Kuliah jurusan Food and Nutrition mempelajari tentang beberapa bidang, seperti ilmu pengetahuan sosial, biologi, dan kimia. Seluruh bagian tersebut sangat mempengaruhi kesehatan manusia. Sehingga, biologi, kimia, dan pengetahuan sosial adalah informasi penting untuk membantu masyarakat dalam menentukan hidup sehat.

Ilmu ini berhubungan dengan seperti apa menyiapkan makanan yang bernutrisi, mendidik masyarakat makanan apa yang layak dimakan, kebutuhan individu yang harus dipertimbangkan, umur, dan lainnya, seperti contoh masa kehamilan.

Mengenal Jurusan Food and Nutrition

Jurusan ini mempelajari tentang hubungan antara nutrisi dalam makanan dan kesehatan manusia. Mahasiswa yang mengambil jurusan tersebut dapat memilih berbagai konsentrasi berbeda – misalnya nutrisi secara umum, ilmu pengetahuan nutrisi, kesehatan masyarakat, atau lainnya sesuai minat karir.

Apa Saja Yang Dipelajari?

Kuliah di bidang makanan dan nutrisi tentu berkaitan dengan berbagai topik seperti mempersiapkan makanan, distribusi dan ketersediaan pangan global, dan lainnya. Beberapa lembaga pendidikan juga menambahkan mata kuliah lain seperti biologi, psikologi, dan kimia.

Kuliah tentang nutrisi juga diselingi dnegan praktikum yang sudah disetujui oleh dosen pengampu atau pengalaman dari yang sudah berpengalaman. Kamu juga mungkin akan terlibat dalam kegiatan sukarela di panti asuhan atau di tempat makan.

Beberapa sekolah juga bisa menawarkan program terkoordinasi atau didaktik. Program tersebut adalah persyaratan untuk menjadi ahli diet. Jika sudah lulus, mahasiswa masih harus mengikuti kegiatan magang sebagai syarat untuk mengambil ujian ahli diet.

Mengapa Food and Nutrition?

Kkesehatan adalah isu penting karena tidak hanya terkait dengan individu saja, tetapi juga dapat mempengaruhi komunitas atau lingkungan. Kemampuan di bidang makanan dan nutrisi tentu akan memberikan kebiasaan makan sehari-hari yang baik untuk hidup sehat.

Jurusan food and nutrition juga sangat membantu, terutama menghadapi berbagai penyakit. Ada banyak jenis makanan dan nturisi yang dapat kamu berikan pada seseorang yang sedang sakit. Sehingga, dapat mempercepat proses pemulihan.

Kamu juga memiliki peluang kerja di berbagai tempat berbeda seperti rumah sakit, kantin, kafe, hotel, dan lainnya yang berhubungan dengan nutrisi, kualitas dan keamanan makanan, serta kepuasan pelanggan.

Perkuliahan

Perkuliahan jurusan food and nutrition tersedia di beberapa kampus luar negeri, seperti misalnya St Mary’s University Twickenham London. Program jurusan S1 tersedia sehingga membantu mahasiswa mengerti lebih banyak pemahaman tentang nutrisi seperti kondisi kesehatan dan penyakit kronis.

Modul perkuliahan juga akan berhubungan dengan gaya hidup, studi kasus di bidang industry, dan kamu juga memiliki kesempatan untuk belajar di bidang nutrisi medis, nutrisi olahraga atau lainnya.

Selama perkuliahan, jurusan ini memang bukan jurusan sulit-namun terdapat banyak mata kuliah pengetahuan seperti mikrobiologi, biologi, biokimia, kimia,.

Prospek Kerja dan Karir

Mahasiswa yang sudah lulus dari program dietetika terakreditasi ACEND, maka sudah dinyatakan lulus dalam kegiatan latihan dalam pengawasan dan sudah llulus ujian untuk menjadi seorang ahli diet yang terdaftar.

Ahli diet juga bisa mendapatkan sertifikat pada bidang lain seperti ahli diet olahraga, nutrisi onkologi, nutrisi anak-anak, dan lainnya.

Beberapa lembaga pendidikan juga menawarkan kemudahan bagi mahasiswanya yaitu sertifikasi pengajaran saat sedang menempuh program studi sarjana S1 pada bidang nutrisi. Untuk pendidikan lebih lanjut, maka kamu dapat mengajar ilmu gizi pada level universitas.

Setelah lulus lanti, kamu bisa mengembangkan karir pada tempat berikut:

  • Rumah sakit
  • Pusat perawatan pasien rawat jalan
  • Panti jompo
  • Perawatan perumahan
  • Sekolah serta pusat penitipan anak
  • Perusahaan makanan
  • Praktik swasta, dan lainnya.

Kesimpulan

Jurusan food and nutrition adalah pilihan tepat bagi mahasiswa yang punya minat tinggi dalam bidang biologi dan ilmu pengetahuan sosial. Kamu harus memiliki keinginan belajar tentang bagaimana kebiasaan makanan dapat mempengaruhi kesejahteraan seorang individu, termasuk mencegah penyakit diabetes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *