Cara mendapatkan beasiswa kuliah di Korea dibagi dalam empat kategori. Kamu bisa memperoleh beasiswa kuliah dari pemerintah, perusahaan, yayasan, institusi Korea, atau universitas di Korea. Banyak mahasiswa yang memilih Korea Selatan karena keunggulannya pada bidang teknologi, IT, serta hiburan.

Fakta menarik lainnya, ibukota Korsel yang masuk dalam 10 kota pelajar terbaik di dunia. Kuliah di Korea Selatan juga menawarkan biaya hidup lebih murah dibandingkan dengan universitas di Eropa, seperti Kanada, Amerika, dan lainnya. Berikut adalah jenis beasiswa yang tersedia di Korea.

Beasiswa Kuliah di Korsel Dari Indonesia

Pemerintah Indonesia membiayai program beasiswa ini dengan memanfaatkan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional, atau DPPN. LPDP mengelola DPPN sebagai biaya studi lanjut bagi mahasiswa yang ingin belajar program Magister serta Doktoral di dalam atau luar negeri.

BPI-LPDP menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Korea Selatan, diantaranya adalah:

  • Seoul National University
  • Korea University
  • Kyung Hee University
  • Sungkyunkwan University, dan lainnya

Kamu bisa mengunjungi laman resmi LPDP untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap.

Opsi lainnya adalah memanfaatkan beasiswa untuk pendidikan Pascasarjana ke luar negeri. Beasiswa tersebut diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi atau DIKTI. Program tersebut tersedia bagi dosen dan tenaga pendidik yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3 ke universitas luar negeri.

Salah satu mitra BPP-LN DIKTI adalah Korea Selatan. Ada beberapa nama universitas di Korea yang bergabung, yaitu Youngsan University dan Pukyong National University.

Kamu bisa langsung membuka laman official DIKTI pada bagian beasiswa.

Dari pemerintah Indonesia juga menyediakan beasiswa kuliah di Korea untuk mahasiswa S2. Program ini diberikan oleh Kementerian Kominfo dengan tujuan agar kualitas SDM untuk PNS dan karyawan swasta dapat meningkat dengan pendidikan formal luar negeri. Sehingga, pembangunan masyarakat jadi lebih maju. Indonesia juga jadi punya tenaga kerja yang kompetitif secara global.

Beasiswa Kuliah dari Institusi Korea

KGSP adalah program beasiswa dari pemerintah Korea. Banyak sekali yang berminat mengikuti beasiswa ini, karena merupakan beasiswa penuh untuk pelajar Internasional, termasuk Indonesia. Informasi tentang beasiswa tersebut juga tersedia dalam Bahasa Indonesia dengan mengunjungi laman official KGSP.

Program beasiswa selanjutnya menawarkan biaya kuliah dan biaya hidup. Kamu bisa mengikuti program tersebut untuk melanjutkan studi program Master serta Doktoral pada berbagai lembaga pendidikan tinggi di korea.

Art Major Asian atau AMA adalah beasiswa yang sesuai untuk mahasiswa dengan bakat seni dan ingin menyelami bidang tersebut. Korea National Unviersity of Arts atau K’ARTS menjadi tempat belajar untuk kamu nantinya. Bahkan, beasiswa tersebut adalah bantuan penuh untuk pelajar yang ingin S1 dan S2.

Suka jurusan pembangunan? Salah satu beasiswa yang tepat adalah program dari The Korea International Cooperation Agency, atau KOICA.

Agensi ini memberikan kesempatan seluruh pelajar dari berbagai negara berkembang, salah satunya adalah Indonesia agar dapat studi S2 di Korea dan mengambil jurusan Pembangunan.

Beasiswa dari Universitas Korea

Selain beberapa jenis program beasiswa di atas, kamu dapat mengikuti informasi program beasiswa dari beberapa universitas berikut:

  • Research Assistant Scholarship – Program beasiswa di seluruh universitas Korea memberikan 30-100% gratis tuition fee.
  • Yeungnam University – Mahasiswa internasional yang menerima beasiswa PSPS (Park Chung Hee School of Policy and Saemaul jika memenuhi syarat dapat memperoleh beasiswa penuh.
  • Dongguk University
  • University of Seoul
  • Ewha Womans University
  • University of Science and Technology (UST)

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja beasiswa dan cara mendapatkan beasiswa kuliah di Korea. Dengan peluang yang begitu banyak, mahasiswa berprestasi dan berbakat tentu harus rajin apply beasiswa agar dapat memperoleh keberuntungan tersebut, selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *