Ada banyak cara mendapatkan beasiswa di UM, Universitas Negeri Malang. Lembaga pendidikan ini menawarkan beberapa program beasiswa bagi para mahasiswa dengan kendala finansial.

Jika dapat memenuhi syarat menunjukkan bahwa kamu mempunyai prestasi atau  merupakan dari keluarga kurang mampu, maka kamu berhak memperoleh salah satu beasiswa berikut jika mengajukannya.

Beasiswa Bidikmisi UM

Program Bidikmisi tersedia dengan target membantu mahasiswa kurang mampu. Beasiswa tersebut merupakan program pemerintah untuk pemerataan pendidikan.

Cara mendapatkan beasiswa di UM ini adalah dengan memenuhi syarat usia 21 tahun maksimal, memiliki keterbatasan ekonomi, dengan penghasilan kedua orangtua 3 Juta Rupiah per bulan, sedangkan pendidikan orang tua maksimal D4/S1. Kamu juga harus mengurus surat rekomendasi kepala sekolah.

Beasiswa dapat kamu terima jika lulus tes mahasiswa baru UM. Besaran beasiswa diberikan mencapai Rp.600.000 bantuan biaya hidup serta Rp.400.000 biaya pendidikan per bulan.

Program beasiswa UM ini sudah berjalan sejak tahun 2010  dan  kamu juga berpeluang memperoleh beasiswa tersebut hingga 8 semester pada S1 atau 6 semester pada D3.

Beasiswa PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) adalah opsi bantuan kuliah berikutnya. Kemenristekdikti menawarkan program bantuan beasiswa PPA serta bantuan biaya pendidikan PPA bagi mahasiswa aktif Universitas Negeri Malang. Kamu dapat mengajukan program beasiswa tersebut ketika sudah pada semester 2 program studi S1 atau D3.

Beasiswa tersebut dapat kamu peroleh pada semester 1 jika telah memiliki prestasi saat di bangku SMA dari kelas 10 sampai kelas 12 melalui rekomendasi kepala sekolah. Syarat-syarat penuhi sebagai cara mendapatkan beasiswa di UM, antara lain:

  • Fotokopi kartu mahasiswa serta kartu rencana studi
  • Fotokopi piagam sebagai bukti prestasi
  • Surat pernyataan sedang tidak menerima bantuan atau beasiswa dari sumber APBD atau APBN
  • Rekomendasi pimpinan fakultas atau jurusan
  • Fotokopi kartu keluarga

Jika ingin mengurus beasiswa PPA, indeks prestasi kumulatif minimal 3.00 sementara pada biaya bantuan pendidikan TPA harus memiliki nilai IPK minimal 2.75 lengkap dengan surat penghasilan orang tua serta surat keterangan tidak mampu. Setiap bulan kamu akan memperoleh beasiswa sebesar Rp.350.000.

Beasiswa Supersemar di UM

Program beasiswa dari Yayasan Supersemar bagi para mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi namun tergolong aktif dalam organisasi kemahasiswaan.

Jika ingin mendapatkan bantuan beasiswa tersebut, maka kamu harus memenuhi persyaratan seperti melengkapi formulir pendaftaran, memiliki IPK paling rendah 2,50 dan merupakan mahasiswa pada semester 3 hingga semester 10.

Hal yang harus kamu persiapkan yaitu fotokopi kartu mahasiswa, surat keterangan kuliah atau dari surat penghasilan orang tua, fotokopi kartu keluarga, surat keterangan tidak sedang menggunakan beasiswa dari sumber lain dan fotokopi buku rekening pribadi.

Kamu bisa langsung menghubungi bagian kemahasiswaan untuk bertanya syarat-syarat lain serta Bagaimana cara mengurus beasiswa tersebut. Bagi mahasiswa yang berhasil memperoleh bantuan ini, maka berhak memperoleh sebesar Rp 200.000 untuk kebutuhan kuliah setiap bulan.

Beasiswa Toyota Astra

Cara mendapatkan beasiswa di UGM selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan penawaran dari beasiswa Toyota Astra. Yayasan tersebut memberikan bantuan pendidikan bagi para mahasiswa Unggul dalam prestasi namun memiliki masalah ekonomi.

Jika kamu dapat memenuhi syarat utama tersebut dan merupakan mahasiswa reguler yang mengambil program studi S1 serta Politeknik, maka kamu dapat mencoba mengambil kesempatan ini.

Tujuan yayasan tersebut memberikan beasiswa adalah supaya Mahasiswa dapat menuntaskan perkuliahan tepat waktu tanpa ada masalah karena biaya. Jika ingin mengambil beasiswa tersebut, kamu harus menjadi mahasiswa UM pada jurusan teknik, kehutanan, perikanan, atau MIPA.

Syarat lainnya yaitu beasiswa Toyota Astra hanya untuk mahasiswa semester 5 atau 7 pada universitas, serta semester 3 atau semester 5 pada Politeknik. Syarat IPK untuk Universitas yaitu 2.8 minimal sedangkan syarat IPK untuk Politeknik yaitu 2.6 minimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *