Cara mendapatkan beasiswa di kampus favorit terbilang susah-susah gampang. Hal ini karena beasiswa mempunyai aturan yang rumit dan seleksi yang ketat. Meski kamu tergolong orang pintar, belum tentu kamu akan mendapatkan beasiswa. Karena setiap beasiswa mempunyai penilaiannya tersendiri.

Banyak mahasiswa yang akan berusaha mengincar beasiswa agar dapat meringankan biaya kuliah. Selain itu, adanya beasiswa menjadi jalur untuk mendapatkan biaya hidup tanpa harus bekerja sambil kuliah. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba jalur beasiswa, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar lolos dengan mudah.

  • Cara Mendapatkan Beasiswa di Kampus dengan Melalukan Riset

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan riset. Informasi beasiswa bisa kamu dapatkan secara langsung dan mandiri. Karena jika menunggu informasi dari orang lain, belum tentu kamu bisa mendapatkannya, kecuali jika kamu mendapat rekomendasi dari dosen.

Carilah informasi sebanyak yang kamu bisa. Entah melalui website kampus, melalui mading, melalui senior, dan lain sebagainya. Adanya riset membantu kamu dalam memilih beasiswa terbaik di dalam atau di luar negeri. Usahakan untuk mencari beasiswa yang sesuai dengan minat dan cocok denganmu, ya.

  • Meminta Pendapat dari Guru atau Staf TU

Jika kamu tipe orang yang sulit dalam memilih beasiswa, maka kamu bisa meminta pendapat kepada guru terdekatmu. Biasanya guru mempunyai beberapa rekomendasi beasiswa yang sesuai dengan kepribadian dan potensimu. Atau kamu juga bisa meminta pendapat kepada guru BK.

Kamu juga bisa mencari informasi dengan mengunjungi staf TU. Biasanya, beasiswa yang masuk di sekolah akan terasa lebih pasti dan terpercaya. Meminta bantuan kepada pihak tersebut juga terasa lebih mudah saat kamu memenuhi berkas yang diminta.

  • Memilih Jenis Beasiswa yang Sesuai dan Diinginkan

Ada beberapa jenis beasiswa yang biasanya ditawarkan di setiap kampus. Mulai dari beasiswa penuh, beasiswa setengah, beasiswa bidikmisi, beasiswa dari lembaga, dan lainnya. Masing-masing beasiswa pun mempunyai keuntungan dan syarat berbeda. Jadi, kamu bisa mengumpulkan informasi terkait beasiswa yang ingin kamu pilih.

  • Memenangkan Lomba Universitas

Salah satu cara mendapatkan beasiswa kuliah 2021 adalah dengan cara memenangkan perlombaan di universitas yang kamu inginkan. Hal ini karena ada beberapa universitas di Indonesia yang menawarkan beasiswa karena berhasil memenangkan perlombaan. Beasiswa ini disebut dengan beasiswa jalur prestasi.

  • Memilih Beasiswa Bidikmisi

Bidikmisi menjadi salah satu jenis beasiswa yang selalu diincar oleh para mahasiswa. Hal ini karena beasiswa tersebut menyediakan kuliah dengan gratis. Kamu bisa mendapatkan beasiswa ini selama 4 tahun penuh. Keuntungan lainnya dari jalur bidikmisi adalah mendapatkan uang saku.

Tidak heran jika beasiswa ini terasa sangat menggiurkan. Namun, untuk mendapatkan beasiswa tersebut juga membutuhkan banyak usaha. Terlebih syarat beasiswa bidikmisi adalah mereka yang kurang mampu tapi mempunyai prestasi yang tinggi. Hal ini tentunya sebanding dengan hasil yang akan didapat nantinya.

  • Mengincar Kampus Ikatan Dinas

Salah satu cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis bisa dilakukan dengan mengincar kampus ikatan dinas. Hal ini karena program tersebut menawarkan biaya kuliah secara gratis. Sementara keuntungan lainnya yang bisa didapat adalah kontrak dengan dinas terkait jika sudah lulus nanti.

Jadi, program ini ditujukan bagi kamu yang ingin kuliah gratis dan langsung mendapatkan pekerjaan. Contoh kampus ikatan dinas, yakni IPDN, STSN, STIS, dan STAN. Cara agar bisa masuk, kamu membutuhkan usaha yang benar-benar keras karena seleksinya sangat ketat.

  • Memiliki Kemampuan dalam Bahasa Inggris

Memiliki kemampuan dalam bahasa Inggris menjadi salah satu cara mendapatkan beasiswa di kampus dengan mudah. Terlebih jika kamu mengincar untuk mendapat beasiswa di luar negeri. Setidaknya, kamu harus mendapatkan skor TOEFL sebanyak 500 untuk memenuhi persyaratan. Bahasa Inggris juga menjadi bahasa yang banyak digunakan oleh negara lain.

Bahkan, skor TOEFL menjadi minimal persyaratan bagi kebanyakan seleksi beasiswa. Jadi, tidak ada salahnya untuk melatih kemampuan bahasa Inggrismu untuk lolos seleksi. Kamu bisa belajar dengan mengerjakan soal, melatih membuat esai bahasa Inggris, dan sering berbicara agar terbiasa.

  • Mempersiapkan Semuanya

Cara mendapatkan beasiswa di kampus favorit bisa kamu lakukan dengan mempersiapkan semuanya. Mulai dari menyiapkan berkas yang diminta sampai menyiapkan pembekalan untuk lolos seleksi. Biasanya berkas yang diminta sangat banyak dan cukup rumit. Oleh karena itu, kamu harus melakukan pendaftaran sebelum mendekati deadline.

Pendaftaran yang dilakukan secara terburu-buru akan menyebabkan kurang matang atau tidak terpenuhi semua berkas. Pastikan semua dokumen yang dibutuhkan sudah kamu siapkan. Sementara untuk menyiapkan tes, kamu bisa meningkatkan keterampilan bahasa dan menulis. Beberapa seleksi mengharuskan kamu membuat esai atau surat motivasi.

Beberapa cara mendapatkan beasiswa di kampus di atas bisa membantu kamu untuk bisa lolos. Jika kamu merasa kesulitan, mintalah bantuan kepada orang yang memiliki pengalaman dalam mendapat beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *