Jurusan bahasa Inggris atau kerap disapa dengan English adalah ilmu yang mempelajari mengenai pengetahuan, kemampuan dan keterampilan bahasa Inggris. Jika kamu masuk ke jurusan ini, maka kamu akan dibekali ilmu dan pembelajaran mengenai bahasa Inggris, mulai dari tingkat yang paling mudah hingga paling sulit.

Jurusan ini akan mengajarkan pembelajaran yang mencakup beberapa aspek, mulai dari menulis, membaca, berbicara, dan mendengarkan. Selain itu, para siswa juga akan belajar mengenai vocabulary, grammar dan pronountation.

Mengenal Jurusan English

Kuliah di jurusan ini sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan pelajaran bahasa Inggris yang kamu dapatkan di bangku sekolah. Hanya saja, di perkuliahan kamu akan belajar lebih dalam dan secara menyeluruh.

Umumnya, jurusan ini hanya menawarkan program kuliah dalam jenjang D3. Namun, beberapa program studi yang lebih spesifik juga tersedia dan tentunya berkaitan dengan bahasa Inggris.

Program studi yang berhubungan dengan bahasa Inggris mencakup Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan Bahasa Inggris, Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris adalah jurusan yang berbeda.

Apa Saja yang Dipelajari?

Jurusan English sendiri mengharuskan kamu untuk mempelajari mengenai ilmu-ilmu yang berkaitan dengan bahasa Inggris. Kamu juga mendapatkan pengetahuan mengenai bahasa Inggris.

Sedangkan, jurusan sastra Inggris akan sangat tepat untuk kau yang menyukai dunia kesusastraan Inggris. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari kebudayaan, kesenian, serta sastwa Inggris itu sendiri.

Selain dua jurusan tersebut, ada pula jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang fokus pada metode pendidikan atau pengajaran bahasa Inggris tersebut. Jurusan ini sangat tepat untuk kamu yang ingin menjadi guru bahasa Inggris.

Mengapa English?

Mempelajari bahasa Inggris, apapun jurusannya akan memberikan keuntungan sendiri untukmu. Jika kamu pergi ke berbagai negara dan tidak memahami bahasa asalnya, maka Bahasa Inggris adalah bahasa yang bisa kamu gunakan. Bahasa Inggris sendiri adalah bahasa internasional yang digunakan di hampir semua negara.

Alih-alih menguasai semua bahasa dari setiap negara di dunia, kamu bisa mempelajari Bahasa Inggris agar bisa berkomunikasi di negara-negara lain.

Prospek kerja di bidang ini pun cukup baik, mengingat hampir semua sektor membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris di masa modern ini.

Perkuliahan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pada jurusan Bahasa Inggris, kamu akan belajar mengenai berbagai ilmu dalam bahasa Inggris. Kemampuan dalam menulis, membaca, mendengarkan dan berbicara dalam bahasa Inggris juga akan dilatih.

Sementara, dalam Sastra Inggris, kamu akan belajar membuat karya sastra dalam bentuk cerpen, novel, pusii dan pidato dalam bahasa Inggris.

Sedangkan, dalam Pendidikan Bahasa Inggris, semua materi yang diajarkan akan bersangkutan dengan bahasa Inggris dan cara mengajar yang baik dan benar.

Prospek Kerja dan Karir

Jurusan Bahasa Inggris akan membuka peluang dalam berbagai profesi, seperti misalnya Penulis, Tenaga Pengajar, Penyiar Radio, Translator, Editor Media Cetak, Hubungan Masyarakat dan masih banyak lagi.

Untuk kamu yang memilih jurusan Sastra Inggris, maka kamu bisa menjadi seorang Jurnalis, Asisten PR, Asisten Media dan Copywriter, serta tentunya Sastrawan.

Sedangkan untuk jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, kamu bisa menjadi seorang tenaga pengajar, seperti guru maupun dosen.

Kesimpulan

Sering dianggap mudah, nyatanya jurusan Bahasa Inggris mempelajari lebih dalam mengenai ilmu-ilmu bahasa Inggris yang cukup rumit. Berbagai kemampuan dilatih agar kamu mampu memahami dan mempelajari bahasa Inggris dengan maksimal.

Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris menjadi program studi lainnya yang sering dianggap sama, meskipun keduanya jelas berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *