Program beasiswa kuliah pemerintah Indonesia adalah salah satu beasiswa yang banyak dicari pelajar. Selain dihadirkan khusus oleh pemerintah Indonesia, program beasiswanya juga cukup menggiurkan.

Beasiswa kuliah dari pemerintah Indonesia sendiri tak kalah menarik dengan beasiswa yang dihadirkan oleh pihak swasta. Maka, tak heran jika banyak pelajar yang mendaftarkan diri di program beasiswa kuliah dari pemerintah Indonesia. Lantas, apa saja pilihan beasiswa kuliah dari pemerintah?

Beasiswa DIKTI

Beasiswa yang satu ini tak hanya dikhususkan untuk jenjang kuliah S1, namun juga bagi jenjang kuliah S2 dan S3. Pada program ini, DIKTI menargetkan dosen dan tenaga kependidikan. Selain itu, program ke luar negeri juga dihadirkan setiap tahunnya.

Secara keseluruhan, beasiswa yang satu ini mencakup biaya pendidikan, biaya hidup dan perjalanan. Sementara universitas yang sudah bekerja sama dengan Lembaga DIKTI telah dijamin memiliki kualitas yang sudah diakui secara global, serta berstandar internasional.

Beasiswa LPDP

Sudah tahu program yang satu ini? Hadir sejak beberapa tahun yang lalu, beasiswa LPDP cukup terkenal dan memiliki banyak pendaftar. Program ini sendiri dikelola oleh Kementerian Keuangan.

Beasiswa ini dibuka untuk para siswa yang berprestasi secara akademik dan memiliki keinginan untuk memajukan Indonesia. Namun, perlu dicatat bahwa beasiswa ini hanya dibuka untuk studi S2 dan S3 di dalam dan luar negeri.

Untuk kuliah di luar negeri, LPDP akan membiayai biaya hidup, pendidikan, perjalanan, asuransi kesehatan, visa dan lainnya. Cukup menarik, bukan?

Beasiswa PBSB

Jika sebelumnya dikelola oleh Kementerian Keuangan, maka beasiswa ini berada di bawah naungan Kementerian Agama. Tujuannya adalah untuk memperluas akses santri untuk meneruskan gelar sarjana dan profesi.

Proses penerimaan beasiswa ini juga cukup sulit karena memiliki sistem seleksi yang ketat. Nah, untuk kamu yang sebelumnya belajar di Pesantren, maka program ini bisa kamu coba.

Kemendikbud

Tak kalah dengan lembaga lainnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia juga menawarkan beasiswa. Program ini ditawarkan untuk gelar S1 hingga S3 di dalam negeri maupun di luar negeri.

Salah satu program yang cukup terkenal adalah Beasiswa Masyarakat Berprestasi yang dibuka untuk umum. Jika kamu merasa cukup berprestasi, maka kamu bisa mencoba beasiswa ini dan dapatkan kesempatan kuliah di luar negeri.

Program pendaftarannya hanya dibuka setiap 2 tahun sekali. Cakupan pembiayaannya juga cukup luas, di antaranya adalah biaya pendidikan, perjalanan, asuransi, biaya buku, biaya penelitian dan tunjangan kedatangan.

Dari sekian banyak beasiswa kuliah yang diberikan oleh pemerintah, kamu bisa mendaftar di salah satunya. Pilih beasiswa yang kemungkinan masuknya cukup tinggi. Kamu juga bisa memilih beasiswa yang sesuai kebutuhan dan kualifikasi yang kamu miliki.

Apapun beasiswa yang kamu pilih nantinya, pastikan kamu mempersiapkan diri mulai sekarang. Persiapan yang matang sangat diperlukan demi kesuksesan pendaftaran beasiswamu. Kamu juga bisa mempersiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan sedini mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *