Jurusan Commercial Law atau juga sering disebut sebagai Business Law adalah peminatan di program studi Ilmu Hukum atau program pascasarjana. Prodi ini mempelajari teori dan praktik hukum yang mengatur kegiatan bisnis.

Commercial Law juga akan belajar dasar-dasar hukum dan berbagai studi kasus mengenai permasalahan hukum dalam kegiatan bisnis. Commercial Law juga berfokus pada kajian tentang hak dan kekayaan intelektual, perdagangan internasional, hukum korporasi dan e-business.

Mengenal Jurusan Commercial Law

Jurusan ini memiliki empat rumpun ilmu yang menjadi fokus perhatiannya, salah satunya adalah Fundamentals of Laws.

Jurusan ini juga akan memberikan pemahaman tentang asas di bidang hukum tata negara, hukum pidana, perdata, hukum Islam, tata usaha negara dan seterusnya. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai Fundamentals of Business Law atau pemahaman tentang aspek mendasar dalam hukum bisnis dengan contoh kasus yang menarik.

Apa Saja yang Dipelajari?

Pada jurusan kuliah yang satu ini, kamu akan belajar mengenai International Trade and Commerce Law, pada lingkup ini kamu akan mempelajari mengenai banking and financial law, investment law, serta lebih banyak lagi mengenai aspek hukum perbankan.

Kemudian, kamu akan belajar mengenai Informations and Communication Technology Law, di mana kamu akan diberikan pemahaman mendalam mengenai Cyber Law dan Intellectual Property.

Mengapa Commercial Law?

Jurusan ini akan sangat cocok untuk kamu yang tertarik dengan legalitas dan dasar hukum dari sebuah bisnis. Kamu tak hanya mempelajari mengenai hukun, namun juga mempelajari cakupan yang lebih luas dan beragam.

Pelajaran di luar ranah hukum juga akan dihadirkan dalam jurusan ini, sebut saja Etika Bisnis dan Kewarganegaraan.

Jika kamu memiliki dasar komunikasi dan negosiasi yang baik, maka jurusan ini akan sangat cocok untukmu.

Di luar itu, prospek karir yang dimiliki oleh para lulusan Commercial Law cukup tinggi.

Perkuliahan

Perkuliahan di Commercial Law berlangsung selama 4 tahun, dan kamu akan mendapatkan hak akselerasi agar bisa selesai dalam waktu 3,5 tahun.

Jika kamu sudah menyelesaikan semester 6, maka semester selanjutnya kamu diwajibkan untuk melakukan magang atau kuliah lapangan. Program magang ini biasanya berlangsung selama satu tahun di kantor-kantor hukum atau divisi legal pada berbagai perusahaan terkemuka.

Selama masa perkuliahan, kamu juga akan mendapatkan beberapa mata kuliah seperti Theory of State (ilmu negara), Introduction to Jurisprudence (Pengantar Ilmu Hukum), Introduction to Indonesian Legal System (Pengantar Hukum Indonesia), Empirical Legal Sciences (Ilmu-Ilmu Empiris tentang Hukum), Islamic Law (Hukum Islam) dan masih banyak lagi.

Prospek Kerja dan Karir

Para lulusan di prodi ini dibentuk untuk menjadi seorang profesinal di bidang hukum yang bisa berkarir di bidang investasi, pertahanan, real estate, perbankan, ekspor-impor dan masih banyak lagi.

Berikut adalah beberapa prospek karir di bidang ini:

  • Advokat
  • Notaris
  • Konsultan Hak Kekayaan Intelektual
  • Mediator
  • Akuntan
  • Auditor
  • Financial Planner
  • Banker
  • International Economist
  • Dan masih banyak lagi

Kesimpulan

Commercial Law sering juga disebut sebagai Business Law dan mempelajari seputar teori dan praktik hukum yang mengatur kegiatan bisnis.

Masing-masing siswa akan belajar tentang dasar-dasar hukum dan berbagai studi kasus permasalahan hukum dalam kegiatan bisnis.

Para lulusan Commercial Law memiliki prospek karir yang cukup banyak, karena dibutuhkan di berbagai sektor bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *