Mencari cara untuk mendapatkan beasiswa S1 di Indonesia adalah hal penting yang perlu kamu lakukan ketika ingin masuk ke universitas negeri favorit kamu hingga wisuda. Beasiswa S1 menjadi tujuan utama jika terkendala biaya. Jangan berkecil hati, karena ada banyak program beasiswa S1 yang dapat kamu manfaatkan untuk mewujudkan mimpi.

Bagaimana cara mendapatkan beasiswa S1 di Indonesia dapat kamu pelajari dari beberapa tips berikut.

Rajin Cari Informasi Cara Mendapatkan Beasiswa S1

Ini adalah hal utama yang wajib kamu lakukan. Dengan rajin cari informasi tentang dimana mendapatkan beasiswa S1, maka kamu dapat mempelajari apa saja syarat program yang tersedia. Dengan begitu, kamu punya persiapan lebih matang jauh sebelum program tersebut ditutup.

Kamu juga wajib mempelajari seperti apa jenis beasiswa yang ada. Apakah program tersebut adalah beasiswa full atau beasiswa parsial.

Kedua jenis beasiswa tentu berbeda. Beasiswa penuh S1 di Indonesia berarti kamu akan menggunakan program tersebut agar bisa kuliah gratis. Bahkan, kamu juga bisa memperoleh biaya akomodasi, biaya hidup, sarana, juga prasarana belajar.

Biasanya, untuk mendapatkan beasiswa S1 di Indonesia dengan sistem full adalah dari Pemerintah. Contohnya yaitu Bidikmisi, atau Beasiswa Unggulan. Sedangkan beasiswa parsial seringkali disediakan oleh yayasan, instansi swasta, juga dari pihak kampus. Beberapa kampus juga menyediakan beasiswa PPA atau Peningkatan Prestasi Akademik, BBM atau Bantuan Belajar Mahasiswa, dan terakhir yaitu PPE atau Peningkatan Prestasi Ekstrakulikuler.

Contoh program beasiswa dari yayasan atau lembaga yaitu beasiswa BCA, Pertamina Sobat Bumi, PT Djarum, Yayasan Supersemar, dan lainnya.

Ada juga beasiswa pemerintah yang justru menawarkan beasiswa parsial yaitu seperti Beasiswa Bank Indonesia. Universitas unggul juga seringkali memiliki program beasiswa S1 dari para ikatan alumni. Contohnya, Unhas punya program beasiswa Ikatan Alumni Unhas atau IKA-Unhas.

Dengan rajin cari informasi, maka kamu dapat memanfaatkan banyak beasiswa yang tersedia.

Tingkatkan Nilai Rata-Rata

Kebanyakan program beasiswa mengharuskan agar seluruh kandidat penerima beasiswa mempunyai rata-rata nilai raport 8. Tidak sedikit juga program beasiswa meminta para kandidatnya untuk memiliki prestasi pada kancah nasional atau internasional. Contohnya yaitu Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud.

Tingkatkan Kemampuan Menulis

Selanjutnya, untuk mendapatkan beasiswa S1 di Indonesia yaitu dengan meningkatkan kemampuan menulis. Sangat penting mencari tahu bagaimana menulis CV, sebagai berkas untuk mengajukan bantuan beasiswa.

Ada program beasiswa seperti Beasiswa Unggulan yang memberikan syarat esai bagi para kandidat. Jadi, kamu harus berlatih dalam menulis.

Syarat Umum Beasiswa S1 di Indonesia

Berikut adalah beberapa syarat umum beasiswa yang sering ditawarkan dari sponsor, atau instansi perguruan tinggi:

  • Kamu tidak sedang menerima beasiswa dari institusi atau lembaga lain
  • Kamu wajib berkomitmen tinggi menuntaskan perkuliahan sampai selesai
  • Berstatus pelajar SMA/SMK atau sederajat serta memiliki prestasi akademik unggul. Syarat nilai akademik tergantung setiap program beasiswa, namun rata-rata adalah 8.
  • Berasal dari keluarga kurang mampu
  • Memiliki akhlak, perilaku baik, dan sopan santun

Siapkan Dokumen Beasiswa S1

Umumnya, para pelajar harus menyiapkan berkas dokumen sebagai berikut:

  • Surat pernyataan asli dari sekolah, bahwa kamu tidak sedang menerima beasiswa dari institusi atau lembaga
  • CV
  • Foto berwarna sebanyak dua lembar, ukuran 3 x 4
  • Fotokopi KK
  • Transkrip nilai, semester 1 sampai akhir
  • Surat keterangan keluarga kurang mampu dari kelurahan atau pejabat setempat

Itulah informasi lengkap tentang bagaimana cara mendapatkan beasiswa S1 di Indonesia. Setelah semua persiapan, maka kamu harus tetap tenang, dan persiapkan mental sebaik mungkin. Tidak perlu stress atau putus asa, karena kamu pasti punya peluang pada kesempatan lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *