Mungkin kamu ingin kuliah di perguruan tinggi negeri idaman, dan ingin mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Ketika mengikuti seleksi, kamu wajib memperoleh nilai “Passing Grade” sesuai ketetapan universitas pilihan. Dengan mempelajari cara menghitung passing grade SNMPTN, maka segalanya jadi lebih mudah.

Passing grade tidak hanya untuk SBMPTN, tapi juga untuk SNMPTN. Pada tes masuk tersebut, adalah berdasarkan rapor. Jadi, passing grade juga harus sesuai nilai rapor.

Passing grade merupakan presentase nilai, sebagai standar atau acuan meluluskan orang agar masuk jurusan pada kampus tertentu. Passing grade juga merupakan batas nilai minimal yang wajib kamu penuhi ketika ingin pilih jurusan pada PTN tertentu.

Setiap kampus pasti selalu merubah angka persentase pada passing grade. Sehngga, tidak mungkin membuat perbandingan passing grade antar kampus. Perubahan tersebut mengiktui peminat jurusan kuliah. Tidak semua kampus juga menunjukkan nilai passing grade.

Hitung Passing Grade SBMPTN

Walau nilai passing grade pada tiap kampus selalu berbeda dan berubah, kamu masih bisa melakukan cara menghitung passing grade SBMPTN sebagaimana berikut:

Passing Grade = (Bx4-sx1)x100%:JSx4

B: Jumlah jawaban benar

S: Jumlah jawaban salah

JS: Jumlah soal

Misalnya, terdapat 120 bulir soal SBMPTN. Terdapat 25 soal benar, tidak diisi 20 juga salah 15 soal.

Pelajaran IPA, kamu bisa jawab 40 soal, tidak diisi 10 dan salah 10.

Maka, nilai passing gradenya adalah:

B= 25+40=65, S=15+10=25

Tidak diisi = tidak ada nilai

(65×4-25×1)x100%:120×4

(260-25)x100%:480

23.500%:480

Maka, total Passing Grade SBMPTN adalah 48.955%

Artinya, jika kamu pilih jurusan X di PTN A dengan passing grade kurang dari 48%, maka peluang bisa lulus SBMPTN pasti besar. Sebaliknya, jika jurusan Y di PTN dengan passing grade kurang dari 48.9%, maka peluang lulus SNMPTN jadi lebih rendah.

Hitung Passing Grade SNMPTN

Sedangkan menghitung passing grade SNMPTN akan lebih mudah. Kamu tinggal pakai rapor, membandingkan berapa nilai rapor kamu dan alumni yang sudah lulus SNMPTN pada PTN yang sama seperti impian kamu.

Contohnya kamu ingin ikut SNMPTN jurusan Bahasa Inggris di UGM. Kamu bisa meminta bantuan guru BK atau wali kelas, mencari informasi berapa nilai alumni yang mengambil jurusan tersebut di UGM. Lalu, bandingkan nilainya. Dari situlah, kamu bisa tahu apakah nilai kamu lebih rendah, atau lebih tinggi.

Akan tetapi, ada beberapa poin penting yang wajib kamu perhatikan. Seleksi SNMPTN membutuhkan proses lebih panjang, termasuk pembuatan akun LTMPT, sampai proses finalisasi serta cetak kartu peserta.

Anda juga wajib melihat seperti apa petunjuk dan tahapan pendaftaran SNMPTN, batas akhir, dan jangan sampai ada hal yang terlewat. Kamu juga harus melihat bagaimana persyaratan pada portofolio sesuai jurusan yang kamu pilih.

Ketelitian dan kecermatan mempelajari persyaratan, serta mempelajari apa saja kriteria atau sistem penilaian SNMPTN membantu anda meningkatkan peluang lulus SNMPTN.

Dengan mengetahui seperti apa cara menghitung passing grade SNMPTN, maka sangat membantu untuk daftar di PTN terfavorit. SNMPTN adalah salah satu tes masuk jalur undangan. Banyak sekali pelajar yang ingin kuliah di PTN favorit dan berlomba lulus SNMPTN. Dengan tahu passing grade, kamu bisa memprediksi peluang.

Gunakan perhitungan passing grade agar bisa ikut tes masuk PTN sesuai keinginan kamu. Cari mana PTN sesuai passing grade yang kamu inginkan, sehingga tahu potensi lulus dan diterima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *