Film and photography adalah salah satu jurusan yang melibatkan penggunaan teknologi, serta mempelajari tentang teknik mengolah gambar, seni, dan membutuhkan kreativitas. Jurusan ini juga memberikan spesialisasi yang berbeda sesuai kebijakan universitas. Misalnya, kamu bisa mengambil spesialisasi sinematografi, dokumentasi, analog, penulis skrip, dan bahkan digital.

Mengenal Jurusan Film and Photography

Jurusan ini banyak disukai oleh mahasiswa karena dapat mengembangkan berbagai skill yang spesifik. Misalnya, kamu bisa mempelajari teknologi audio-visual, mulai dari tahap perencanaan, pengembangan, sampai membuat produk kreatif dari konsep dasar fotografi dan film.

Dengan kuliah di bidang tersebut, maka kamu dapat meningkatkan skill komunikasi, kesadaran komersial, motivasi diri, bekerja secara independen dan fleksibel, serta bekerja di berbagai industry. Misalnya, di dunia perfilman, percetakan, televisi, hubungan publik, fotografi, desain, komputer, seni, dan pendidikan.

Apa Saja Yang Dipelajari?

Selama kuliah, jurusan film and photography mendorong mahasisa untuk sering praktek. Mahasiswa akan lebih banyak belajar dari pengalaman langsung. Sehingga, lab dan studio adalah fasilitas utama yang seringkali ditawarkan oleh universitas yang menyediakan jurusan ini.

Mahasiswa juga harus belajar kelompok guna mengatur kamera, melakukan teknik pencahayaan yang tepat, mempelajari tutorial make-up model, dan masih banyak lagi. Ada juga kerja praktek atau magang, sehingga kamu akan belajar banyak tentang kritik, teori, dan perdebatan.

Beberapa universitas bahkan memasukkan syarat magang pada perkuliahan dengan mengirim mahasiswa ke media televisi atau perusahaan majalah.

Mengapa Film and Photography?

Di antara banyaknya jurusan yang ada, berikut adalah alasan mengapa kamu harus mengambil jurusan ini:

  • Kamu dapat mempelajari skill tentang produksi di bidang perfilman dan fotografi
  • Selama kuliah, kamu juga dapat mengembangkan berbagai ide kreatif untuk perfilman dan pertelevisian
  • Terdapat pengalaman praktek langsung, baik secara profesional atau reflektif.
  • Memiliki peluang mendapatkan kerja di berbagai bidang industry, termasuk media percetakan, perfilman, dan lainnya.

Perkuliahan

Perkuliahan dapat berlangsung dengan metode ceramah atau seminar, tutorial, dan presentasi. Semua tergantung konsep pengajaran dan kurikulum yang ditawarkan pada lembaga perguruan tinggi tempat kamu belajar.

Prospek Kerja dan Karir

Dapat dikatakan bahwa jurusan film and photography, merupakan resesi sulit, dengan tingkat pengangguran yang tinggi. Gaji juga tidak begitu tinggi, namun kebanyakan mahasiswa dapat langsung bekerja setelah lulus enam bulan. Berikut adalah karir yang dapat kamu coba setelah lulus jurusan tersebut:

  • Fotografer
  • Teknisi audio-visual
  • Operator dan desainer
  • Sutradara
  • Seniman
  • Artis
  • Desainer grafis
  • Editor video
  • Asisten produser
  • Desainer media
  • Asisten marketing
  • Web desainer

Jika kamu juga memiliki pengalaman seperti mengikuti pelatihan dalam bidang suara dan desain grafis, maka kamu juga dapat memiliki potensi karir lebih bagus. Misalnya, dengan bekerja dalam desain web, event management, atau penggunaan IT.

Biasanya, banyak mahasiswa yang bekerja sebagai pekerja lepas atau freelancer setelah lulus. Hal tersebut dikenal dengan istilah “portfolio career” atau memiliki beberapa part-time job sekaligus.

Kesimpulan

Entah karena tertarik dalam film atau fotografi, mengambil jurusan film and photography berarti mahasiswa akan mempelajari tentang kombinasi skill secara teknis dan kreativitas. Ada banyak mata kuliah fotografi yang melibatkan pembuatan dan pengambilan gambar, teknik digital, teknik darkroom guna memanipulasi hasil gambar, dan lainnya.

Sedangkan pada mata kuliah film, maka kamu harus mempelajari tentang bagaimana mengarahkan kamera, bagaimana cara kerja kamera, pencahayaan, tata suara, dan lainnya sampai proses akhir pembuatan film, termasuk teknik editing, dan efek visual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *