Mendapatkan beasiswa menjadi cara terbaik untuk bisa berkuliah di luar negeri. Banyak kesempatan beasiswa kuliah gratis di luar negeri yang bisa kamu daftar. Beberapa universitas terkemuka di luar negeri pun menawarkan beasiswa untuk para mahasiswa internasional dari berbagai negara. Tentunya, kamu harus memenuhi kualifikasi yang diberikan.

Kamu bisa menghadiri pameran pendidikan atau dikenal juga dengan university expo untuk mencari kesempatan beasiswa kuliah yang diinginkan. Cara lain adalah mencarinya di internet, tentunya dalam sumber yang terpercaya.

Selain mencari info pendaftaran beasiswa kuliah gratis di luar negeri, kamu juga perlu meningkatkan peluang untuk mendapatkan beasiswa tersebut dengan cara-cara ini.

Cari Informasi Pendaftaran Beasiswa

Kamu bisa mencari informasi pendaftaran beasiswa sebanyak-banyaknya di internet. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah bertanya kepada pihak kampus atau sekolah kamu tempat kamu belajar.

Biasanya, para penasihat akademik, professor, guru atau dosen memiliki informasi mengenai beasiswa kuliah di luar negeri. Terutama, jika di sekolah atau kampus kamu memiliki bagian yang khusus mengurus studi di luar negeri. Jangan segan atau malu untuk bertanya kepada mereka.

Bertemu dengan Perwakilan Universitas

Kini, ada banyak pihak yang bisa menjadi perantara antara pihak universitas dengan para pelajar. Pihak perantara inilah yang nantinya akan membuat sebuah pameran atau education fair yang mempertemukan pihak universitas dengan para pelajar secara langsung atau pun online.

Kamu bisa datang ke pameran tersebut atau mendaftarkan diri menjadi peserta di pameran online. Di sini, kamu akan memiliki kesempatan untuk berkonsultasi dan bertanya lebih lanjut seputar beasiswa yang ditawarkan sebuah universitas.

Umumnya, pihak universitas akan hadir di pameran tersebut dan menjelaskan berbagai syarat serta info penaftaran berasiswa kuliah graris di luar negeri.

Pilih Negara dengan Pelamar yang Lebih Sedikit

Tips yang satu ini sebenarnya cukup ampuh untuk dipraktikkan. Dengan memilih negara yang peminat beasiswanya tidak terlalu banyak, maka kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Selain itu, kamu bisa mencari tahu lebih dalam mengenai beasiswa yang disediakan oleh negara tersebut. Kamu juga bisa mencari universitas mana di negara itu yang menawarkan kesempatan beasiswa untuk para pelajar internasional.

Artikel terkait, baca juga:

Kirim Lamaran Lebih Awal

Kamu perlu menghilangkan kebiasaan mengirim lamaran di detik-detik akhir. Dengan kata lain, kamu harus mengirimkan lamaran tersebut di waktu awal. Meski tidak ada jaminan kamu akan mendapatkan beasiswa jika mengirim aplikasi lebih awal, namun para penyedia beasiswa akan menilai aplikasi kamu lebih awal.

Di masa awal, tim penyedia beasiswa akan lebih jeli dalam menilai aplikasi atau lamaran yang masuk. Sehingga, nilai plus kamu di lamaran tersebut akan terlihat dan lebih menonjol.

Cari Tahu Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

Kamu perlu mencari tahu hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Cari tahu mengenai kriteria apa yang dilihat dalam menilai aplikasi, kesalahan umum yang harus dihindari dan bagaimana membuat aplikasi menjadi lebih menonjol.

Nah, sekarang saatnya kamu mencari informasi beasiswa kuliah gratis di luar negeri dalam situs-situs resmi yang menyediakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *