Universitas Airlangga adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Jawa Timur. Universitas Ini didirikan pada tanggal 10 November 1954. Sebagai salah satu kampus unggulan di tanah air, Universitas Airlangga berupaya memberikan kemudahan kepada calon mahasiswa dan mahasiswa on going-nya berupa beasiswa.

Setidaknya terdapat 6 sumber beasiswa Universitas Airlangga yang bisa anda manfaatkan yang merupakan hasil kerjama dengan pemerintah, dengan yayasan dan dengan swasta. Berikut adalah daftar beasiswa yang disediakan UNAIR.

Beasiswa Pemerintah DIKTI

1. Beasiswa PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik atau yang lebih dikenal dengan PPA hampir semua Perguruan tinggi negeri di Indonesia menyelenggarakan beasiswa ini. Bagi kalian mahasiswa semester 2 bisa mencoba beasiswa PPA ini, mahasiswa yang memiliki IPK tertinggi di setiap Fakultas aatau mnimal kamu harus mendapatkan IPK: 3,00 dan kuotanya pun juga beragam. Tentunya kebijakan setiap Universitas berbeda kalian bisa menanyakan lebih lengkapnya kebagian kemahasiswaan.

2. Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Papua

Adalah beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa yang berasal dari daerah Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara, Maluku, dan beberapa daerah lain yang termasuk terdepan, terluar, tertinggal.

3. Beasiswa Unggulan CIMB NIAGA

Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa S1 semester 5. Beasiswa ini termasuk beasiswa prestasi dengan minimal IPK 3,25. Adapun pembiayaan yang bisa diperoleh melalui beasiswa berupa biaya perkuliahan, biaya pengembangan diri, dan biaya penyusunan skripsi.

4. Beasiswa Unggulan DIKTI BNC BRI

Bank BRI turut serta dalam memfasilitasi kegiatan perkuliahan seluruh mahasiswa tanah air melalui program beasiswa BNC (Program Nusantara Cerdas). Beasiswa ini merupakan kerjasama BRI dengan Kemenristekdikti. Persyaratan pokok beasiswa ini adalah nilai akademik serta berasal dari daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Terluar).

5. Beasiswa BIDIK MISI

Adalah beasiswa yang diberikan dari Pemerintah yang diberikan untuk kalian yang memiliki prestasi akademik baik namun berasal dari keluarga kurang mampu.

Beasiswa di Universitas Airlangga

1. Beasiswa Penuh

Adalah bantuan beasiswa yang diberikan Universitas Airlangga yang berprestasi akademik maupun non-militer akademik dengan persyaratan sebagai berikut :

  • Siswa sekolah SMK/SMA/Sederajat, lulusan 3 tahun sebelumnya dan termasuk lulusan tahun ini .
  • Surat pernyataan belum pernah atau tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain.
  • Lulusan seleksi calon mahasiswa jalur SNMPTN dan SBMPTN.
  • Ditujukan untuk mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

2. Beasiswa Ikatan Alumni Airlangga

Beasiswa ini diberikan oleh para alumni Airlangga untuk mahasiswa yang yang kurang mampu. Berikut adalah persyaratan bagi calon penerima beasiswa :

  • Adalah Mahasiswa Baru yang lulus seleksi SBMPTN dan SBMPTN.
  • Surat keterangan tidak mampu dari RT/RW/Kelurahan setemoat.
  • Surat pernyataan belum pernah menerima beasiswa dari sumber lain.

Beasiswa dari Pemerintah Kota/ Kabupaten

1. Beasiswa Pemkab Bojonegoro

Pemkab Bojonegoro menyediakan beasiswa bagi mahasiswa Bojonegoro yang berprestasi akademik dan non akademik yang berasal dari keluarga kurang mampu.

2. Beasiswa Pemkab Bondowoso

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso memberikan beasiswa kepada siapa saya yang memiliki prestasi akademik dan non akademik yang berasal dari keluarga kurang mampu.

3. Beasiswa Pemkot Surabaya (Dinas Sosial)

Pemkot Surabaya memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang merasa dirinya pantas untuk menerima beasiswa dan berasal darin keluarga kurang mampu.

Beasiswa Yayasan

Beasiswa Super Semar

Adalah Beasiswa yang dikelola oleh Yayasan Super Semar, beasiswa ini diberikan kepada Mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Beasiswa Yayasan Salim

Memiliki tujuan untuk memberikan bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Beasiswa ETOS (Dompet Dhuafa)

Nantinya bagi siapa saja yang memperoleh beasiswa ini akan mendapatkan uang saku, biaya pendidikan, pelatihan, dan sebagainya.

Beasiswa dari BUMN dan Swasta

UNAIR juga turut bekerja sama dengan BUMN dan Swasta untuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu agar terus semangat menempuh pendidikan. Jenis beasiswa ini biasanya hadir setiap tahun, sebagai mahasiswa anda harus rutin mengecek informasi terkait.

Sekilas informasi mengenai beasiswa Universitas Airlangga. Setiap detail menyangkut salah satu beasiswa di atas bisa anda kunjungi situs resmi penyelenggara beasiswa. Informasi terkait juga bisa anda temukandi laman kemahasiswaan universitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *