Jurusan Criminal Justice atau hukum pidana akan mengajarkan kamu tentang pemahaman luas berbasis sistem peradilan pidana, tentang bagaimana dan mengapa kejahatan terjadi di dalam masyarakat dan individu.

Jurusan ini identik dengan analisis pasal-pasal KUHP yang jumlahnya cukup banyak. Meski semua pasal-pasal tidak harus dihapal, namun semuanya perlu dipahami dengan baik. Hal ini menjadi satu-satunya cara untuk bisa menjadi praktisi hukum yang professional.

Mengenal Jurusan Criminal Justice

Criminal Justice ini memiliki usia yang sama tuanya dengan Hukum Perdata. Apa perbedaannya? Bedanya adalah Criminal Justcie mempelajari tentang keseluruhan dari peraturan yang menentukan perbuatan apa yang dilarang dan termasuk ke dalam tindak pidana. Termasuk juga hukuman apa yang bisa dijatuhkan terhadap para pelaku.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari tentang pemahaman perspektif pelaku atau orang lain, professional lini depan, administrator, masyarakat dan orang lain yang bersentuhan dengan sistem peradilan pidana.

Apa Saja yang Dipelajari?

Awal masa kuliah, biasanya kamu akan mempelajari tentang pemahaman dasar konsep kunci dan pendekatan teori yang dikembangkan dan berkaitan dengan kejahatan, korban, kriminalisasi, peradilan pidana dan praktek pidana.

Lebih jauh, mata kuliah yang akan kamu temui dalam jurusan ini adalah kriminologi, perbandingan hukum pidana, hukum pidana internasional, hukum pidana dan yurisprudensi, serta pengadilan Hak Asasi Mausia.

Mengapa Criminal Justice?

Criminal Justice adalah bidang yang sangat menarik untuk kamu yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai hukum yang berlaku di suatu negara dan dampaknya terhadap kehidupan setiap hari.

Di sini, kamu akan mempelajari banyak studi kasus dan menerapkannya untuk menylesaikan scenario praktik hukum di kehidupan nyata. Dalam jurusan ini, kamu akan belajar untuk menganalisa suatu kasus dengan lebih dalam. Oleh karena itu, daya analisa yang kuat dan pemikiran yang tajam akan sangat diperlukan dalam jurusan ini.

Perkuliahan

Hukum menjadi salah satu jurusan yang cukup sulit untuk dimasuki. Persaingan masuk ke jurusan hukum, termasuk Criminal Justice sangat ketat. Umumnya, syarat masuk yang diajukan universitas juga cukup tinggi.

Para calon mahasiswa biasanya membutuhkan 3 nilai A untuk mata pelajaran Hukum, Ekonomi, Sejarah dan Filsafat. Meskipun tidak wajib, jika kamu mampu memenuhi syarat tersebut, kesempatan masuk ke jurusan ini menjadi lebih tinggi.

Prospek Kerja dan Karir

Berbicara tentang hukum, bidang karir yang sangat populer adalah pengacara atau penasihat hukum. Gelar Diploma atau Sarjana di bidang ini bisa memberikan kamu kesempatan untuk menjadi trainee pengacara dan penasihat hukum.

Memiliki ilmu hukum membuat kamu bisa bekerja di berbagai sektor, seperti bisnis, keuangan, sosial, industri kesejahteraan, sumber daya manusia, akuntansi dan bahkan jurnalisme.

Kesimpulan

Criminal Justice adalah hukum yang berhubungan dengan tindakan criminal dan kejahatan sosial. Criminal Justice menuntut seorang terdakwa untuk dihukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku dan tindak kejahatan yang dilakukan. Secara sederhana, bidang ini adalah hukum penjara.

Kamu akan mempelajari seluk beluk yang lebih mendalan dari Criminal Justice, mulai dari struktur hukum hingga bagaimana mengimplementasikannya dalam praktik hukum sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *