Bagi para pelajar SMA atau sederajat yang berasal dari Banten dan masih ragu atau galau dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, kamu dapat memanfaatkan beasiswa di Banten.

Perintis 8 merupakan program beasiswa untuk para pelajar SMA sederajat yang ingin menggapai impian kuliah di perguruan tinggi negeri. Beasiswa tersebut disediakan oleh UPZ Rumah Amal SNAB UNTIRTA. Beasiswa ini menawarkan beberapa keuntungan bagi penerimanya. Pertama yaitu dengan memberikan fasilitas saat pembinaan dan memberikan bimbingan belajar secara intensif. Kamu juga akan memperoleh hak mengikuti try out bertahap serta konsultasi gratis dalam memilih jurusan.

Beasiswa Perintis 8 tersedia dengan memberikan ruang belajar nyaman, modul SBMPTN, informasi kuliah beasiswa, juga kamu akan memperoleh makan serta minum saat kegiatan berlangsung.

Keuntungan lainnya bagi penerima beasiswa yaitu adanya training motivasi untuk meningkatkan semangat belajar. Para tutor profesional pada bidangnya juga telah tersedia dengan kegiatan outbound menarik. Mahasiswa juga akan memperoleh fasilitas tempat menginap atau asrama selama belajar.

Syarat Umum Beasiswa di Banten, Perintis 8

Jika ingin mengambil beasiswa tersebut, maka kamu harus memiliki kartu Indonesia pintar/KIP atau dapat menggunakan surat keterangan tidak mampu/SKTM.

Bagi orang tua atau wali, maka harus berpendapatan kotor gabungan dengan jumlah Rp 4.000.000 setiap bulan. Atau pendapatan kotor gabungan Wali harus dibagi dengan jumlah anggota dalam keluarga yaitu maksimal Rp 750.000 perbulan.

Sedangkan syarat lainnya untuk memperoleh salah satu beasiswa di Banten ini adalah:

  • Pendidikan terakhir Wali yaitu D4 atau S1
  • Penerima beasiswa adalah siswa kelas 12 SMA atau sederajat di Banten
  • Calon penerima beasiswa adalah seorang murid
  • Calon penerima beasiswa memiliki tekad kuat dalam melanjutkan perguruan tinggi
  • Biaya pendaftaran gratis

Selanjutnya kamu juga harus menyediakan beberapa berkas dokumen berikut:

  • Scan SKTM atau KIP
  • Scan kartu pelajar atau KTP
  • Scan kartu keluarga/KK
  • Surat pernyataan mengikuti acara, download format surat pernyataan tersebut terlebih dahulu.
  • Menyediakan scan surat izin dari orang tua dengan format yang sudah ada sehingga kamu harus download terlebih dahulu.
  • Menyediakan pas foto sebanyak 2 lembar dengan ukuran 3×4
  • Membuat esai sebanyak 2 halaman maksimal menceritakan tentang identitas diri, keadaan ekonomi, keluarga, jurusan kuliah, serta Universitas impian. Tulis essay tersebut pada kertas ukuran A4 dengan format Times New Roman 12 dan spasi 1.

Jika kamu sudah menyiapkan seluruh berkas dokumen tersebut, proses beasiswa di Banten program Perintis 8 dengan menyimpan dalam format PDF, tidak termasuk essay. Simpan essay dalam bentuk Microsoft Word sedangkan untuk pasfoto yaitu dalam format gambar/JPG/JPEG.

Kemudian, seluruh dokumen harus kamu berikan nama dengan format yang sudah ditentukan. Kamu juga harus memastikan seluruh dokumen tampak jelas dan mudah dibaca.

Cara Mendaftar Beasiswa Perintis 8

Ketika ingin mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa perintis, kamu harus mengisi formulir pendaftaran pada laman resmi secara online. Sedangkan jika melakukan pendaftaran secara offline, kamu harus mengunduh formulir terlebih dahulu. Untuk informasi lebih lanjut tentang beasiswa Perintis agar kamu dapat kuliah di Banten maka dapat langsung menghubungi bagian admisi.

Itulah informasi lengkap tentang beasiswa di Banten dalam program Perintis 8. Kamu dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk menambah wawasan dan pengetahuan setelah lulus dari bangku SMA. Beasiswa memberikan kemudahan dan keuntungan bagi penerima karena kamu juga akan memperoleh beberapa pelatihan yang sangat bagus untuk meningkatkan potensi diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *