Economics, menjadi salah satu jurusan yang paling diminati dan menjadi jurusan tertua dalam dunia pendidikan tinggi. Jurusan ini sendiri mempelajari bagaimana mengalokasi sumber daya secara optimal, serta memberikan wawasan tentang isu pembangunan sosial ekonomi.

Dalam jurusan ini para siswa akan belajar mengenai upaya pemberdayaan ekonomi. Kini, ilmu ekonomi mulai banyak yang mengarah pada behavioral economics dan crime economics. Secara umum, kamu bisa menganalisis permasalahan hukum yang ditinjau dari segi ekonomi.

Mengenal Jurusan Economics?

Ekonomi sendiri adalah ilmu tentang cara mengendalikan dan menyalurkan sumber daya yang ada di sekitar. Ekonomi menjadi jurusan yang berdiri sendiri pada akhir abad ke-19, di mana ilmu ekonomi dipisahkan dari pelajaran ilmu politik.

Ilmu ekonomi ini dibagi menjadi dua besar, yakni mikro ekonomi dan makro ekonomi. Mikro ekonomi terpusat pada pasar individu beserta struktur dan para pemainnya. Sementara, makro ekonomi membahas mengenai ilmu ekonomi baik dalam skala nasional maupun internasional.

Apa Saja yang Dipelajari?

Pada dasarnya, kamu akan mempelajari mengenai pendalaman ekonomi secara lebih lanjut. Jurusan ini lebih menekankan pada pengambilan keputusan di tingkat negara atau bagaimana cara mengelola ekonomi negara.

Maka, jangan heran ketika kamu mendapatkan mata kuliah berupa matematika untuk menghitung inflasi, biaya, keuangan negara, resiko pengambilan keputusan ekonomi, kurs rupiah dengan negara lain, kesejahteraan masyarakat dan berbagai aspek ekonomi lainnya.

Mengapa Economics?

Jika kamu memiliki kemampuan kuantitatif yang baik, maka jurusan Economics akan sangat tepat untuk kamu. Sifat kritis dan suka meneliti juga menjadi nilai tambah untuk kamu yang ingin masuk ke jurusan ini.

Bahkan, kamu juga bisa mempelajari faktor yang mempengaruhi jual-beli, seperti interaksi antara penjual dan pembeli, meski sebenarnya jurusan Economics tidak sesederhana itu. Ada banyak faktor yang mempengaruhi proses jual-beli, regulasi yang membatas gerak dalam berdagang dan sebagainya.

Maka, memperdalam ilmu ekonomi akan memudahkan jalan kamu yang ingin menjadi pebisnis handal.

Perkuliahan

Selama masa kuliah, kamu tidak hanya belajar mengenai teknik pengambilan keputusan secara rasional, efektif dan efisien. Namun, kamu juga harus dapat mengalokasikan sumber daya yang terbatas agar mencapai keuntungan yang optimal.

Jika selama ini kamu berpikir bahwa jurusan ini akan jauh dari mata kuliah matematika, maka kamu salah. Jurusan ini memiliki hubungan yang sangat dekat dengan matematika. Sebab, matematika dalam jurusan Economics adalah alat analisis dan bahasa yang akan memudahkan kamu dalam memahami suatu fenomena yang sulit dijelaskan secara naratif.

Prospek Kerja dan Karir

Bidang ekonomi sendiri adalah bidang yang selalu ada hingga kapanpun. Kamu memiliki prospek kerja yang cukup banyak dan beragam dalam bidang ini. Apa saja? Berikut daftarnya.

  • Analisis Riset Pasar
  • Konsultan Ekonomi
  • Manajer Kompensasi dan Tunjangan
  • Actuaris
  • Analis Kredit
  • Analis Keuangan
  • Konsultan Manajemen

Kesimpulan

Economics akan mengasah para siswa untuk menjadi ahli ekonomi yang mampu menganalisa data statistik menjadi informasi yang mampu memecahkan permasalahan ekonomi.

Selain itu, kamu juga akan menganalisa hubungan sebab-akibat dari berbagai fenomena terhadap kondisi ekonomi sosial politik negara, seperti hubungan tingkat pengangguran terhadap inflasi.

Economics memberikan peluang karir yang cukup bagus kepada para lulusannya. Kamu bisa berkarir di berbagai perusahaan dari perusahaan berskala internasional hingga instansi pemerintah. Atau, kamu juga bisa membuat bisnis sendiri dengan dasar ilmu ekonomi yang kamu miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *