Siapa sekarang yang tidak mengenal jurusan Computer Science atau ilmu komputer? Beberapa tahun belakangan, jurusan ini menjadi jurusan populer di kalangan pelajar. Pesatnya perubahan teknologi saat ini membuat para lulusan Computer Science sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang dan industri.

Di jurusan ini, para mahasiswanya akan mempelajari seputar algoritma, matematika, logika, pemrograman, pembuatan perangkat lunak, database jaringan dan sebagainya. Bahkan, para lulusan dari Computer Science memiliki pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi, loh.

Mengenal jurusan Computer Science

Umumnya, para lulusan dari Computer Science mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem yang terintegrasi, baik software maupun hardware. Meski banyak yang beranggapan bahwa jurusan ini hanya fokus pada hardware saja, nyatanya Computer Science juga mempelajari software.

Masyarakat umum juga beranggapan bahwa para lulusan dari Computer Science yang akan membuat komputer, robot atau juga gadget lainnya. Padahal, di jurusan ini, kamu akan belajar bagaimana membuat otak dari suatu alat elektronik. Secara sederhana, kamulah yang membuat sebuah sistem agar barang elektronik bisa berjalan.

Apa saja yang dipelajari?

Setiap disiplin ilmu memiliki fokusnya masing-masing. Computer Science akan mengajarkan beberapa mata kuliah, seperti Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Sistem, Sistem Digital, Sistem Cerdas, Jaringan Komputer, Data Science and Analytics, Analisis Numerik, Desain dan Analisis Algoritma, dan sebagainya.

Jurusan ini sendiri menawarkan beberapa bidang minat, seperti arsitektur dan infrastruktur TI, Teknologi Perangkat Lunak, Pengolahan Informasi Multimedia, juga Kecerdasarn Komputasional.

Mengapa Computer Science?

Teknologi yang berkembang seperti sekarang membuat lapangan pekerjaan untuk jurusan ini semakin banyak bahkan beberapa perusahaan bersedia menawarkan gaji yang cukup tinggi.

Bukan hanya perusahaan swasta, para lulusan dari jurusan ini banyak dibutuhkan baik di instansi pemerintah, BUMN maupun swasta. Atau jika kamu berencana membuka bisnis, kamu bisa mendirikan perusahaan start-up.  Dengan begitu, kamu juga bisa membuka lapangan pekerjaan baru.

Hal lain yang akan kamu rasakan adalah kamu bisa berkreasi dengan bebas untuk mewujudkan ide di dunia informasi digital seperti sekarang.

Perkuliahan

Kuliah di jurusan Computer Science umumnya berdurasi selama 4 tahun atau 8 semester. Kamu akan sering bersentuhan dengan computer programming dan dibekali kemampuan agar sebuah komputer bisa menjalankan semua fungsi yang dinginkan.

Jurusan Computer Science akan membuat kamu berpikir secara sistematis, tahapan demi tahapan agar sebuah komputer bisa melakukan berbagai hal sebagaimana keinginan kamu. Tahapan-tahapan inilah yang akan dipelajari lebih dalam di algoritma. Kamu dituntut untuk bisa menerjemahkan algoritma menjadi kode-kode di bahasa pemrograman.

Prospek Kerja dan Karir

Para lulusan Computer Science banyak dicari oleh perusahaan mengingat perkembangan teknologi yang begitu pesat. Nah, ada beberapa pilihan karir yang menarik dari Computer Science ini.

  • Game Developer
  • Software Engineer
  • Software Tester
  • Web Designer
  • IT Staff
  • IT Manager
  • IT Consultant
  • Programmer
  • Quality Insurance
  • IT Manager
  • IT Consultant
  • Network Engineer
  • System Analyst
  • Database Administrator

Kesimpulan

Perkembangan teknologi yang sangat cepat menuntut perusahaan untuk mengembangkan teknologi mereka, tak heran jika jurusan ini menjadi salah satu jurusan populer di Indonesia. Di jurusan ini juga para mahasiswa fokus pada pengembangan software agar sebuah komputer bisa berjalan sesuai keinginan.

Di luar itu, peluang kerja di jurusuan ini sangat banyak. Hal ini tak lepas dari cabang ilmunya yang cukup banyak dan jika kamu mempelajarinya lebih dalam lagi, maka akan memberikan peluang kerja yang lebih luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *