Jakarta masih menjadi kota besar yang dituju banyak orang, baik untuk meniti karir atau melanjutkan pendidikan. Berbagai lembaga hingga perguruan tinggi di kota ini menawarkan beberapa beasiswa kuliah di Jakarta untuk para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di ibu kota Indonesia ini.

Selain biaya kuliah, biaya hidup di Jakarta memang cukup tinggi, tak heran jika banyak pelajar yang mengincar beasiswa untuk masuk ke universitas tujuan. Secara umum, ada dua kategori beasiswa yang diberikan, yaitu khusus untuk yang berprestasi dan beasiswa kurang mampu. Apa saja program beasiswa yang ada di Jakarta? Berikut ulasannya.

Beasiswa Esa Unggul

Esa Unggul merupakan salah satu universitas swasta ternama di Jakarta. Universitas ini menawarkan beasiswa penuh atau 100% pembiayaan kepada siswa SMA sederajat yang memiliki prestasi.

Perlu dicatat bahwa nilai kamu harus memenuhi persyaratan agar bisa mendaftar di program ini. Jika kamu berhasil mendapatkan  beasiswa ini, maka 100% pembiayaan akan ditanggung oleh penyedia beasiswa.

Informasi mengenai syarat dan pendaftaran bisa kamu lihat di situs resmi universitas.

Beasiswa Yayasan Tarumanegara

Yayasan Tarumanegara melalui universitasnya memberikan beasiswa kepada para siswa dari program S1 hingga S3. Untuk bisa mendapatkan beasiswa ini, maka kamu perlu memenuhi persyaratan dan melakukan pendaftaran di situs resmi tarumanegarafoundation.org.

Kemudian, kamu bisa memilih UNTAR sebagai salah satu pilihan dan mengikuti program beasiswa S1 full 100%.

Beasiswa Universitas Pelita Harapan

Siapa yang tidak mengetahui Universitas Pelita Harapan atau UPH? Dianggap sebagai salah satu universitas yang cukup bagus dengan biaya kuliah yang tinggi, UPH ternyata membuka program beassiwa untuk jenjang S1.

Pendanaan beasiswa didapat dari CSR, yaitu kerja sama antara perusahaan dengan kampus. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah tidak boleh mendapatkan IPK di bawah 3.00. Pendaftaran untuk beasiswa ini dilaksanakan pada situs resmi universitas.

Selain beasiswa dari universitas, kamu juga bisa mendaftarkan diri pada beasiswa dari pemerintah. Dengan beasiswa ini, kamu bisa mendapatkan beasiswa di beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) atau Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia. Berikut beberapa program beasiswa dari Pemerintah.

Beasiswa Bidikmisi RistekDikti

RikstekDikti memberikan beasiswa Bidikmisi untuk siswa yang akan melanjutkan kuliah ke jenjang S1. Beasiswa ini memprioritaskan para siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan pembiayaan dibayarkan sebanyak 100%.

Beasiswa ini juga bekerja sama dengan PTN, Politeknik Negeri dan PTS ternama di seluruh Indonesia. Kamu bisa mendaftarkan diri lewat jalur masuk umum, dan pendaftaran berlangsung pada situs resmi Bidikmisi.

Beasiswa Daerah

Setiap PTN di Indonesia umumnya mendapatkan proyek beasiswa dari daerah setempat. Selain itu, kampus terbaik akan menetapkan jalur masuk ini, sebut saja jalur penerimaan beasiswa dariah IPB.

Kamu bisa memanfaatkan beasiswa daerah yang bekerja sama dengan 74 PTN yang ada di seluruh Indonesia. Perlu dicatat bahwa tidak semua kampus membuka beasiswa ini setiap tahun, semua tergantung dari ketetapan kampus tersebut.

Beasiswa ini juga termasuk ke dalam kategori beasiswa full atau pembiayaan ditangguh 100% oleh penyedia dan bisa didaftarkan pada situs bud.ipb.ac.id

Berbagai beasiswa ini menunjukan bahwa program pembiayaan kuliah di Indonesia tak kalah menarik dengan beasiswa kuliah di luar negeri. Bahkan, beberapa program adalah program beasiswa kuliah di Jakarta. Salah satu kota terbesar di Indonesia.

Tak ada salahnya untuk coba mendaftarkan diri di beberapa beasiswa yang telah disebutkan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *