Kuliah di kampus favorit seperti ITB (Institut Teknologi Bandung) selalu menjadi dambaan baik orang tua maupun calon mahasiswa. Namun, pada kenyataannya tidak semua orang berhasil masuk. Finansial menjadi permasalahan paling utama tidak terwujudnya keinginan beberapa calon mahasiswa untuk masuk ITB. Menyadari hal ini, baik pemerintah maupun pihak ITB setiap tahun secara rutin mengadakan berbagai program beasiswa di ITB sebagai tindakan nyata dalam mengentaskan problem ekonomi mahasiswa/i dan calon mahasiswa/i-nya.

Jenis Beasiswa di ITB

Untuk urusan beasiswa, ITB termasuk salah satu Perguruan Tinggi dengan jenis beasiswa paling banyak. Sumber-sumber beasiswa atau sponsor beasiswa di ITB bisa berasal dari pemerintah, swasta, kampus dan bahkan dari orang tua mahasiswa (IOM).

Beasiswa Pemerintah

Salah satu beasiswa dari pemerintah yang bisa Anda dapatkan di ITB adalah beasiswa Bidikmisi. Hampir setiap tahun, pemerintah melalui kementerian terkait memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa yakni siswa-siswa lulusan SMA agar bisa menempuh jalur beasiswa untuk kuliah di ITB.

Selain Bidikmisi, beasiswa pemerintah di ITB bisa berupa PPA, BBM, Afirmasi Dikti serta beasiswa dari pemprov Jabar. Macam-macam beasiswa ini baik bagi calon mahasiswa maupun mahasiswa on going.

Beasiswa Dari Swasta atau Perusahaan

ITB turut serta bekerja sama dengan jaringan beasiswa perusahaan swasta. Umumnya beasiswa dari swasta dan perusahaan menyasar mahasiswa on going ITB sekaligus menyalurkan bakat-bakat terbaik dari lulusan kampus untuk bekerja kepada perusahaan baik sebagai magang maupun karyawan tetap nantinya. Beberapa contoh beasiswa di ITB yang berasal dari perusahaan dan swasta adalah Bank BRI, Bank BCA, Mitsubishi Corporation, KSE, Marga Jaya, Bakrie Center Foundation, dan masih banyak lagi.

Beasiswa Dari Kampus

ITB sendiri ikut membantu mahasiswanya dalam segi keuangan melalui beasiswa bantuan hidup, beasiswa prestasi di fakultas, beasiswa mahasiswa dll.

Beasiswa Dari Orang Tua dan Yayasan

Keinginan ITB agar semua mahasiswanya tidak ada yang gagal kuliah karena masalah finansial mendorong sejumlah yayasan untuk memberikan bantuan beasiswa. Jika beasiswa dari orang tua tersalur dalam IOM (Ikatan Orang tua Mahasiswa) maka yayasan yang menyediakan beasiswa di antaranya Tanoto Foundation, YPTI, Yayasan Asahi Glass Indonesia, YPKAAR, Eka Tjipta Foundation.

Selain itu, ada pula beasiswa dari beberapa alumni seperti alumni ITB 1978, Alumni ITB 1980, Alumni ITB 1983 dan Alumni ITB 1993.

Dengan adanya berbagai macam beasiswa di ITB seharusnya sangat mudah bagi mahasiswa untuk mendapatkannya setidaknya salah satu jenis beasiswa tersebut.

Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa di ITB?

Jika anda mencari cara untuk mendapatkan beasiswa ITB, maka ada dua cara.

Pertama, bagi calon mahasiswa ITB

Calon mahasiswa ITB yang ingin kuliah di ITB melalui jalur mahasiswa harus terhubung dengan Bidikmisi. Artinya, anda harus mencari tahu jenis beasiswa dari Dikti ini di laman resminya. Selain itu, sumber informasi juga bisa anda dapatkan di sekolah masing-masing. Setelah mendapatkan informasi, anda bisa meminta formulir pendaftaran sekaligus mempersiapkan segala persyaratan. Satu hal yang penting ketika anda ingin mendaftar beasiswa untuk kuliah di ITB, maka anda harus mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah baik.

Kedua, bagi mahasiswa ITB

Cara paling mudah bagi mahasiswa ITB yang sedang kuliah agar mendapatkan beasiswa di ITB adalah dengan rutin mengecek informasinya di bagian kemahasiswaan. Segala informasi terkait beasiswa dan pendanaan tersedia di sana. Anda juga dapat mengunjungi laman kemahasiswa di situs resmi ITB karena di laman tersebut anda akan mendapatkan formulir beasiswa yang tersedia. Hal penting bagi anda untuk dipersiapkan adalah prestasi akademik yang biasanya masuk dalam persyaratan melalui nilai IPK.

Baik kepada calon mahasiswa maupun mahasiswa on going yang ingin mendapatkan beasiswa di ITB, informasi terkait segala jenis beasiswa tidak bisa datang begitu saja. Anda harus aktif mencari informasi tentangnya. Melihatnya banyaknya jenis beasiswa ITB di atas, maka sebenarnya sangat mudah bagi anda untuk mendapatkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *