Secara sederhana, jurusan History mempelajari tentang segala peristiwa yang terjadi di masa lalu, hingga jaman modern seperti sekarang. Umumnya, para mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari sejarah pada jaman kuno seperti Mesir, Yunani, India yang dimulai sebelum masehi dan masih banyak lagi.

Bidang History ini akan memahami bagaimana sesuatu berubah dari waktu ke waktu, serta mempelajari pola dan nilai yang terkandung di dalamnya. Seiring berjalan waktu, kamu akan memahami bahwa sejarah memiliki peran besar dalam membentuk kondisi yang terjadi saat ini.

Mengenal Jurusan History

Sebagian besar orang menganggap bahwa jurusan ini cukup membosankan, mengingat kamu akan menghafal nama-nama tokoh terkenal dan tanggal penting lainnya. Di sini, kamu juga akan belajar bagaimana membuat tulisan kreatif dan visualisasi sejarah melalui film dokumenter.

Ilmu sejarah juga mempelajari konteks yang cukup luas dan mencakup beberapa hal, seperti aspek politik, budaya, ekonomi, agama dan sosial. Untuk masuk ke jurusan ini, kamu perlu memiliki karakter yang kuat dalam beberapa aspek, seperti detail, indenpenden, rasional, tekun, terstruktur dan masih banyak lagi.

Apa Saja yang Dipelajari?

Program studi Hisory menjadi program yang cukup rumit, sebab ada banyak aspek yang harus dipelajari di masa lampau. Nah, di sini kamu akan menemukan beberapa mata kuliah seperti Pengantar Ilmu Sejarah, Geografi Sejarah, Bahasa Sumber Sejarah, Pengantar Filsafat dan Pemikiran Modern, Metode Sejarah, Historiografi, Sejarah Media Massa dan masih banyak lainnya.

Selain itu, kamu juga diharuskan untuk mengingat dan menghafal tanggal-tanggal penting yang terjadi dalam sejarah dan membaca berbagai macam literatur sejarah yang ada.

Mengapa History?

Jurusan ini akan sangat tepat untuk kamu yang menyukai cerita-cerita di balik sejarah dan memiliki daya analisis yang cukup kuat. Program ini juga tepat untuk kau yang memiliki hobi membaca dan menganalisa sesuatu.

Kamu akan mudah mengevaluasi sumber informasi primer atau sekunder, sehingga kamu akan lebih terbuka terhadap keberagaman versi sejarah.

Perkuliahan

Karena termasuk ke dalam jurusan humaniora, program ini memiliki masa kuliah yang lebih sedikit dibandingkan jurusan program sarjana lainnya. Namun, kamu tetap akan belajar mengenai hal-hal yang kompleks. Karena sedikit rumit, hingga kini belum banyak orang yang tertarik dengan bidang ilmu ini.

Kamu juga perlu tahu kalau ruang lingkup pembelajaran ilmu ini sangat luas, karena dapat menyinggung berbagai aspek kehidupan manusia, mulai dari politik, sosial, budaya, bahasa, hingga agraris dan militer.

Prospek Kerja dan Karir

Banyak orang yang bingung akan berkarir dalam bidang apa ketika lulus dari bidang ini. Padahal, program studi sejarah juga membuka jalan karir yang cukup bagus. Kamu bisa berkarir di bidang konvensional sejarah, seperti tenaga pengajar atau peneliti.

Di luar itu, kamu juga bisa bekerja di bidang non-konvensional sejarah, seperti pemerintahan, dunia penerbitan, wartawan, aktivis LSM dan sebagainya. Bahkan, beberapa lulusan dari jurusan ini mampu bekerja di lembaga penelitian luar negeri. Cukup menarik, kan?

Kesimpulan

Meski secara sederhana, ilmu ini mempelajari peristiwa yang terjadi di masa lalu hingga masa kini, namun ilmu sejarah ternyata mempelajari konteks yang cukup luas dan mencakup beberapa hal.

Untuk kamu yang suka membaca, jurusan ini akan sangat tepat untuk dipilih. Kamu juga harus memiliki daya analisa yang kuat untuk mempelajari banyak hal.

Prospek kerja yang akan kamu dapatkan akan lebih luas dari menjadi seorang sejarawan. Kamu bisa bekerja di berbagai bidang dari industri yang berbeda. Dengan kata lain, kamu memiliki pilihan karir yang cukup luas dalam bidang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *