Bagi sebagian besar mahasiswa, mendapatkan beasiswa di PTN merupakan hal yang mereka idamkan. Perguruan tinggi negeri selalu memberikan biaya lebih terjangkau. Ada banyak kesempatan untuk memperoleh beasiswa yang akan membuat pengalaman kuliah jadi lebih mudah karena bisa lulus tepat waktu tanpa terkendala biaya.

Semua orang pasti senang jika mendapatkan beasiswa, apalagi ketika kuliah juga tidak membutuhkan biaya sedikit. Keberadaan beasiswa sangat membantu sehingga kamu dapat fokus belajar tanpa memikirkan biaya besar.

Beasiswa adalah bantuan keuangan untuk para mahasiswa berprestasi supaya proses pendidikannya dapat berjalan lancar. Beasiswa juga dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, yayasan, atau perusahaan.

Jika kamu ingin kuliah pada perguruan tinggi negeri, ada beberapa cara memperoleh beasiswa sebagaimana berikut:

1. Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa tersebut merupakan upaya dari pemerintah untuk memberikan bantuan biaya pendidikan pada seluruh siswa lulusan SMA sederajat. Melalui seleksi ketat, kamu juga harus bersaing membuktikan bahwa kamu memiliki potensi akademik lebih baik serta layak memperoleh beasiswa karena memiliki keterbatasan ekonomi.

Cara mendapatkan beasiswa di perguruan tinggi negeri melalui program Bidikmisi berarti kamu harus dinyatakan diterima pada perguruan tinggi tersebut. Beasiswa dapat diterima bagi mahasiswa S1 atau program Diploma 4.

Untuk mahasiswa S1 berhak memperoleh bantuan biaya pendidikan selama 8 semester. Sedangkan untuk mahasiswa program Diploma 3 akan memperoleh bantuan kuliah sebanyak 6 semester.

Pemerintah memberikan beasiswa Bidikmisi dengan cara menanggung seluruh biaya perkuliahan, sehingga kamu dapat merasakan 100% kuliah gratis.

Bahkan kamu juga berhak memperoleh uang saku sebanyak Rp 600.000 sekali setiap 6 bulan.

Tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi di antaranya yaitu merupakan siswa SMA sederajat yang mempunyai NPSN valid.

Tidak hanya itu, kamu juga harus memenuhi syarat usia yaitu maksimal 21 tahun dan mempunyai Kartu Indonesia Pintar/KIP dengan pendapatan orang tua yang minim sebagai bukti bahwa kamu tinggal dengan orang tua yang kurang mampu.

2. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik

Beasiswa ini dikenal dengan sebutan beasiswa PPA, program beasiswa bagi para mahasiswa berprestasi yang sudah kuliah minimal semester 2 untuk dapat mengajukan beasiswa tersebut.

Juga, bantuan pendidikan tersebut merupakan salah satu program pemerintah yaitu dari kemenristekdikti hanya untuk mahasiswa di D3/D4/S1.

Karena ini merupakan beasiswa prestasi akademik, maka kamu harus menunjukkan prestasi IPK semester 1 atau semester sebelumnya. Artinya, harus berusaha untuk meningkatkan IPK atau tidak boleh kurang dari 3.00. Supaya kamu dapat memperoleh beasiswa ini, terus tingkatkan nilai IPK.

Cara mendapatkan beasiswa di PTN melalui beasiswa program peningkatan akademik yaitu dengan memenuhi persyaratan khusus seperti fotokopi transkrip nilai IPK serta surat keterangan penghasilan wali yang sah.

3. Beasiswa Atlet

Selanjutnya, cara untuk mendapatkan beasiswa di PTN yaitu dengan memanfaatkan peluang beasiswa atlet. Berbeda dengan dua jenis beasiswa sebelumnya yang mengandalkan kemampuan akademik, beasiswa atlet hanya untuk para mahasiswa yang berprestasi pada bidang olahraga atau kuliah dengan mengambil jurusan keolahragaan.

Sehingga, untuk mengajukan beasiswa ini kamu tidak perlu menggunakan IPK. Akan tetapi prestasi olahraga akan dinilai dari berapa jumlah medali dan jenisnya yang berhasil kamu peroleh. Perlu kamu ketahui bahwa beasiswa atlet sangat terbatas karena hanya beberapa beasiswa yang tersedia pada setiap kampus.

Keuntungan bagi mahasiswa yang memperoleh beasiswa atlet yaitu biaya kuliah akan pemerintah tanggung, sehingga kamu akan fokus menjadi mahasiswa berprestasi pada bidang olahraga.

Itulah beberapa cara mendapatkan beasiswa di PTN dengan menggunakan bantuan dari pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *