Kuliah jurusan sistem informasi artinya kamu akan mempelajari tentang ilmu komputer, bisnis, dan juga manajemen. Pada jurusan tersebut, mahasiswa akan mempelajari bagaimana melakukan identifikasi kebutuhan serta proses bisnis pada perusahaan sesuai data.

Kemudian, kamu harus mampu merancang sebuah sistem sesuai kebutuhan tersebut. Dengan mengambil jurusan ini, kamu lebih dari sekedar belajar teknik pemrograman, tapi juga belajar proses bisnis dalam perusahaan.

Skill Yang Dibutuhkan

Sistem informasi tidak bisa lepas dari kebutuhan menggunakan komputer. Sehingga, kamu harus bisa melakukan rekayasa dalam menggunakan perangkat tersebut.

Selain itu, kamu dituntut untuk dapat melakukan analisis, berpikir sistematis, memecahkan masalah, mau meneliti, dan mampu mengatur data.

Mengapa Harus Kuliah Sistem Informasi?

Dengan memilih kuliah jurusan sistem informasi, kamu dapat memperoleh berbagai keuntungan setelah lulus nanti, sebagai berikut:

1. Kamu punya prospek atau peluang karir yang menjanjikan. Perkembangan teknologi akan terus berlanjut hingga di masa mendatang. Teknologi digunakan dan menjadi bagian kebutuhan manusia untuk mempermudah kegiatan sehari-hari.

2. Seorang lulusan sistem informasi adalah jantung bagi berbagai perusahaan, karena merupakan jembatan untuk programmer dan user ketika membangun sistem. Selain perusahaan, instansi pemerintah juga sangat membutuhkan ahli sistem informasi.

3. Jurusan ini termasuk dalam jurusan yang memberikan ilmu aplikatif. Sehingga, kamu juga dapat beradaptasi ketika berada dalam dunia kerja.

4. Kuliah jurusan sistem informasi, kamu juga akan belajar desain web, sehingga banyak perusahaan yang akan merekrut. Kamu juga bisa membuka lapangan pekerjaan dengan cara membangun usaha sendiri untuk mengembangkan web.

5. Bagi lulusan yang ingin melanjutkan studi, ada banyak beasiswa tersedia.

Pengalaman Kuliah Sistem Informasi

Sebagai jurusan satu rumpun dengan Ilmu komputer dan Teknik Informatika, selama 8 semester dalam program S1, kamu akan belajar banyak hal tentang hubungan bisnis dan teknologi.

Kamu juga akan belajar menciptakan sistem olah data dalam jumlah besar, namun secara cepat dan hasilnya berupa informasi. Informasi tersebut penting untuk mengambil keputusan perusahaan.

Berikut adalah contoh beberapa mata kuliah ketika mengambil jurusan ini:

  • Jaringan komunikasi data
  • Analisis dan perancangan sistem informasi
  • Manajemen proyek data
  • Manajemen sistem informasi
  • Proyek pengembangan sistem informasi
  • Dan masih banyak lagi!

Setelah lulus program S1, kamu akan memperoleh gelar Sarjana Komputer. Selain itu, ada banyak program pendidikan pascasarjana dengan berbagai kampus terbaik, di dalam atau di luar negeri.

Program pendidikan yang tersedia juga bervariasi, seperti kamu bisa mengambil program S2 dengan sistem enterprise, e-business, dan lainnya.

Peluang Kerja

Kuliah jurusan sistem informasi memberikan peluang karir cukup besar. Ada jenjang dan jenis karir bervariasi tersedia. Sehingga, ilmu dan skill yang kamu pelajari selama kuliah dapat kamu terapkan, karena menjadi modal penting untuk bersaing dalam bursa tenaga kerja.

Banyak perusahaan yang ingin mengembangkan sistem untuk programmer dan user, sehingga peluang kerja semakin besar. Gaji yang dapat kamu terima pada awal bekerja bisa mencapai Rp. 5.000.000, untuk pekerjaan bidang staff teknologi informasi perusahaan.

Besaran gaji tersebut juga tergantung dengan pengalaman dan kemampuan yang kamu miliki, serta di perusahaan mana kamu bekerja.

Berikut adalah berbagai pilihan karir tersedia untuk kuliah jurusan sistem informasi:

  • Konsultan IT
  • Data scientist
  • Insinyur Aplikasi
  • Programmer
  • Guru/Dosen
  • Staf Rekam Medis
  • Digital Marketing
  • RnD
  • Technopreneur

Sekarang, kamu sudah paham banyak hal tentang jurusan sistem informasi, perkuliahan, dan juga prospek kerja. Tertarik untuk kuliah di jurusan tersebut?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *