Computer Science-Digital Media membawa revolusi besar-besaran dalam kehidupan masyarakat. Semua bidang menggunakan teknologi digital yang telah menggantikan media analog dan berbagai saluran komunikasi. Saat ini, teknologi komputer interaktif menjadi bagian penting dalam berbagai sistem.

Untuk merancang sistem yang bermanfaat, efisien, aman, dan menarik, banyak developer sistem membutuhkan pengetahuan komputer yang komprehensif.

Pengenalan Jurusan Computer Science-Digital Media

Dengan mengambil program jurusan ini, maka kamu akan memperoleh pengetahuan di bidang komputer. Secara bersamaan, juga mengembangkan kemampuan di bidang audio, video, serta desain grafis.

Mahasiswa yang kreatif dengan minat teknik dan seni tinggi sangat ideal untuk mengambil jurusan ini. Di jurusan ini, mahasiswa dapat memperoleh ilmu tentang desain dan teknologi untuk memproduksi media berkualitas tinggi.

Apa Saja yang Dipelajari?

Ada banyak hal yang dapat kamu pelajari, terutama skill dalam jurusan tersebut. Berikut adalah keahlian dan kemampuan yang akan kamu peroleh:

  • Pemahaman mendalam tentang desain software kontemporer dan teknik media digital modern
  • Pemahaman tentang gagasan secara teoritis, artistik, dan eksperimental dibalik nilai estetika media digital
  • Memiliki rasa percaya diri untuk menghasilkan sesuatu
  • Pemahaman secara teori dan praktek tentang media digital pada lingkungan pekerjaan secara profesional
  • Mampu membuat desain proyek visual, menghasilkan karya dan menunjukkan karya tersebut
  • Memiliki skill di bidang komputer yang tinggi dan mampu memahami matematika dasar

Skill lainnya adalah berkaitan dengan komunikasi, kemampuan mengumpulkan data dan memiliki skill organisasi yang baik. Kamu diharapkan mampu menggunakan berbagai informasi yang ada, dan menerapkan informasi tersebut dalam bentuk teknologi atau informasi baru untuk kebutuhan yang berbeda.

Mengapa Computer Science-Digital Media?

Perkembangan yang pesat berhubungan dengan penggunaan teknologi baru dan media online adalah alasan utama jurusan ini banyak dipilih mahasiswa. Sehingga, lapangan pekerjaan di bidang tersebut terus meningkat.

Menurut Bureau of Labor Statistics in the United States,dari tahun 2016 sampai tahun 2026, akan ada peningkatan pekerjaan editor film dan video, serta operator kamera sebesar 13%.

Bahkan, presentase tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan pekerjaan lain. Jumlah platform streaming di internet juga akan meningkat. Kemampuan editing juga terus dibutuhkan untuk menghasilkan suatu produk. Kemampuan tersebut juga akan meningkatkan kompetisi bisnis.

Perkuliahan

Program studi Computer Science and Digital Media membutuhkan waktu minimal 4 tahun untuk mendapatkan gelar Sarjana. Selama di perkuliahan, kamu akan mengenal banyak hal tentang ilmu pengetahuan komputer, desain grafis, dan media baru.

Perkuliahan ini sangat sesuai bagi mahasiswa yang ingin menguasai kemampuan di bidang seni, desain, fotografi, komunikasi, program komputer, dan lainnya yang berhubungan dengan media.

Sedangkan jika ingin mengambil studi digital media untuk program tambahan (minor), maka kamu akan belajar dasar-dasar desain, komputer, membuat web, dan mengembangkan web.

Kamu juga bisa melanjutkan studi pada program Pascasarjana. Dibutuhkan waktu 2 tahun untuk mendapatkan gelar Master. Pada tahun pertama, kamu akan mengikuti perkuliahan di kelas, belajar ilmu dasar dalam membuat media digital. Sedangkan pada tahun kedua akan belajar menggunakan software dan teknologi terkini.

Prospek Kerja dan Karir

Dengan kemampuan yang berkembang dalam desain web, audio, animasi, grafis, data, dan lainnya, maka mahasiswa akan memiliki peluang pilihan karir bervariasi. Termasuk radio, desain, televisi, e-commerce, media sosial, dan industri media yang lebih besar.

Kamu bisa menjadi seorang video editor, sebagai karir yang cukup bagus jika bekerja di media digital seperti membuat video untuk media online dan lainnya.

Atau, kamu bisa bekerja di bidang jurnalistik. Walaupun kamu tidak memiliki gelar di bidang ini, tapi kamu masih bekerja pada bagian digital media. Karena, digital media masih berhubungan dengan konten, website, televisi, dan alat-alat digital.

Sebagai jurnalis digital, pengetahuan dalam hal coding, desain multimedia, video, grafik, data, dan programming akan sangat membantu mempermudah pekerjaanmu.

Pekerjaan lainnya adalah sebagai berikut:

  • Animator
  • Videografer
  • Desainer instruksional
  • Manajer multimedia
  • Programmer multimedia
  • Pengembang software
  • Analis UX
  • Pengembang web
  • Perancang web

Kesimpulan

Kuliah jurusan Computer Science and Digital Media sangat menarik, karena kamu belajar secara teori dan praktek. Karena kamu memasuki era digital, tentu mengambil jurusan ini akan sangat berguna, baik ketika kamu memutuskan untuk membangun bisnis sendiri atau untuk bekerja di perusahaan besar seperti Amazon, dan lainnya.

Kreativitas dan kemampuan berkarya menjadi modal besar untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam bidang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *