksakan kehendak untuk kuliah di luar kota atau bahkan luar negeri. Kualitas pendidikan di negeri sendiri sudah cukup baik dan bisa memberikan ilmu yang cukup untukmu.

Pilih  lokasi yang dekat dan universitas dengan biaya kuliah yang terjangkau, jika dana kuliah kamu terbatas. Atau, kamu juga bisa memilih jalur beasiswa untuk bisa berkuliah di universitas impian.

Dengan mempertimbangkan hal-hal di atas, kamu diharapkan mampu memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan kepribadian dan dirimu sendiri. Jangan mudah terpengaruh oleh banyak orang, sebab apa yang sesuai dengan mereka belum tentu akan sesuai dengan dirimu. Kenali dirmu lebih dalam lagi agar bisa menentukan jurusan kuliah yang paling tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *