Bagi calon mahasiswa tahun ajaran 2021/ 2022, tersedia beasiswa UHAMKA bagi Diploma 3 dan sarjana atau S1. UHAMKA merupakan jaringan pendidikan persyarikatan Muhammadiyah dengan sumber Alquran dan as-sunnah sistem serta sesuai asas Pancasila dan undang-undang dasar 1945.

BAN-PT memberikan akreditasi A pada UHAMKA sehingga menjadikannya salah satu universitas swasta top Indonesia.  Lembaga pendidikan ini menawarkan tiga jenis beasiswa yaitu beasiswa khusus, beasiswa prestasi, dan beasiswa bidik kader berprestasi.

Berikut adalah macam-macam beasiswa UHAMKA bagi calon mahasiswa baru D3 dan S1.

Beasiswa Khusus

Program beasiswa khusus disediakan kepada mahasiswa yang mengambil pendaftaran gelombang 1 sampai gelombang 4. Beasiswa khusus tidak tersedia bagi mahasiswa yang mengambil program jurusan pendidikan bahasa Inggris, farmasi, dan PGSD.

Beasiswa khusus tersedia dengan ketentuan yaitu:

  • Jalur tanpa tes dengan syarat nilai rata-rata 5 atau semester 6 adalah 8,0. Untuk gelombang 1 dan gelombang 2 sebesar Rp 1.000.000 sedangkan untuk gelombang 3 hingga 4 sebesar Rp 750.000.
  • Nilai rata-rata semester 5 atau 6 minimal 7,5 memperoleh besaran beasiswa Rp 500.0000.
  • Sedangkan bagi siswa berprestasi pada bidang keagamaan, ilmiah, olahraga, seni tingkat kabupaten atau kota besar yang mendaftar pada gelombang 1 sampai gelombang 2 memperoleh besaran Rp 1.000.000. Mahasiswa yang mendaftar pada gelombang 3 dan 4 berprestasi pada bidang tersebut, akan mendapatkan besaran beasiswa Rp 500.000.

Beasiswa Bidik Kader Berprestasi

Beasiswa ini berlaku untuk calon mahasiswa yang mendaftar mulai gelombang 1 sampai dengan gelombang 5. Jika kuota penerima beasiswa sudah penuh, maka pendaftaran akan ditutup sebelum jadwal penerimaan mahasiswa berakhir.

Jika kamu adalah lulusan SMA sederajat dari Muhammadiyah dengan nilai rapor rata-rata semester 1 sampai semester 5 yaitu 7,0 maka kamu berhak memperoleh sebesar 30% bantuan operasional.

Beberapa persyaratan yang wajib kamu penuhi antara lain: fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir asli, fotokopi rapor semester 1 sampai semester 5 yang sudah dilegalisir asli, fotocopy kartu pelajar.

Kamu juga harus menyertakan surat rekomendasi kepala sekolah untuk Rektor UHAMKA, juga surat berkelakuan baik asli dari kepala sekolah.

Beasiswa Prestasi

Jenis beasiswa prestasi merupakan program bantuan bagi para calon mahasiswa yang berprestasi saat duduk di bangku SMA.

Kamu berhak memperoleh sebesar 25% dari BOP hingga 8 semester, potongan 50% untuk biaya pendaftaran formulir, bebas tanpa tes masuk kecuali untuk prodi Bahasa Indonesia, PGSD, Farmasi.

Sebagai ketentuan dari program beasiswa, kamu merupakan lulusan SMA negeri atau swasta umum tahun 2021 atau 2020. Dengan peringkat 1 sampai dengan 15 di kelas, saat semester 5 hingga 6.

Syarat beasiswa UHAMKA ini adalah:

  • Isi formulir pendaftaran mahasiswa baru serta calon penerima beasiswa
  • Memberikan surat rekomendasi kepala sekolah untuk rektor UHAMKA
  • Melampirkan fotokopi ijazah atau
  • surat keterangan Lulus yang sudah dilegalisir asli
  • Surat keterangan peringkat asli dari kepala sekolah
  • Fotokopi rapor semester 5 atau semester 6 sudah dilegalisir asli
  • Surat kelakuan baik dari kepala sekolah

Jika kamu berhasil diterima melalui jalur PMDK memperoleh keuntungan berikut:

  • Memperoleh beasiswa sebesar Rp1.000.000 dari Bop untuk semester 1
  • Dan jika berhasil meraih IPK diatas 3,5 akan mendapatkan beasiswa kembali sebesar Rp1.000.000 sampai semester 8.

Mengapa UHAMKA

Begitu banyak yang disediakan pada lembaga pendidikan tersebut seperti pendidikan bahasa Jepang, pendidikan guru sekolah dasar atau jurusan bimbingan konseling.

Selama kuliah kamu dapat menikmati fasilitas lengkap pada ruangan kelas serta fasilitas praktek.

Jika kamu adalah lulusan SMA sederajat yang termasuk dalam jaringan pendidikan Muhammadiyah, maka kamu dapat menikmati pengalaman belajar sesuai dengan kaidah pendidikan yang modern sehingga seluruh alumni Uhamka pasti memiliki spiritual tinggi dan kecerdasan intelektual berkualitas.

Dengan memanfaatkan peluang Beasiswa UHAMKA, kamu dapat memperoleh keringanan biaya kuliah dan melanjutkan cita-cita belajar di perguruan tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *