Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi setelah tertunda sekian lama, kamu dapat memanfaatkan informasi tentang cara mendapatkan beasiswa di Universitas Terbuka.

Keberadaan Universitas Terbuka merupakan universitas negeri dengan tujuan agar pendidikan tinggi pada seluruh wilayah Indonesia bisa merata. Namun, terdapat tantangan tersendiri bahwa beberapa wilayah Indonesia masuk dalam garis kemiskinan.

Banyak masyarakat yang cerdas namun karena terganjal ekonomi akhirnya tidak dapat memenuhi keinginan mereka agar dapat kuliah ke perguruan tinggi.

Itulah mengapa, informasi tentang cara mendapatkan beasiswa di Universitas Terbuka akan sangat membantu. Terutama, pada masyarakat yang memiliki keterbatasan ekonomi. Berikut adalah siswa yang dapat kamu temukan pada universitas Terbuka.

Beasiswa KIP-Kuliah

Program beasiswa ini merupakan program Bidikmisi yang beralih nama menjadi KIP-Kuliah. Salah satu contoh Universitas Terbuka yang memperoleh kuota jenis beasiswa ini yaitu Universitas Terbuka Gorontalo.

Banyak Universitas Terbuka yang bekerja sama melibatkan pemerintah daerah supaya beasiswa tepat sasaran. Tidak heran jika seleksi beasiswa ini sangat ketat supaya beasiswa benar-benar diterima oleh para mahasiswa yang membutuhkan.

Beasiswa Corporate Social Responsibility

Disingkat dengan sebutan CSR, program beasiswa tersebut mirip seperti Bidikmisi namun merupakan hasil kontribusi perusahaan swasta atau Badan Usaha Milik Negara disingkat BUMN.

Ciri khas beasiswa CSR yaitu merupakan dari tembaga yang sedang mencari mahasiswa unggul dan melibatkan kegiatan yang menguntungkan kedua pihak.

Contohnya yaitu seperti program beasiswa dari bank tertentu. Pihak bank yang menjadi sponsor beasiswa CSR akan memberikan persyaratan supaya penerima beasiswa harus mengikuti magang atau pelatihan pada cabang bank mereka.

Sedangkan penerima beasiswa pada umumnya pasti akan menikmati pembebasan biaya sesuai dengan Ketentuan dan kebijakan yang telah ditawarkan oleh bank tersebut.

Beasiswa Prestasi Peningkatan Akademik-PPA

Cara mendapatkan beasiswa di universitas terbuka terutama untuk beasiswa prestasi akademik yaitu dengan menjadi pelajar berprestasi. Artinya, kamu harus memenuhi nilai akademik sesuai dengan standar yang telah ada.

Supaya, kamu dapat menerima beasiswa tersebut dengan pembebasan biaya sesuai kebijakan masing-masing universitas terbuka. Ada juga beasiswa prestasi akademik yang mengharuskan penerima beasiswa tersebut mampu mempertahankan IPK selama kuliah.

Beasiswa BBM di Universitas Terbuka

Program beasiswa ini mirip dengan beasiswa prestasi akademik. Hanya saja, penerima beasiswa adalah hanya untuk para mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Agar dapat memperoleh beasiswa ini, wajib menyertakan bukti benar-benar tidak mampu dari Kelurahan.

Tips Mendapatkan Beasiswa di UT

Tentu saja masih banyak jenis beasiswa di Universitas Terbuka termasuk seperti beasiswa untuk mahasiswa disabilitas, bantuan pendidikan dari pemerintah daerah, beasiswa sesuai prestasi kegiatan kemahasiswaan, dan masih banyak lagi.

Syarat utama tentang bagaimana cara mendapatkan beasiswa di Universitas Terbuka selalu membuktikan bahwa kamu memiliki prestasi baik pada bidang akademik atau non akademik.

Jadi, jika kamu ingin kuliah di Universitas Terbuka dan ingin mendapatkan beasiswa dari berbagai peluang yang tersedia, maka kamu harus bersemangat lagi. Sehingga, kamu dapat menghasilkan lebih banyak prestasi.

Selalu ikuti informasi terbaru tentang apa saja cara mendapatkan beasiswa di universitas terbuka. Termasuk kapan penutupan program beasiswa yang sedang tersedia. Pendaftaran beasiswa pada Universitas Terbuka dapat kamu lakukan secara online.

Pastikan untuk mempelajari apa saja ketentuan dan syarat pada masing-masing jenis beasiswa yang kamu pilih.

Hal ini penting supaya kamu dapat berkomitmen untuk mematuhi regulasi sebagai penerima beasiswa nanti dan sehingga tidak akan menjadi beban selama kuliah atau selama menerima beasiswa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *