Bagi banyak orang yang mampu menggambar dengan baik, kuliah jurusan Design menjadi tujuan utama. Jurusan ini dianggap mampu mengembangkan kemampuan dan kreativitas mereka. Jurusan ini sendiri adalah bidang ilmu multidisiplin yang menggabungkan beberapa aspek untuk menyelesaikan sebuah masalah.

Lebih jauh dari sekadar menggambar, di jurusan ini juga kamu akan belajar bagaimana membuat media yang tepat untuk menyampaikan sebuah pesan atau informasi secara efektif.

Mengenal Jurusan Design

Jurusan design sangat relevan dengan beberapa bidang studi yang berbeda, seperti Engineering, Manufacturing, Internet and Communication Technologies, Marketing, Architecture, Industrial Design, Fashion, Film, Publishing hingga Business Development and Entrepreneurship.

Memilih jurusan design sebagai subjek pembelajaran bisa memberikan kemampuan yang sangat berharga untuk menghadapi dunia karir di masa depan. Design membantu kamu untuk memberikan inovasi terbaik untuk dunia yang semakin kompleks.

Apa Saja yang Dipelajari?

Umumnya, jurusan ini dispesifikasikan menjadi beberapa bagian, seperti misalnya Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, Desain produk dan Desain Fashion. Setelah lulus, kamu memiliki kesempatan untuk menempuh jenjang pascasarjana.

  • Desain Komunikasi Visual

Bidang ilmu ini terdiri atas pembelajaran seni rupa dan desain, komunikasi, antropologi, sosiologi, psikologi, serta perkembangan teknologi. Jurusan ini mengkaji banyak permasalahan yang berhubungan dengan desain visual. Mata kuliah di jurusan ini mencakup Tipografi, Ilustrasi, Fotografi, Animasi dan sebagainya.

  • Desain Interior

Setiap siswa diharuskan fokus untuk mempelajari bagaimana merencanakan tata letak dan merancang ruang dalam sebuah bangunan. Mata kuliah yang bisa ditemui di sini umumnya adalah Studi Gabungan Ruang, Material dan Warna Interior, Tata suara dan Cahaya Interior, Desain Interior dan masih banyak lagi.

  • Desain Produk

Bidang ilmu ini mempelajari bagaiaman merancang sebuah produk dengan mempertimbangkan kenyamanan pengguna. Mata kuliah di jurusan ini yang akan kamu temui adalah Ergonomi Desain, Desain Produk, Prinsip Rekayasa Produk, Pemodelan Digital, Desain Produk Lingkungan dan masih banyak lagi.

Mengapa Design?

Design telah menjadi bagian di semua aspek dalam kehidupan manusia. Semua yang kamu gunakan dimulai dengan design. Mulai dari bagaimana kamu mendengarkan musik, bagaimana kota yang kamu tinggali dibangun, hingga alat medis yang didesain khusus untuk menyelamatkan nyawa banyak orang. Dengan kata lain, desain akan terus dibutuhkan oleh semua orang di berbagai belahan dunia.

Terkait dengan hal tersebut, ada banyak peluang kerja yang tersedia di jurusan ini. Mengapa? Karena hampir semua bidang membutuhkan seorang designer. Kamu hanya perlu mendalami spesialisasi yang kamu minati.

Perkuliahan

Perkuliahan di jurusan ini akan lebih banyak melakukan praktik untuk menghasilkan karya yang tepat. Semua yang dipelajari dalam jurusan ini umumnya dapat diaplikasikan di banyak media. Secara teori, desain hadir dan sengaja dibuat untuk membantu memecahkan semua masalah.

Jika ada sebuah hasil karya yang tidak dapat digunakan atau jarang diminati orang, pasti ada yang salah dengan desainnya. Di sini kamu akan mempelajari bagaimana memecahkan masalah tersebut untuk menghasilkan karya yang lebih baik.

Prospek Kerja dan Karir

Ada banyak profesi terkenal yang mungkin sering kamu dengar, dan percaya atau tidak profesi tersebut membutuhkan lulusan Design untuk mengerjakannya. Apa saja profesi yang membutuhkan para lulusan ini?

  • Ilustrator
  • UI/UX Designer
  • Desainer Produk
  • Perancang Website
  • Graphic Designer
  • Perancang Busana
  • Merchandiser

Kesimpulan

Selain menggambar atau membuat sebuah desain yang menarik, jurusan Design akan mengajarkan kamu bagaimana menghasilkan sebuah karya yang unik namun tetap bisa digunakan.

Bahkan, menurut teori, desain dihadirkan khusus untuk menyelesaikan masalah yang terjadi sebelumnya. Cukup kompleks, bukan?

Meski begitu, prospek kerja dan karir di bidang ini cukup luas dan mencakup berbagai macam industri. Kamu jadi memiliki peluang kerja yang lebih banyak daripada lulusan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *