Memilih melanjutkan studi di ITB menjadi impian banyak orang. Tidak bisa dipungkiri bahwa nama besar ITB sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik dalam negeri menarik minat banyak orang dan menjadikannya sebagai salah satu yang paling favorit. Namun, banyak calon mahasiswa yang kemudian pupus impiannya karena terkendala faktor ekonomi. Padahal, dalam banyak upaya, mendapatkan beasiswa kuliah menjadi cara paling masuk akal untuk sampai ke sana. Ini yang sudah dirasakan banyak orang dengan latar belakang ekonomi pas-pasan tetapi mampu menyelesaikan kuliah di ITB. Dan mereka mengetahui cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB  tepat ketika mereka memutuskan untuk menempuh kuliah di kampus tersebut.

Anda pun bisa mendapatkan hal serupa. Pertanyaannya, seberapa besar niat anda untuk kuliah di ITB? Jika niat anda besar, menemukan beasiswa kuliah bisa menjadi langkah selanjutnya.

Jenis Beasiswa di Institut Teknologi Bandung (ITB)

Sebagai sebuah kampus dengan rating tinggi, ITB mendapat banyak perhatian dari pemerintah. Salah satu bentuk perhatian pemerintah tentu saja berupa program beasiswanya. Selain itu, pembiayaan beasiswa, ITB juga mendapat sokongan dari pihak swasta. Berikut adalah beragam jenis beasiswa baik dari pemerintah maupun non pemerintah yang bisa anda daftar.

1. Beasiswa KIP Kuliah

Hampir semua kampus memiliki jenis beasiswa ini yang hanya berlaku bagi calon mahasiswa . Untuk calon mahasiswa, untuk mendapatkan beasiswa KIP Kuliah perlu rekomendasi dari pihak sekolah asal. Jenis beasiswa ini membantu calon mahasiswa dengan membebaskan BPPM (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Mahasiswa) sebesar 100%. Untuk lebih jelas mengenai beasiswa KIP, anda bisa mencaritahu banyak informasinya.

ITB memiliki jenis beasiswa ini untuk membantu calon mahasiswa dengan permasalahan finansial ekonomi. 

2. Beasiswa ITB Untuk Semua

Beasiswa jenis ini hanya khusus untuk calon mahasiswa baru ITB. Calon mahasiswa dengan penghasilan kedua orang tua di bawah 5 juta rupiah bisa mengajukan beasiswa ini. Beasiswa ini juga mengprasyaratkan prestasi siswa di sekolah bagi calon mahasiswa kurang mampu. Jadi, ketika anda memiliki nilai yang bagus di sekolah dan ingin melanjutkan kuliah di ITB, anda bisa mengajukan beasiswa ini untuk membantu finansial anda selama kuliah.

3. Beasiswa CIMB ASEAN

Beasiswa CIMB ASEAN menjadi program beasiswa bagi calon mahasoiswa S1 yangmau melanjutkan kuliah baik dalam negeri maupun luar negeri. Mendaftar beasiswa ini untuk kuliah di ITB bisa menjadi pilihan yang bagus. Menariknya, beasiswa CIMB ASEAN mengakomodasi biaya kuliah secara keseluruhan termasuk biaya pendaftaran, tunjangan biaya hidup, akomodasi. Anda bisa mengecek langsung ada website resmi untuk melihat syarat ketentuan yang berlaku.

4. Beasiswa Djarum Plus.

Beasiswa ini lebih kepada mahasiswa semester 4 dengan nilai IPK minimal 3.00 serta aktif dalam berorganisasi. Bentuk sokongan dari jenis beasiswa ini berupa biaya hidup selama perkuliahan dan bentuk pelatihan organisasi. Anda bisa membuka laman resminya untuk mengetahui cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB dari jenis beasiswa ini.

5. Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa ini berasal dari Dikti kepada calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan kuliah di ITB berupa pembebasan uang kuliah serta biaya semester. Bantuan ini berlaku selama 4 tahun atau 8 semester kuliah.

5 jenis beasiswa di atas hanya mewakili dari banyak jenis beasiswa yang berhubungan dengan ITB. Yang perlu anda cermati adalah dua tipe peruntukan beasiswa yakni beasiswa untukcalon mahasiswa dan beasiswa untuk mahasiswa yang sedang kuliah di ITB.

Cara Mendapatkan Beasiswa kuliah di ITB

Seperti telah anda ketahui sebelumnya bahwa terdapat dua kategori beasiswa, yang pertama untuk calon mahasiswa dan yang kedua untuk mahasiswa, maka cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB bandung pun berbeda sesuai kategori.

Persyaratan umum:

Kepada Calon Mahasiswa

Cara mendapatkan beasiswa untuk kuliah di ITB harus melihat syarat dan ketentuan dari pemangku utama pemberi beasiswa. Untuk calon mahasiswa, persyaratan umum biasanya meliputi nilai rapor, nilai kelulusan dan angka pendapatan keluarga. Pada jenis beasiswa prestasi, penekanan terhadap prestasi di sekolah sangat menentukan. Pihak sekolah akan memberikan rekomendasi sebagai pendukung terhadap nilai-nilai siswa calon mahasiswa.

Berikut cara-cara untuk mendaftar beasiswa calon mahasiwa baik beasiswa prestasi maupun beasiswa unggulan:

  • Kunjungi situs resmi pemberi beasiswa. Biasanya pada laman resmi akan berisi informasi terkait tahun terselenggaranya beasiswa, peruntukan beasiswa dan ketentuan mengenai nilai akademik dan prestasi.
  • Isi formulir pendaftaran pada halaman yang tersedia. Bagi calon mahasiswa baru, silahkan isi formulir yang telah tersedia pada laman resmi penyelenggara beasiswa. Baca ketentuan lalu isi sesuai persyaratan. Beberapa dokumen mungkin akan dibutuhkan untuk anda unggah pula secara online.
  • Gunakan alamat dan kontak yang valid. Ini sangat penting untuk mendapatkan pemberitahuan terkait lamaran beasiswa yang anda ajukan. Biasanya anda akan mengisi alamat domisili, sekolah, dan alamat email pribadi.

Anda harus mengisi dengan teliti sehingga tidak kehilangan informasi apa pun. Dan sebelum melakukan pengisian formulir, ceklah terlebih dahulu mengenai kevalidan program beasiswa yangberlaku. Anda bisa mencari informasi pendukung di website-website yang tersedia.

Kepada Mahasiswa

Beasiswa kemahasiswaan merupakan bantuan dan pembiayaan baik biaya kuliah, semester maupun biaya hidup. Kalau anda adalah mahasiswa ITB, anda harus tahu mengenai beasiswa apa saja yang ada di kampus anda. Cara mendapatkan beasiswa kuliah di ITB adalah dengan mengunjungi pusat informasi mahasiswa di kampus dan pada website resmi kampus. Untuk mendapatkan beasiswa, sebagai mahasiswa anda biasanya harus memenuhi persyaratan berupa standar IPK tertentu, keikutsertaan dalam berorganisasi dan prestasi sebagai mahasiswa.

Demikian yang bisa anda dapatkan tentang informasi beasiswa kuliah di ITB. Setelah mengetahui informasi ini, silahkan anda mencari tahu jenis beasiswa apa saja yangbisa anda dapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *