Mencari informasi dan cara untuk mendapatkan beasiswa di Al Azhar Kairo akan membantu kamu mampu untuk mempersiapkan diri secara matang. Program beasiswa dari Kementerian Agama Republik Indonesia tersebut selalu ada setiap tahun. Sama seperti program beasiswa lainnya, kamu harus mengajukan diri dan mengikuti proses seleksi.

Program bantuan kuliah ini dapat kamu gunakan jika kamu adalah lulusan SMA, MA, atau Pondok Pesantren untuk studi S1 ke Kairo. Sebagai program kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Mesir, maka Kemenag akan melangsungkan proses seleksi.

Hasil MoU Universitas Al-Azhar juga pemerintah Indonesia ditandai dengan adanya tanda tangan Menteri Agama RI serta Grand Syaikh Azhar. Bagi masing-masing calon mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah ke Universitas Al-Azhar, maka dapat memanfaatkan peluang beasiswa ini untuk ikut seleksi masuk.

Peserta yang mengajukan permohonan program beasiswa harus mengikuti tes kemampuan pada bidang akademi, bacaan Alquran dan hafalan, serta belajar memahami Bahasa Arab.

Keuntungan Beasiswa Al Azhar Kairo

Mencari informasi beasiswa di Al Azhar Kairo adalah hal yang penting, karena kamu bisa menerima banyak keuntungan jika berhasil memperoleh bantuan pendidikan tersebut. Selain berhak memperoleh uang kuliah full, fasilitas asrama, serta uang saku setiap bulan.

Jika ingin mengikuti program beasiswa ini, maka kamu harus memenuhi beberapa persyaratan berikut:

  • Isi formulir pendaftaran secara lengkap dan sesuai
  • Menyediakan dua lembar pas foto terbaru, dengan ukuran 3×4, foto harus berwarna
  • Menyertakan dokumen ijazah SMA/MA/Pondok Pesantren yang sudah legalisir. Usia ijazah tidak lebih dai dua tahun. Surat keterangan lulus dari sekolah asal juga harus kamu lampirkan jika ijazah resmi belum keluar.
  • KTP atau Kartu Pelajar
  • Dokumen sesuai syarat wajib kamu serahkan ke lokasi pendaftaran, yaitu dalam bentuk hard copy ketika tahap seleksi. Jadwal biasanya sudah ditentukan oleh lembaga.
  • Ikuti seluruh proses seleksi sesuai lokasi pendaftaran yang sudah diinformasikan.
  • Peserta yang lolos pada tahap pertama, maka harus mengurus paspor karena paspor membutuhkan waktu lama agar dapat selesai.

Tahap Mendaftar Beasiswa

Jika kamu sudah menemukan infromasi tentang bagaimana cara mendapatkan beasiswa di Al Azhar Kairo dan menyebutkan jika program tersebut sedang tersedia, maka kamu harus segera mendaftar. Jangan siakan peluang tersebut karena memang sangat menarik untuk pengalaman pendidikan nanti.

Proses mendaftar juga terbilang mudah, yaitu dengan daftar secara online. Biasanya, beasiswa ini tersedia dengan anjuran pendaftaran saat pertengahan Mei. Proses pendaftaran juga meminta para kandidat penerima beasiswa memilih lokasi mana ketika akan mengikuti proses seleksi. Proses seleksi biasanya berjalan pada akhir Mei.

Dalam proses seleksi, kamu sebagai pemohon beasiswa harus mengikuti dua jenis ujian. Ujian pertama yaitu ujian tulis, sedangkan ujian kedua yaitu ujian lisan.

Ketika mengikuti ujian tulis, maka beberapa materi yang wajib kamu pelajari adalah Bahasa Arab dan Pengetahuan Agama Islam. Soal dalam bentuk teks, Insya’ dan tata bahasa. Sedangkan untuk ujian tulis yaitu Bahasa Arab.

Ujian lisan juga harus kamu ikuti, yaitu para penguji akan menguji kemampuan menggunakan Bahasa Arab. Contohnya, yaitu membaca bacaan Al-Quran sebanyak dua juz, hafalan, atau juga menggunakan percakapan Bahasa Arab, memahami teks Arab, dan mengetahui apa terjemahannya.

Itulah informasi lengkap tentang bagaimana cara mendapatkan beasiswa di Al Azhar Kairo. Dengan seluruh seleksi ketat, kamu pasti bisa berhasil memperoleh program bantuan pendidikan tersebut kalau mempersiapkan dari jauh-jauh hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *