Saat ini, begitu banyak beasiswa kuliah tersedia untuk Warga Negara Indonesia agar dapat kuliah di luar negeri, salah satu program yang selalu ada setiap tahun adalah beasiswa kuliah di China. Berbagai variasi beasiswa tersedia, mulai program studi S1, S2, sampai S3.

Selain dari pemerintah pusat dan institusi, ada banyak pemerintah daerah serta universitas di China yang telah menyediakan beasiswa parsial atau full.

Jika ingin mendapatkan beasiswa, maka mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan Bahasa Mandarin. Hal ini karena beasiswa tersebut tersedia dalam Bahasa Mandarin, termasuk ketika kamu mengisi pendaftaran online, isi blangko dokumen, mengirim data, sampai lainnya.

Walaupun ada juga beasiswa yang tersedia bagi mahasiswa yang mampu menggunakan Bahasa Inggris, tapi ketersediaannya sedikit. Jumlahnya sangat jauh berbeda dengan beasiswa yang tersedia dalam Bahasa Mandarin. Itulah mengapa, jika kamu tertarik mendapatkan beasiswa agar dapat melanjutkan kuliah di China, kamu harus menguasai bahasa tersebut.

Untuk Beasiswa kuliah di China, beberapa universitas menawarkan program master serta doctoral menggunakan Bahasa Mandarin sebagai pengantar dan Bahasa Inggris. Jika memiliih bahasa pengantar Mandarin, maka universitas penyedia akan memberikan program kursus selama 1 hingga 2 tahun untuk Bahasa Mandarin sebelum kuliah.

Tapi, jika kamu sudah memiliki nilai HSK yang memenuhi syarat, maka kursus tersebut tidak diperlukan. Setiap tahun, mahasiswa Indonesia yang kuliah di China dari tahun 2014 terus meningkat. China juga menawarkan empat kategori beasiswa, yaitu dari pemerintah pusat, universitas, serta pemerintah daerah.

Daftar Pilihan Beasiswa Kuliah di China

Berikut adalah beberapa contoh pilihan beasiswa dari pemerintah daerah China:

  • Ningbo Government Scholarship
  • Yiwu Government Scholarship
  • Jiangsu Jasmine Scholarship
  • Shandong Government Scholarship
  • Beijing Government Scholarship

Beasiswa Kuliah Dari Pemerintah Pusat China

Selain berbagai contoh beasiswa dari pemerintah daerah China, kamu juga bisa mendaftar beasiswa yang bersifat full atau beasiswa penuh dari Pemerintah pusat China. Program tersebut tersedia untuk program studi S1, S2, dan S3.

Bentuk beasiswa full tersebut adalah tuition fee, asuransi kesehatan, biaya buku, asrama, serta uang saku hingga 1400 sampai 2000 yuan setiap bulan. Jika ingin mendaftar beasiswa ini, maka kamu harus memiliki passport. Sebab, sudah menjadi syarat pendaftaran beasiswa untuk mengisi kolom nomor passport.

Cara Mendaftar

Untuk mendapatkan beasiswa, kamu bisa menggunakan dua cara. Pertama, dengan menghubungi kedutaan besar China, tepatnya di Jakarta. Atau, kamu juga bisa langsung mendaftar pada universitas yang menyediakan beasiswa.

Mendaftar langsung ke Universitas tentu membutuhkan biaya mahal. Kamu juga harus mengirimkan berbagai dokumen langsung ke China. Namun, peluang untuk mendapatkan beasiswa juga sangat besar.

Kamu juga harus memperhatikan syarat tambahan dari pihak universitas. Karena, masing-masing universitas pasti punya kebijakan sendiri untuk syarat tambahan. Perhatikan juga kapan deadline atau batas akhir mengumpulkan formulir pendaftaran beasiswa tersebut. Dengan cara ini, maka kamu jgua harus tahu tentang berapa nomor dari agency universitas yang kamu pilih.

Pilihan kedua adalah dengan langsung menghubungi kedutaan China di Indonesia. Ada peluang besar diterima kuliah di China jika kamu langsung daftar Chinese Government Scholarship langsung ke kedutaan China yang berada di Indonesia.

Cara kedua lebih mudah serta lebih menghemat biaya. Hal ini karena kamu bisa langsung memenuhi berbagai syarat yang ada pada web CSC tanpa memenuhi syarat tambahan.

Cara ini juga lebih hemat karena kamu tidak perlu mengirimkan berbagai dokumen persyaratan beasiswa ke universitas China. Tapi, kamu dapat mengumpulkan dokumen persyaratan tersebut ke kedutaan China yang sudah ada di Indonesia.

Sekarang, kamu sudah tahu bagaimana caranya agar mendapatkan beasiswa kuliah di China secara full. Jika kamu ingin mencari informasi beasiswa universitas tertentu, ada baiknya langsung membuka website official. Sehingga, informasi yang kamu peroleh benar-benar valid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *