Memanfaatkan beasiswa S2 di Jakarta khususnya pada lembaga pendidikan dalam negeri yang kamu impikan  merupakan penawaran menarik apalagi jika selama ini kamu sudah menabung untuk dapat melanjutkan studi tapi masih belum cukup.

Beasiswa S2 membantu agar kamu juga dapat melakukan perkuliahan pada jenjang pendidikan lebih tinggi tanpa merepotkan orang tua lagi, terutama dalam hal biaya kuliah.

Tentu saja mencari beasiswa S2 tidak mudah walaupun kamu ingin kuliah di Universitas populer di Jakarta. Selalu ada persyaratan serta ketentuan yang wajib kamu penuhi.

Peminat kuliah S2 juga terus meningkat sehingga kamu juga harus berprestasi untuk dapat bersaing dengan mahasiswa unggul lainnya.

Jika kamu ingin mencari program beasiswa S2 di Jakarta, berikut adalah daftar beasiswa S2 yang tersedia dan setiap tahun selalu ada.

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan  (LPDP)

Terkenal dengan sebutan LPDP, program beasiswa tersebut merupakan hasil pengelolaan pemerintah Indonesia tepatnya di bawah naungan kementerian keuangan atau Kemenkeu.

Tidak hanya menyediakan beasiswa S2 di Jakarta, tapi juga memberikan beasiswa berbagai perguruan tinggi.

LPDP sudah ada semenjak tahun 2013 dengan peminat beasiswa terus meningkat. Sehingga persaingan untuk memperoleh beasiswa begitu ketat.

Berikut adalah beberapa jenis beasiswa LPDP:

  • LPDP Umum (Reguler)
  • Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis
  • Beasiswa Afirmasi
  • Beasiswa Targeted Group

Keuntungan beasiswa LPDP bagi penerimanya adalah fasilitas lengkap, termasuk biaya kuliah sampai selesai full, biaya penelitian skripsi, dan biaya hidup.

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

Untuk melanjutkan kuliah di Jakarta, kamu juga bisa menggunakan beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi. Sebagai program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kamu dapat menggunakan program pendidikan ini sebagai beasiswa S2 di Jakarta.

Bagi masyarakat berprestasi pada segala bidang, kamu bisa memperoleh beasiswa tersebut, asalkan sudah terdaftar pada salah satu eprguruan tinggi di Jakarta atau daerah lainnya.

Jika kamu udah kuliah Pascasarjana dan sedang berada pada semester dua, maka dapat memanfaatkan program Beasiswa Unggulan.

Beasiswa PMDSU

Tujuan beasiswa ini untuk meningkatkan pendidikan tinggi pada nusantara agar lebih berkualitas. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyediakan program beasiswa PMDSU yang sudah berjalan hingga delapan tahun.

PMDSU singkatan dari Pendidikan Magister Menuju Doktor. Untuk kamu yang sedang kuliah S2 di Jakarta atau wilayah lainnya di Indonesia, maka kamu dapat mengikuti program percepatan  studi Magister serta Doktor sampai empat tahun.

Tujuan beasiswa ini juga agar dapat mencetak para dosen muda dengan kualifikasi Doktor/S3 melalui prestasi gemilang.

Penerima beasiswa berhak memperoleh pembebasan biaya kuliah penuh selama masa perkuliahan.

Beasiswa Bidikmisi

Kamu juga dapat memperoleh pendidikan tinggi dengan walaupun dengan keterbatasan finansial. Beasiswa Bidikmisi tersedia bagi para mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, namun sudah pernah memperoleh beasiswa Bidik Misi S1.

Kesempatan Bidik Misi S2 ini sangat besar, serta menguntungkan karena dapat meringankan biaya kuliah S2, baik di dalam atau di luar negeri.

Bidik Misi juga bentuk perhatian pemerintah sebagai bantuan pendidikan untuk mahasiswa yang ingin kuliah tapi terhambat secara ekonomi. Asalkan kamu punya potensi akademik gemilang.

Bersama dengan LPDP, Kemenristekdikti menyediakan beasiswa Bidik Misi tersebut untuk menanggung seluruh biaya kuliah kamu, bahkan sampai selesai kuliah.

Itulah informasi tentang apa saja daftar beasiswa S2 di Jakarta atau di kota lainnya selama kamu punya prestasi cukup baik. Memanfaatkan peluang sebaik mungkin adalah kunci utama agar kamu berhasil memperoleh salah satu beasiswa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *