Human Resource Management adalah jurusan yang mempelajari hubungan seorang pekerja dan perusahaan. Di sini, kamu akan belajar bagaimana cara ­recruitment, training, performance management, compensation, labor relations, kesehatan dan keamanan.

Bagian Human Resouce Management dalam perusahaan akan bertanggung jawab pada kesuksuan perusahaan tersebut dalam menerima dan mengelola para karyawannya. Pentingnya bidang ini membuat permintaan akan lulusan jurusannya semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Mengenal Jurusan Human Resource Management

Pada jurusan ini, setiap siswa akan mempelajari tentang memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan para karyawan di tempat kerja.

Fokus bagian Human Resource Management dalam perusahaan adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi suatu perusahaan, serta membina hubungan antara pekerja dan pemberi kerja.

Pada jurusan ini pula, kamu akan dilatih untuk berkontribusi secara aktif untuk pencapaian tujuan bisnis serta mengembangkan berbagai strategi dan layanan sumber daya manusia.

Perlu kamu ketahui bahwa jurusan ini memiliki prospek kerja yang luas. Selanjutnya,kamu bukan hanya bisa menjadi seorang Human Resource Manager, namun juga berbagai posisi lainnya di perusahaan. Sebab, prospek karir di jurusan ini cukup banyak, sehingga kamu memiliki pilihan untuk memilih karir yang tepat.

Apa Saja yang Dipelajari?

Setiap siswa dalam jurusan ini akan belajar mengatur perekrutan karyawan dan pembentukan tim, kemudian kamu juga diharuskan untuk mampu mengatur keamanan, serta kenyamanan pegawai, termasuk juga segala bentuk asuransi yang akan diperoleh para karyawan.

Umumnya, di tahun pertama perkuliahan para siswa akan belajar mengenai matematika, seni, filsafat dan ilmu sosial. Di tahun kedua, para siswa akan diperkenalkan dengan ilmu psychology, serta sosiologi.

Kamu akan menemui ilmu manajemen bisnis serta manajemen SDM di tahun ketiga. Pada tahun terakhir, kamu akan menguasai kursus administrasi, termasuk di dalamnya marketing, keuangan, akuntansi, sistem informasi, statistic dan perilaku organisasi.

Mengapa Human Resource Management?

Rutinitas pekerjaan yang sama setiap hari terkadang membuat pekerjaan terasa sangat membosankan, bukan? Maka, pekerjaan dibidang ini sangat cocok untuk kamu yang mudah bosan dengan pekerjaan.

Mengapa? Setiap harinya, kamu akan mengerjakan hal yang berbeda, mulai dari mengembangkan program asuransi untuk kesejahteraan karyawan, hingga menetapkan aturan masuk dan pulang kerja bagi para karyawan.

Sebagai salah satu bidang yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan, bidang ini termasuk yang cukup stabil di sebuah perusahaan. Divisi Human Resource Management memiliki posisi yang cukup aman dan karir yang cukup berkembang dalam sebuah perusahaan.

Perkuliahan

Perkuliahan Human Resource Managemen umumnya mencakup keterampilan kepemimpinan, manajemen dan pengembangan pada berbagai scenario dan situasi yang berbeda. Para lulusannya bisa bekerja di perusahaan swasta, sektor publik dan sektor sukarela sebagai karyawan yang berkecimpung di bidang kepegawaian.

Meskipun kurikulum di setiap universitas berbedada, namun secara umum, jurusan ini terdiri dari empat bagian, yakni perekrutan, pelatihan karyawan, tunjangan karyawan hingga kompensasi bagi karyawan yang mengundurkan diri.

Prospek Kerja dan Karir

Karena bidang ini adalag bidang yang cukup luas dan dibutuhkan di hampir semua perusahaan, maka prospek kerja yang akan didapatkan juga cukup banyak. Apa saja? Simak selengkapnya, di sini.

  • Manajer sumber daya manusia
  • Analis sumber daya manusia
  • Analis tenaga kerja
  • Manajer pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia
  • Staf rekrutmen
  • Staf HR
  • Pegawai pelatihan dan pengembangan karyawan

Kesimpulan

Sebagai bidang yang dibutuhkan di hampir semua perusahaan, jurusan Human Resource Management mempelajari berbagai aspek yang berhubungan dengan karyawan. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kemampuan, memelihara keamanan dan kesejahteraan para karyawan di sebuah perusahaan.

Karir yang akan kamu dapati setelah lulus dari jurusan ini cukup banyak, dan jenjang karirnya pun cukup stabil. Posisi Human Resource sendiri adalah salah satu posisi yang cukuo aman dalam sebuah perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *