Beasiswa kuliah di Jepang merupakan salah satu impian banyak pelajar indonesia. Apalagi, jepang terkenal dengan keunggulannya di bidang teknologi dan para pelajar Indonesia juga memiliki minat yang tinggi dalam bidang tersebut.

Ada banyak beasiswa yang tersedia untuk para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Jepang. Beasiswa tersebut merupakan solusi karena biaya hidup di negeri Sakura tersebut memang terbilang mahal. Berikut adalah berbagai jenis beasiswa yang dapat kamu pilih jika ingin melanjutkan studi di Jepang.

Program Beasiswa Monbukagakusho

Beasiswa monbukagakusho membuat pemerintah Jepang mendapatkan perhatian besar dari masyarakat Indonesia.

Kementerian Pendidikan, kebudayaan, olahraga, ilmu pengetahuan dan teknologi atau monbukagakusho menawarkan program beasiswa tanpa ikatan. Sehingga, siswa dapat menikmati fasilitas biaya studi sekaligus biaya hidup gratis.

Untuk untuk pelajar yang berminat dengan beasiswa tersebut, dapat langsung melihat atau meninjau website resmi milik kedutaan besar Jepang yang ada di Indonesia. Dubes Jepang selalu melakukan pendaftaran serta penyeleksian bagi pelajar Indonesia pertahunnya.

Dalam beasiswa tersebut, banyak program yang tersedia khusus untuk para pelajar Indonesia seperti program Undergraduate, College Of Technology, serta Professional Training College bagi pelajar lulusan SLTA.

Sementara itu, japanese studies tersedia untuk mahasiswa yang ingin mengambil program studi Jepang, sedangkan program teacher training tersedia untuk para guru.

Tujuan monbukagakusho adalah mendukung penuh pelajar asing yang ingin studi ke Jepang. Setiap tahun, tersedia dan kamu bisa menggunakan perantara kedutaan besar pemerintah Jepang yang ada di Indonesia. Program ini terbuka bagi umum serta tidak mengikat.

Beasiswa Kuliah  Dari Perusahaan Jepang

Scholarship foundation adalah yayasan penyedia beasiswa merupakan gabungan berbagai Perusahaan yang memberikan beasiswa sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan.

Contohnya, kamu beasiswa ADB – JSP. Program beasiswa kuliah di jepang ini adalah hasil kerjasama antara Asian Development Bank dengan Japan scholarship program. Program tersebut membiayai mahasiswa yang ingin melanjutkan program studi S2 dan S3.

Pendanaan tersebut dari pemerintah Jepang sehingga kamu akan mendapatkan biaya transportasi pulang-pergi jepang, tunjangan penelitian, biaya kuliah, uang saku, dan lainnya.

Program beasiswa ini tersedia untuk para pelajar dari Asia, para pelajar Indonesia. Ketika hendak mendaftar beasiswa tersebut, harus memiliki pengalaman bekerja profesional selama 2 tahun. Artinya, bukan untuk fresh graduate.

Sementara itu beasiswa ini hanya untuk jurusan yang berhubungan dengan pembangunan. Contohnya adalah jurusan ekonomi, pendidikan, teknologi, dan lainnya.

Contoh lainnya adalah beasiswa Mitsui-Bussan. Bagi pelajar SMU yang ingin studi lanjut ke Jepang dalam jurusan apapun, beasiswa ini adalah pilihan tepat. Mirip seperti biasiswa monbukagakusho, program beasiswa tersebut juga memberikan biaya transportasi pulang-pergi jepang. Tidak hanya itu, kamu juga mendapatkan sekolah bahasa serta uang saku per bulan.

Artinya, jika kamu menerima beasiswa ini maka kamu akan mendapatkan beasiswa selama 5,5 tahun. 1,5 tahun untuk sekolah bahasa dan 4 tahun adalah untuk program S1. Sebelum berangkat menuju ke Jepang, beasiswa akan memperoleh program latihan bahasa Jepang di Indonesia selama kurang lebih 2 bulan.

Perhatikan bahwa program beasiswa ini begitu terbatas dan dibuka setiap bulan Maret. Pihak penyelenggara akan menggumumkan dan memberangkatkan penerima beasiswa pada bulan April di tahun berikutnya.

Keuntungan mengikuti program beasiswa kuliah di jepang ini adalah kamu akan mendapatkan uang saku bulanan yang jauh lebih besar dibandingkan pada program monbukagakusho. Hanya saja, kamu Harus bersaing dengan banyak pelajar mengingat jumlah pelamar mampu mencapai ribuan orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *