Karir bagi lulusan jurusan Engineering Technicians sangat banyak. Seseorang yang mengambil jurusan ini tentu lebih suka dengan berbagai praktek. Sebagai salah satu cabang dari ilmu teknik, jurusan ini menuntut konsep teknisi dan teknologi dalam bidang riset dan pengembangan.

Meski hingga kini belum banyak orang yang tertarik dengan jurusan ini, nyatanya Engineering Technicians memiliki prospek kerja yang cukup baik.

Mengenal Jurusan Engineering Technicians

Mengambil program jurusan kuliah tersebut berarti kamu akan belajar menjadi seorang teknisi yang mampu menyelesaikan berbagai masalah. Kamu juga harus mampu membangun atau mengatur berbagai perlengkapan, mengadakan eksperimen, mengumpulkan data, dan menghitung hasil.

Teknisi teknik memiliki tugas melakukan pekerjaan dan bekerja bersama insinyur. Beberapa teknisi bekerja pada bidang quality control, yaitu dengan memeriksa berbagai produk, menguji, dan mengumpulkan data.

Namun, sedikit berbeda dengan teknik pada umumnya, teknisi technologi berkaitan dengan penggunaan teknologi, seperti mesin, dan berkolaborasi dengan disiplin ilmu lainnya.

Apa Saja Yang Dipelajari?

Engineering technicians dituntut untuk bekerja secara profesional karena bekerja dengan para insinyur, sehingga harus mampu menyelesaikan berbagai tugas. Ketika insinyur menggunakan kemampuan matematika dan ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan masalah atau merancang produk, teknisi bidang teknik harus mampu membantu insinyur mengumpulkan data.

Engineering technicians juga harus mampu merancang dan melakukan uji coba, membuat perlengkapan dan merekam seluruh hasil uji data. Dengan kemampuan dan wawasan yang terus meningkat, maka akan mampu membantu pekerjaan insinyur lebih banyak lagi.

Mengapa Engineering Technicians?

Untuk kamu yang memiliki minat bekerja di bidang pembangunan namun memiliki kendala untuk menghabiskan beberapa tahun di bangku kuliah, biasanya akan menjadi engineering technisians. Dalam berbagai bidang industri, teknisi teknik sering disebut sebagai pelaku.

Ada banyak bidang yang dapat dilakukan oleh seorang teknisi teknik seperti menyelesaikan tugas mekanik, pembangunan sipil, dan lainnya.

Perkuliahan

Agar dapat menjadi seorang engineering tech, maka kamu harus memenuhi program studi selama dua tahun di bidang tenisi teknologi. Kamu juga harus menunjukkan kemampuan di bidang matematika dan ilmu pengetahuan secara aktif saat masih di bangku SMA.

Program studi ini biasanya ditawarkan oleh sekolah teknik atau community college. Lembaga pendidikan tersebut menawarkan berbagai mata kuliah yang berhubungan dengan perhitungan dan ilmu pengetahuan seperti desain mekanik, termodinamika, elektronik digital, dan lainnya.

Prospek Kerja Dan Karir

Pengalaman, pelatihan, sertifikat, lokasi, dan lainnya menjadi faktor penentu berapa besarnya gaji yang dapat kamu peroleh dengan menjadi seorang teknisi teknologi.

Berikut adalah beberapa prospek pekerjaan yang dapat kamu peroleh setelah lulus nanti:

  • Mechanical Engineering tech – Spesialis dalam membangun dan mengatur seluruh sistem dalam bidang mekanik seperti sistem robotik, sistem komunikasi, sistem elevator, dan lainnya.
  • Civil Engineering tech – Teknik pembangunan sipil bekerja pada berbagai komponen struktur dalam pemerintah dan masyarakat seperti sistem irigasi, jembatan, dan lainnya.
  • CAD Operator -Desainer atau seniman yang menggunakan CAD (program membuat konsep dengan bantuan computer) untuk memenuhi tugas. Misalnya, kamu bisa membuat pembangunan perusahaan, membuat berbagai ruangan, dan lainnya.
  • Industrial Mechanical Engineer – Teknisi yang bekerja di bidang industry seperti membuat sistem penanganan limbah, membuat sistem elektro-mekanik, dan lainnya.
  • Engineering Consultant – Pekerjaan bagi mahasiswa yang ahli, sehingga mampu memberikan nasehat bagi seluruh individu atau perusahaan yang membutuhkan konsultan.

Kesimpulan

Engineering technicians merupakan sebuah bidang yang memang tidak memberikan pertumbuhan karir yang sangat signifikan. Namun, tetap saja kebutuhan sumber daya manusia berkualitas untuk membantu tugas insinyur sangat diperlukan. Apalagi, teknologi terus tumbuh dan selalu ada produk baru.

Mahasiswa yang mengambil jurusan engineering technology dapat memperoleh sertifikasi untuk meningkatkan kualitas diri guna kepentingan karir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *