Data Scientists disebut-sebut sebagai salah satu profesi yang paling banyak dibutuhkan, sekaligus memperoleh gaji tertinggi dalam bidang teknologi. Seorang pakar Ekonomi menyebutkan bahwa pertumbuhan profesi ini mencapai hingga 57% pada tahun 2015. Pekerjaan tersebut dapat kamu peroleh dengan mengambil kuliah di jurusan Data Science.

Jurusan ini mempelajari kombinasi antara ilmu komputer dan kemampuan inferensial untuk membuat kesimpulan sesuai data. Data scientist atau pakar data dibutuhkan di berbagai lapisan masyarakat, dan menggunakan pemikiran Matematika serta Ilmiah.

Mengenal Jurusan Data Science

Selain mampu menganalisis data, mahasiswa yang mengambil jurusan ini harus paham bagaimana tanggung jawab dalam mengumpulkan dan mengatur data, serta menggunakan data untuk mengambil keputusan atau penemuan, berpikir kritis, dan berkomunikasi secara efektif.

Beberapa universitas juga berkolaborasi dengan kampus lain, sehingga membantu mahasiswa untuk memiliki pengetahuan teknik lebih dalam. Serta, memiliki keahlian bagaimana menggunakan pengetahuan pada bidang ini.

Apa Saja yang Dipelajari?

Mengambil program studi jurusan tersebut berarti mahasiswa akan belajar lebih banyak dalam inferensi statistic, pengetahuan domain, proses komputasi, dan teori. Mahasiswa juga akan belajar menganalisa data dengan berbagai proses investigasi konteks ilmiah.

Kamu juga akan mempelajari tentang kehidupan sosial, kehidupan individu,kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, analitik data, dan lainnya.

Mengapa Data Science?

Sangat penting mempelajari bidang ini karena teknologi yang terus berkembang dan kebutuhan seorang analis data atau pakar data. Beberapa alasan mengambil program jurusan ini adalah karena dengan menjadi data scientist, kamu bisa mendapatkan pekerjaan terbaik.

Setiap tahun, gaji seorang data scientist mencapai hingga $123,000 dan dengan pengalaman selama lima tahun, maka kamu bisa mengumpulkan gaji hingga $300,000 per tahun!

Kebutuhan data scientist juga begitu kurang. Masih ada lowongan hingga lebih dari 1.000.000 data scientists yang dibutuhkan di tahun 2020.

Perkuliahan

Data Science untuk program studi gelar Sarjana merupakan syarat penting supaya kamu bisa bekerja di bidang tersebut. Mata kuliah utama yang akan kamu pelajari adalah pengenalan alat dan berbagai teori, termasuk bagaimana bekerja dengan banyak set data, serta teknik visualisasi data. Ada juga program yang menawarkan bidang lebih spesifik seperti sistem informasi geografis.

Program Sarjana mengharuskan mahasiswa untuk menyelesaikan berbagai parktikum supaya dapat membuat portofolio untuk kebutuhan pekerjaan di masa depan. Bahkan, beberapa program yang diadakan oleh kampus adalah hasil kolaborasi dengan organisasi lokal. Sehingga, kamu punya peluang untuk direkrut dan dipekerjaan jika memiliki kompetensi yang sesuai.

Beberapa universitas mengajukan persyaratan sebelum bisa masuk ke jurusan tersebut. Misalnya, dengan melihat ijazah SMA, terutama untuk nilai pada mata kuliah ilmu pengetahuan, matematika, dan kemampuan berkomunikasi. Program S1 pada jurusan tersebut berjalan selama empat tahun.

Prospek Kerja dan Karir

Setelah lulus kuliah, kamu bisa menggunakan kemampuan dan skill yang sudah kamu pelajari untuk bekerja di berbagai bidang, mulai dari Cyber Security sampai Finance.

Untuk bisa langsung bekerja sebagai pakar data tentu membutuhkan waktu. Bahkan setelah lulus, kamu belum tentu bisa menjadi seorang data scientist. Namun, kamu bisa memulai karir dengan bekerja di sebuah perusahaan sebagai analis data dalam bidang computer programming.

Setelah memiliki kemampuan yang cukup, kamu bisa langsung mengambil studi S2 di bidang yang sama, untuk meningkatkan kelayakan dan kualitas agar dapat menjadi data scientist.

Kesimpulan

Data Science belum berarti membuat kamu bisa langsung menjadi data scientists. Namun, jika pengalaman kamu bertambah dan kamu bekerja di Amerika, kamu dapat memperoleh kompensasi hingga $91,260, sebagaimana ditulis di medium.com yang mengambil informasi tersebut dari Payscale.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *