Program Education adalah sebuah cabang ilmu yang mempelajari bagaimana cara berbagi atau mengajarkan ilmu pengetahuan dan juga keterampilan kepada para peserta didik. Jika memilih jurusan ini, maka kamu akan memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik dalam mengajar para siswa.

Dalam jurusan ini juga, kamu akan diajarkan bagaimana mengajar para siswa agar mereka bisa menyerap berbagai ilmu dan keterampilan dengan baik. Jurusan ini juga mudah ditemui di berbagai universitas di Indonesia.

Mengenal Jurusan Education

Pada jurusan ini, kamu dituntut untuk mengerti banyak konsentrasi yang diajarkan. Karena adanya tuntutan ini, kamu akan lebih unggul dalam segi pengetahuan umum dibandingkan dengan jurusan lainnya.

Para lulusan dari jurusan ini mampu mengajar peserta didik mulai dari para siswa di usia bermain hingga di tingkat sarjana. Pilihan jurusan yang kamu pilih juga akan ikut menentukan karir kamu nantinya.

Apa Saja yang Dipelajari?

Jika kamu masuk ke jurusan Education selama masa kuliah, di awal semester, kamu akan menerima mata kuliah kependidikan seperti Dasar-Dasar Pendidikan, Perkembangan Peserta Didik, Pengelolaan Pendidikan, Kurikulum dan Pembelajaran, Desain dan Model Pembelajaran, serta Micro Teaching.

Kemudian, kamu akan dibekali dengan mata kuliah praktik, seperti Program Pengalaman Lapangan (PPL) di mana kamu akan belajar untuk menjadi tenaga pengajar sungguhan dengan terjun langsung ke sekolah.

Mengapa Jurusan Education?

Ilmu di jurusan ini menjadi salah satu ilmu yang dapat dipraktikan atau aplikatif. Meskipun nantinya kamu tidak berkarir sebagai guru atau tenaga pendidik, kamu masih bisa menggunakannya untuk mengajar anakmu kelak.

Pilihan karir di bidang ini juga cukup banyak. Kamu tak hanya akan bekerja di sekolah atau lembaga pendidikan, namun kamu juga bisa berkarir sebagai trainer atau pengajar di pendidikan non formal.

Selain hal-hal tersebut, cabang ilmu dijurusan ini cenderung cukup beragam. Kamu bisa memilih dari rumpun sosial, saintek, bahasa atau seni.

Perkuliahan

Ada beberapa pilihan program akademik bagi kamu yang ingin kuliah di bidang pendidikan atau Education. Program pendidikan ini dimulai dengan program Diploma, Sarjana, Sertifikat, Pascasarjana hingga Doktoral.

Program studi pada bidang ini juga memiliki peminatan yang cukup banyak. Kamu bisa bebas memilih peminatan yang paling tepat sesuai dengan kemampuan atau minat kamu.  

Tidak perlu khawatir terkait prospek kerja karena semua jurusan atau peminatan yang termasuk bidang ini memiliki prospek kerja yang cukup baik.

Prospek Kerja dan Karir

Nah, kalau selama ini kamu mengira bahwa jurusan ini hanya akan bekerja sebagai guru, maka kamu salah. Ternyata, jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup baik. Berikut beberapa di antaranya.

  • Administrasi Pendidikan
  • Guru Les Privat
  • Konselor Edukasi, Pengarahan, Sekolah dan Vokasi
  • Tutor
  • Penulis
  • Relawan Pendidikan
  • Bekerja di Sektor Pemerintahan

Kesimpulan

Program pendidikan atau Education akan mengajarkanmu bagaimana menyampaikan ilmu secara baik dan benar kepada para siswa agar mereka bisa menerimanya dengan utuh. Program ini menjadi salah satu program yang tidak akan using mengingat dunia pendidikan akan selalu dibutuhkan.

Prospek kerja yang menjanjikan juga menjadi salah satu daya tarik dari jurusan ini. Tak hanya menjadi guru, kamu bisa memilih karir lainnya seperti konselor, penulis atau relawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *