Hampir semua pelajar menginginkan kesempatan untuk berkuliah ke luar negeri. Berbagai universitas dan instansi menawarkan program beasiswa kuliah di luar negeri untuk para pelajar dari seluruh dunia.

Sejumlah universitas terkemuka dan lembaga pemerintahan membuka pendaftaran beasiswa setiap tahunnya. Kamu perlu mencari informasi lengkap mengenai informasi beasiswa tersebut, agar bisa menemukan beasiswa yang tepat. Apa saja sebenarnya program beasiswa kuliah di luar negeri yang bisa dicoba?

Monbukagakusho, Jepang

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang memberikan beasiswa ini kepada para pelajar internasional.

Beasiswa ini tidak menuntut kamu untuk mahir dalam berbahasa Jepang dan akan mencakup biaya hidup selama kamu berkuliah di Jepang, loh.

Bahkan, tidak akan ada ikatan dinas sehingga kamu bebas menjalankan rencana hidup setelah lulus kuliah. Bagi kamu yang baru saja lulus SMA. Kamu bisa mengambil program Professional Training College, College of Technology dan Undergraduate.

Turkiye Burslari, Turki

Beasiswa yang satu ini menawarkan program yang cukup lengkap, mulai dari S1 hingga S3. Agar bisa mendaftar program S1 di beasiswa ini, kamu perlu berusia setidaknya 21 tahun.

Informasi lengkap mengenai beasiswa ini bisa kamu dapatkan di sosial media Turkiye Burslari atau mengunjungi laman resmi mereka.

Russian Government Scholarship, Rusia

The Ministry of Science and Higher Education, Rusia menawarkan beasiswa kuliah bagi para lulusan SMA dan SMK.

Para mahasiswa internasional juga tak perlu khawatir, sebab tidak semua perkuliahan menggunakan Bahasa Rusia. Ada banyak program studi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Namun, kamu tetap perlu mempelajari bahasa Rusia untuk berkomunikasi sehari-hari.

Perlu dicatat bahwa beasiswa ini tidak menawarkan pembiayaan penuh. Jadi, kamu perlu mempersiapkan rencana keuangan untuk keperluan sehari-hari.

Global UGRAD Program USA

Sesuai namanya, The Global Undergraduate Exchange Program adalah program pertukaran pelajar mahasiswa dari Global UGRAD.

Banyak orang yang belum mengetahui program ini, sehingga kamu memiliki peluang yang cukup besar untuk menerima beasiswa yang ditawarkan.

Para pelajar yang menerima beasiswa di program ini, maka biaya kuliah di Amerika serikat selama satu semester akan ditanggung. Perlu dicatat bahwa program ini tidak membiayai kuliah sepenuhnya.

Proses pendaftaran akan berlangsung mulai dari 31 Desember.

Summer Research Scholarship, New Zealand

Untuk kamu yang belum siap untuk berkuliah dalam waktu lama di luar negeri, program ini akan sangat tepat.

Summer Research Scholarship adalah sebuah program beasiswa khusus selama 10 minggu. Program ini hadir untuk para siswa yang ingin merasakan pengalaman riset bersama peneliti di University of Auckland.

The Excellence Scholarship & Opportunity Programme (ESOP)

Beberapa universitas ternama di Swiss membuka kesempatan beasiswa untuk mahasiswa Indonesia. Salah satunya adalah program ESOP yang menanggung pembiayaan penuh.

Bukan hanya mencakup biaya kuliah, beasiswa juga mencakup biaya hidup per semester.

Setelah mengetahui informasi mengenai program beasiswa kuliah di luar negeri, kamu bisa mempersiapkan diri dari sekarang untuk mendaftar di salah satu program yang tersedia.

Dengan begitu, impian untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri bukan lagi mimpi. Tingkatkan prestasi akademik dan penuhi semua kualifikasi agar peluang mendapat menjadi beasiswa lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *