Punya impian kuliah di luar negeri, tapi masih dalam Kawasan Asia? Jika iya, Taiwan bisa jadi negara pilihan untukmu. Ada banyak program beasiswa kuliah di Taiwan yang bisa kamu pilih untuk bisa menempuh pendidikan di negara tersebut.

Letaknya yang tak terlalu jauh dari Indonesia membuat negara ini cukup sering dijadikan tujuan pendidikan. Negara ini juga punya beberapa universitas terkemuka dengan kualitas pendidikan yang cukup baik. Untuk bisa berkuliah di sana, ada beberapa beasiswa yang bisa dipilih.

Ministry of Education (MOE) Huayu Enrichment Scholarship

Program beasiswa ini adalah untuk sekolah bahasa dengan durasi belajar beragam mulai dari dua hingga sembilan bulan, bahkan hingga satu tahun. Jadwal pendaftaran dibuka pada 1 Feburari hingga 31 Maret setiap tahunnya.

Taiwan International Cooperation and Development Fund Higher Education Scholarship Program

Taiwan ICDF ini ditawarkan untuk jenjang pendidikan S1 hingga S3. Pembiayaan diberikan penuh untuk biaya kuliah, biaya hidup, tempat tinggal, biaya kredit kuliah, tunjangan buku, asuransi kecelakaan dan kesehatan, hingga tiket keberangkatan dan kepulangan. Cukup menarik, ya?

Ada sekitar 30 perguruan tinggi yang berada dalam jaringan beasiwa ini, seperti misalnya Taipei University, National Taipei University of Nursing and Health Sciences, National Central University, Yuan Ze University, National Taiwan Ocean University, dan lain sebagainya.

Beasiswa in menawarkan program jurusan, seperti Tropical Agriculture, Business Administration, Mechanical Engineering, International Business and Trade, Journalism and Mass Communication dan lain sebagainya. Pendaftaran dibuka pada Maret setiap tahun.

Ministry of Education (MOE) Taiwan Scholarship

Pemerintah Taiwan menjadi penyelenggara beasiswa ini dan ditawarkan untuk jenjang pendidikan S1 hingga S3.

Beasiswa ini menawarkan jurusan kuliah, seperti Biologi, Administrasi Bisnis, Ekonomi, Desain Indusri Kreatif, Informatika, Enegeri, Lingkungan, Pariwisata dan lainnya.

Pembiayaan yang diberikan mencakup biaya kuliah dan biaya hidup. Biaya-biaya lain yang tidak ditanggung adalah biaya internet, konsultasi penelitian, biaya akomodasi, dan premi asuransi. Pendaftaran dibuka pada 1 Februari hingga 31 Maret setiap tahun.

Beasiswa Universitas

Setiap universitas memiliki kebijakannya sendiri untuk memberikan beasiswa untuk mahasiswa internasional. Masing-masing kampus menetapkan jadwal pendaftaran, lama studi, biaya hidup atau uang saku dan komponen pembiayaan lainnya yang berbeda.

Universitas di Taiwan sendiri memiliki tiga tipe beasiswa yang berbeda, yakni Full Scholarship di mana kamu akan dibiayai secara penuh oleh penyedia beasiswa. Selanjutnya, ada Partial Scholarship di mana kamu dibayai uang kuliah dan mendapatkan uang saku.

Yang terakhir ada Tution Waiver di mana biaya kuliah kamu ditanggung penuh, namun tidak mmendapatkan uang saku sama sekali.

Beasiswa Pemerintah

Pemerintah Indonesia menawarkan beasiswa setiap tahunnya, salah satu yang menyediakannya adalah Kemenristekdikti.

Program beasiswa dari Kemenristekdikti memungkinkan kamu untuk belajar selama dua tahun di Indonesia, dan dua tahun berikutnya di Taiwan. Kamu akan mendapatkan ijazah dari Taiwan sebagai sarjana terapan.

Berkuliah di Taiwan tidak mengharuskan kamu untuk menguasai bahasa Mandarin. Kamu bebas memilih untuk mengambil kelas berbahasa Mandarin atau Inggris.

Jika memilih kelas Mandarin, maka kamu harus menyertakan salinan sertifikat Test of Chinese as A Foreign Language (TOFCL). Sedangkan, jika kamu memilih kuliah berbahasa Inggris, kamu harus melampirkan sertifikat TOEFL/TOEIC/IELTS.

Beberapa program kuliah di atas bisa jadi referensi beasiswa kuliah di Taiwan. Persiapkan diri kamu mulai sekarang, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *