Ingin berinovasi di bidang teknologi? Jurusan Computer Engineering menjadi jurusan paling banyak dicari bagi mahasiswa yang kuliah di bidang industri.

Disebut juga sebagai Teknik Komputer, program studi ini menawarkan pengetahuan dalam sistem komputer.

Mengenal Jurusan Computer Engineering

Dalam jurusan ini, kamu akan belajar program studi yang mengintegrasikan ilmu komputer dan teknik elektro dalam mengembangkan perangkat lunak, perangkat keras, dan juga jaringan komputer.

Jurusan ini tentu berbeda dengan jurusan Teknik Informatika/ Computer Science atau Jurusan Sistem Informasi/Information System. Teknik Komputer merupakan ilmu kombinasi antara Teknik Informatika dan Teknik Elektro.

Jadi, mahasiswa yang mengambil jurusan ini dapat dipastikan mampu memiliki kemampuan skill dan pemahaman yang sama dengan mahasiswa Teknik Elektro. Keduanya mampu merancang hardware atau sirkuit mesin atau komputer. Tapi, mahasiswa Teknik Komputer juga dapat membuat program bahasa mesin dalam hardware atau sirkuit seperti mahasiswa Teknik Informatika.

Apa Saja yang Dipelajari?

Computer Engineering mempelajari cara merancang atau membangun komponen penting dalam alat elektronik atu komputer. Sehingga, mahasiswa mampu memahami cara mengontrol sistem komputer agar berjalan baik. Misalnya seperti, membuat chip atau prosesor, menambah komponen dalam motherboard, dan lainnya.

Teknik Komputer juga mempelajari berbagai hal berkaitan dengan pemrograman, seperti bahasa pemrograman mesin, kemudian diimplementasikan pada perangkat keras. Kemampuan untuk merancang mesin agar dapat bekerja sesuai perintah inilah yang harus kamu pelajari.

Berikut adalah berbagai daftar mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan ini:

  • Kalkulus
  • Rangkaian Listrik
  • Algoritma serta Pemrograman
  • Rangkaian Digital
  • Arsitektur Komputer
  • Elektronika
  • Sistem Mikroprosesor
  • Pemrograman Multimedia
  • Komputasi Bergerak
  • Robotika
  • Bahasa Pemrograman Rakitan
  • Sistem Kecerdasan Buatan

Mengapa Computer Engineering?

Relovusi Industri 4.0 menjadi alasan utama, karena semua industri pasti harus bergerak cepat, dengan bantuan digitalisasi, mesin elektronik, dan otomasi guna kepentingan bisnis. Itulah kenapa, kamu harus mengambil jurusan ini agar dapat bekerja di berbagai industri.

Jika kamu memilih universitas yang tepat, kamu bisa memperoleh kurikulum terbaru sehingga fokus pembelajaran dalam smart device dan mesin sudah dilengkapi dengan keamanan sistem yang mendukung. Universitas yang sudah mendapatkan akreditasi dari ABET (Acreditation Board of Engineering and Technology) dijamin akan belajar banyak hal, terutama dalam ilmu terapan, komputasi, bahkan rekayasa serta teknologi.

Universitas yang mendukung juga pasti punya wadah bagi mahasiswa agar dapat berkarya pada bidang nasional dan internasional. Sehingga, kamu bisa benar-benar berkreasi, bahkan membangun karir sejak di bangku kuliah.

Perkuliahan

Ada banyak model perkuliahan yang ditawarkan. Kamu bisa kuliah dengan mengambil associate degree program. Perkuliahan ini sering menjadi pilihan bagi mahasiswa yang belum bisa mengambil kuliah program Sarjana. Waktu perkuliahan adalah selama dua tahun.

Program bachelor degree membutuhkan waktu hingga empat tahun. Setelah kuliah, kamu bisa bekerja sebagai tenaga ahli untuk software engineering. Banya perusahaan yang mencari hardware engineer dengan syarat lebih tinggi, yaitu sudah lulus di bidang Master.

Prospek Kerja dan Karir

Setelah lulus dari Computer Engineer, kamu bisa mencoba bekerja di berbagai bidang industri. Misalnya, bekerja di bagian Research Engineer, sehingga kamu akan bekerja pada sebuah laboratorium untuk menguji dan menemukan produk baru. Kamu harus memiliki kreativitas tinggi serta kesabaran yang besar. Karena, kamu juga harus bertanggungjawab dengan berbagai tahap proses menemukan produk baru.

Selain itu, kamu juga bisa berkarir pada bidang berikut:

  • Teknik Desain
  • Pengawas Proyek Pembangunan
  • Tes Engineer
  • System Engineer
  • Application Engineer

Kesimpulan

Computer Engineering merupakan jurusan yang sesuai untuk kamu yang ingin merancang, juga mengembangkan berbagai perangkat komputer dan elektronika, termasuk kalkulator sampai supercomputer. Perkembangan teknologi membuat banyak industri yang membutuhkan insinyur lulusan teknik komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *